Simak 8 Tips Meningkatkan Kinerja AC Agar Lebih Efektif dan Tidak Cepat Rusak

Simak 8 Tips Meningkatkan Kinerja AC Agar Lebih Efektif dan Tidak Cepat Rusak

8 Tips Meningkatkan Kinerja AC Agar Tidak Cepat Rusak--

Letakkan Termostat di Tempat yang Tepat

Penggunaan termostat sebagai pengatur suhu otomatis akan meningkatkan kinerja AC sepanjang hari. Namun, peletakan alat ini harus tepat sehingga dapat bekerja secara maksimal

Cobalah untuk menempatkan termostat di dinding yang menerima banyak panas dari jendela, sehingga AC dapat mendeteksi suhu yang akan dikeluarkan.

Sebaliknya, termostat yang dipasang di tempat yang lebih dingin dapat mengakibatkan AC tidak dapat beroperasi lebih dari yang diperlukan.

BACA JUGA : Solusi Udara Fresh dan Sejuk, Berikut 5 Merek AC Terbaik Low Watt Paling Laris

Batasi Penggunaan Alat yang Menghasilkan Panas

Agar dapat meningkatkan kinerja AC supaya lebih efektif lagi adalah dengan membatasi dalam penggunaan alat-alat yang menghasilkan panas.

Beberapa alat rumah tangga, seperti kompor, mesin cuci dan setrika dapat menghasilkan panas yang berlebihan ketika digunakan. Hal ini sangat memungkinkan unit AC untuk bekerja lebih keras lagi dan mudah rusak.

Oleh karena itu, atur jadwal kapan dapat menggunakan mesin pengering atau berbagai alat dapur yang dapat menghasilkan panas. Kamu bisa menggunakan alat tersebut pada pagi atau sore hari dibandingkan saat siang hari.

Sesuaikan Suhu Saat Malam Hari

Tidur dalam ruangan yang panas sangat memungkinkan siapa saja akan kesulitan tidur. Oleh karena itu, kebanyakan pengguna AC akan menurunkan suhunya agar lebih dingin.

Namun, menyalakan unit AC sepanjang malam juga akan berdampak kurang baik untuk kesehatan. Nah, agar AC tidak menyala sepanjang malam, gunakan termostat saat seluruh anggota keluar tidur. Dengan demikian, suhu AC akan menyesuaikan suhu ruangan pada saat itu.

BACA JUGA : Pakai Merk AC Terbaik Tanpa Takut Tagihan Listrik Membengkak, Simak Tips Berikut

Cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mendinginkan kamar tidur sebelum kamu beranjak tidur. Kemudian, atur termostat pada 2-4° Celcius lebih tinggi saat kamu tidur.

Rapatkan Jendela

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: