8 Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Awet dan Tidak Boros Listrik

8 Tips Merawat Merek AC Terbaik Agar Awet dan Tidak Boros Listrik

Tips Merawat Merk AC Terbaik Agar Awet dan Tidak Boros Listrik-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik merupakan alat elektronik yang membutuhkan daya listrik sangat tinggi. Hal ini yang selalu membuat kaget saat membayar tagihan listrik, karena melihat tagihan listrik yang membengkak.

Sebenarnya terdapat cara khusus yang bisa diterapkan yaitu dengan merawat merek AC terbaik dengan benar agar awet dan tidak boros listrik.

Perawatan yang dilakukan pada merek AC terbaik akan berpengaruh terhadap daya listrik yang digunakan.

Berikut 8 tips merawat merek AC terbaik dengan benar agar awet dan tidak boros listrik :

1. Rutin Membersihkan Filter AC

Filter AC yang kotor bisa menghambat aliran udara dan menyebabkan kinerja kompresor AC lebih berat. Hal ini membuat AC lebih boros listrik. Filter AC sebaiknya dibersihkan tiap 2-3 bulan sekali sering apabila AC digunakan dengan kondisi berdebu.

2. Bersihkan Coil AC

Coil AC berfungsi untuk menyerap panas dari udara di ruangan. Apabila coil AC kotor, maka AC bekerja lebih keras menyerap panas dan mendinginkan ruangan. Hal ini menyebabkan AC jadi lebih boros listrik. Untuk membersihkan coil AC, kamu bisa gunakan vacuum cleaner atau sikat lembut. Pastikan untuk membersihkan semua bagian coil, bagian dalam dan luar. Kamu juga bisa gunakan cairan pembersih khusus AC.

3. Pastikan Kipas Kondensor dalam Kondisi Baik

Kipas kondensor berfungsi untuk mendinginkan gas refrigeran yang menyerap panas dari udara di ruangan dan akan dialirkan ke kipas kondensor. Kipas kondensor akan mendinginkan gas refrigeran dan kembali ke evaporator untuk menyerap panas.

Apabila kipas kondensor tidak berfungsi dengan baik, gas refrigeran tidak bisa mendinginkan dengan sempurna yang akan menyebabkan AC jadi kurang dingin bahkan tidak dingin sama sekali. Untuk memastikan kipas kondensor dalam kondisi baik, kamu bisa memeriksanya dengan rutin.

Pastikan kipas kondensor tidak tersumbat debu atau kotoran. Kamu bisa membersihkannya dengan vacuum cleaner ataupun sikat lembut.

BACA JUGA : 5 Merek AC Terbaik Low Watt Berkualitas Dengan Harga Murah

4. Memeriksa dan Mengisi Freon

Freon merupakan zat pendingin dalam AC. Terkadang, freon dalam AC bisa berkurang karena kebocoran atau penggunaan yang terlalu lama. Sehingga, penting untuk teratur memeriksa tingkat freon AC dan mengisi ulang jika apabila diperlukan.

Freon yang cukup akan membuat AC mendinginkan ruangan dengan efektif. Jika freon AC terlalu sedikit, AC bisa bekerja lebih keras dan tidak bisa memberikan pendinginan optimal.

5. Memeriksa Pembuangan Kondensasi Air

Kondensasi air merupakan air yang terbentuk di dalam AC karena proses pendinginan. Air ini mengalir melewati selang pembuangan dan keluar dari AC. Apabila pembuangan kondensasi air tersumbat, air akan menggenang di dalam AC yang bisa menyebabkan kerusakan pada AC.

Untuk memeriksanya, kamu bisa melihat selang pembuangan. Pastikan selang tidak tersumbat oleh debu dan kotoran. Kamu bisa membersihkannya menggunakan vacuum cleaner atau sikat lembut.

6. Jangan Menyalakan AC yang Baru Dimatikan

Apabila kita sering mematikan AC kemudian menyalakannya kembali, dapat membuat kompresor bermasalah. Daya yang dibutuhkan juga lebih besar daripada saat AC telah menyala. Selain cepat rusak, dapat membuat boros listrik dan tagihan jadi membengkak.

7. Jaga Kebersihan Ruangan Ber-AC

Debu di sekitar ruangan bisa tersedot merek AC terbaik dan mempengaruhi pada filternya. Apabila ruangan AC kotor, maka filter AC juga akan cepat kotor, hal ini akan berdampak terhadap kompresornya. Sebaiknya kamu harus rajin membersihkan ruangan ber-AC juga.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Merek AC Terbaik Portable, Dijamin Rumah Makin Sejuk dan Dingin

8. Mesin AC Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung ke mesin AC dapat mengurangi kinerja bahkan bisa merusak mesin AC. Sebaiknya tempatkan mesin AC di bagian dalam dan luar yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung untuk merawat AC agar awet.

Itulah beberapa tips merawat merek AC terbaik dengan benar agar awet dan tidak boros listrik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: