7 Trik Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Hemat Listrik, Simak Info Lengkapnya

7 Trik Memaksimalkan Kinerja Merek AC Terbaik Agar Hemat Listrik, Simak Info Lengkapnya

Tips Memaksimalkan Kinerja Merk AC Terbaik Agar Hemat Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Saat ini merek AC terbaik sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Apalagi saat siang hari saat sedang musim kemarau, rasanya ingin berlama-lama di ruangan ber-AC saja.

Ruangan yang sejuk sudah pasti terasa nyaman. Namun, penggunaan merek AC terbaik yang berlebihan bisa menghasilkan tagihan listrik yang tinggi dan berdampak negatif terhadap lingkungan.

Penggunaan merek AC terbaik  yang berlebihan dapat meningkatkan konsumsi energi listrik di rumah kamu, sehingga memaksa pembangkit listrik dalam menghasilkan lebih banyak energi.

Termasuk juga dari beberapa sumber yang kurang ramah terhadap lingkungan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan merek AC terbaik dengan bijak.

Berikut 7 trik memaksimalkan kinerja merek AC terbaik agar hemat lsitrik :

1. Pilih AC yang Hemat Energi

Pilihlah jenis AC yang efisien terhadap penggunaan energi. AC dengan label Energy Star biasanya akan lebih efisien dibandingkan model AC yang tidak memiliki label tersebut. Selain itu, pastikan memilih AC dengan PK yang sesuai denagn ruangan yang akan dipasang AC. Apabila PK terlalu besar, tagihan listrik bulanan juga akan membengkak.

2. Gunakan AC Inverter

Menggunakan AC inverter menjadi salah satu cara efektif untuk menghemat daya listrik. Karena AC inverter mempunyai kompresor yang bekerja dengan kecepatan yang rendah dalam mencapai suhu sesuai yang diinginkan. Ketika suhu sudah mendekati angka yang diatur, AC akan beroperasi di kecepatan rendah untuk menjaga suhu yang konstan, sehingga akan lebih efisien menghemat energi.

3. Atur Suhu dengan Optimal

Kamu bisa menggunakan mode pengaturan suhu yang tepat pada level yang nyaman, bukan pada tingkat sangat rendah, hal itu bisa membantu menghemat energi dengan signifikan. Selama musim panas, suhu ideal berkisar 24°C hingga 26°C. Saat musim hujan, suhu idealnya sekitar 26°C hingga 28°C.

BACA JUGA : 9 Tips Merawat Merek AC Terbaik Lebih Awet, Simak Selengkapnya Disini

4. Gunakan Timer

Timer bisa membantu kamu dalam menghidupkan dan mematikan AC secara otomatis pada waktu tertentu, sehingga AC tidak menyala terus-menerus. Kamu bisa mengatur AC untuk menyala otomatis ketika tiba di rumah dan mati otomatis saat tidur pada malam hari. Saat cuaca sedang mendung atau sejuk, kamu tidak perlu menyalakan AC sepanjang waktu.

5. Aktifkan Mode Hemat Energi

Banyak AC modern yang dilengkapi mode hemat energi hal ini bisa mengurangi konsumsi energi dengan cara mengoptimalkan kinerja AC. Mode ini disebut mode Energy Saver atau Eco Mode. Mode hemat energi akan mengatur suhu dengan otomatis ke tingkat lebih tinggi pada mode pendinginan dan lebih rendah pada mode pemanasan.

Hal ini bisa membantu mengurangi beban kerja pada AC. Mode hemat energi juga dapat mematikan beberapa fitur tambahan yang tidak diperlukan pada penggunaan normal, seperti lampu indikator dan lampu latar yang apabila dimatikan bisa membantu menghemat energi.

6. Lakukan Perawatan Rutin

Membersihkan AC secara rutin bisa menghemat energi AC. Filter AC yang kotor bisa membuat AC bekerja lebih keras untuk mengalirkan udara ang membuat energi yang dikeluarkan akan lebih besar.

Perawatan rutin juga dapat membantu mencegah masalah seperti kebocoran refrigeran dan kerusakan komponen yang mengakibatkan kerja AC jadi tidak efisien sehingga butuh biaya perbaikan cukup tinggi. Dengan merawat AC dengan teratur, kamu bisa mengurangi tagihan listrik, menjaga kenyamanan, dan menghindari pengeluaran yang besar untuk perbaikan AC.

BACA JUGA : 8 Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Awet dan Tidak Boros Listrik

7. Isolasi Ruangan dengan Baik

Ruangan yang tidak tertutup rapat akan membuat AC terus bekerja dan mengonsumsi lebih banyak energi. Isolasi ruangan juga membantu mengurangi panas eksternal dari matahari dan udara panas dari luar ruangan.

Dengan menutup masuknya panas dari luar, AC tidak harus bekerja keras untuk menurunkan suhu di dalam ruangan. Hal tersebut dapat membuat penggunaan energi AC berkurang dengan signifikan. Sehingga, kamu bisa menciptakan suasana di dalam ruangan yang lebih efisien energi, lebih nyaman, dan hemat biaya.

Itulah beberapa trik memaksimalkan kinerja merek AC terbaik agar hemat lsitrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: