9 Tips Merawat Merek AC Terbaik Lebih Awet, Simak Selengkapnya Disini

9 Tips Merawat Merek AC Terbaik Lebih Awet, Simak Selengkapnya Disini

Tips Merawat Merk AC Terbaik Agar Awet-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik juga memerlukan perawatan yang sesuai agar bisa bertahan lama. Mungkin kamu hanya perlu memanggil tukang service AC untuk melakukan perawatan.

Namun ada beberapa hal juga yang dapat kamu lakukan sendiri untuk menjaga agar AC lebih tahan lama dalam penggunaannya. Kamu harus rutin dalam merawat merek AC terbaik agar awet dan tidak sering diperbaiki.

Berikut 9 tips merawat merek AC terbaik agar awet :

1. Bersihkan Filter AC Secara Berkala

Jika merek AC terbaik terasa tidak sedingin biasanya, kemungkinan filter AC sudah kotor. Kamu perlu membersihkan filter tersebut secara berkala dengan cara membuka filter yang dirancang lepas-pasang.

Kemudian, cuci filter menggunakan air bersih dan sikat gigi. Apabila filter sangat kotor, sebaiknya ganti dengan filter baru. Karena filter kotor dapat menghalangi aliran udara dan jika dibiarkan terlau lama akan menyebabkan AC rusak.

2. Pasang Termometer di dalam Ruangan

Memasang termometer di dalam ruangan bertujuan agar kami bisa memantau suhu udara dari AC dan suhu ruangan. Jika terjadi perbedaan, kamu akan langsung tahu dan mengecek bagian yang jadi permasalahan.

3. Aktifkan Fitur Timer

Dengan menggunakan fitur timer, AC akan mati otomatis sesuai waktu yang sudah diatur. Hal tersebut dapat membuat hemat listrik dan menghindari dari lupa mematikan AC saat sudah tidak diperlukan. Sebaiknya, AC bekerja maksimal 5 jam dalam 1 kali pemakaian.

Jika sudah melewati 5 jam, lebih baik AC diistirahatkan dahulu dengan mematikannya. Selain itu, jangan terlalu sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat Celcius karena dapat membuat mesin AC lebih cepat panas.

BACA JUGA : 6 Trik Pemakaian Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Boros Listrik

4. Cek Tekanan Freon

Freon adalah bahan untuk membuat udara mejadi dingin. Jika udara dari AC tidak dingin, kemungkinan terjadi kebocoran freon. Periksalah tekanan freon dengan rutin, yaitu 6 bulan sekali. Namun, sebaiknya pengecekan dilakukan oleh orang yang sudah ahli.

5. Periksa Termostat

kesalahan umum yang sering dilakukan adalah pengaturan suhu termostat melalui remote. Kebanyakan orang menyalakan AC langsung di pengaturan suhu terendah dengan tujuan cepat dingin.

Padahal, itu berpengaruh terhadap keawetan AC. Apabila  AC dipaksa mencapai suhu terendah, kompresor akan bekerja maksimum yang dapat mengurangi umurnya dan cepat rusak.

6. Turunkan Suhu Secara Perlahan

Saat baru dinyalakan, lebih baik atur suhu AC di angka 25 derajat Celcius. Biarkan selama 5 - 10 menit, lalu baru turunkan suhu AC perlahan. Agar AC lebih awet, penurunan suhu dimulai dari 1 - 4 derajat di awal.

Jika masih kurang dingin, turunkan secara perlahan. Lakukan hal yang sama saat menaikkan suhu AC. Hindari menaikkan suhu AC lebih dari 5 derajat berturut-turut.

7. Tutup Pintu atau Jendela

Pastikan tidak ada udara dari luar yang masuk agar AC dapat bekerja lebih efektif. Jika ada, kompresor AC akan bekerja lebih ekstra yang menyebabkan AC cepat rusak.

8. Gunakan AC dengan Bijak

Biarkan AC bekerja selama 5 jam, setelah itu matikan AC dan Matikan AC jika tidak digunakan. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keawetan AC.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Hitachi Berteknologi Canggih

9. Servis AC Secara Rutin

Jika kamu tidak bisa melakukan pengecekan AC sendiri, kamu bisa gunakan layanan jasa servis AC. Jasa servis AC meliputi cuci AC, pembersihan filter, dan pengecekan freon. Apabila freon sudah kosong, maka perlu diisi ulang oleh teknisi. Teknisi AC juga bisa memeriksa terhadap kebocoran komponen AC atau kerusakan lain.

Itulah beberapa tips merawat merek AC terbaik agar awet. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: