5 Wisata Terbaru 2024 Kuliner Legendaris Makassar, Salah Satunya Sudah Ada Sejak Masa Kerajaan Gowa

5 Wisata Terbaru 2024 Kuliner Legendaris Makassar, Salah Satunya Sudah Ada Sejak Masa Kerajaan Gowa

Wisata terbaru 2024 kuliner legendaris Makassar--

DISWAY JOGJA – Siapa yang tidak tahu Makassar? Pastinya kita semua sudah tahu dong ya, ibukota dari Provinsi Sulawesi Selatan ini. Makassar sendiri punya banyak destinasi wisata terbaru 2024 yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Salah satu wisata terbaru 2024 yang terkenal di Makassar adalah wisata baharinya yang menawarkan keindahan laut biru dan pasir putihnya. Namun siapa sangka, Makassar juga punya banyak kuliner legendaris bakan sudah ada sejak Masa Kerajaan Gowa.

Dibawah ini rekomendasi wisata terbaru 2024 kuliner legendaris yang ada di Makassar. Lets check this out!

BACA JUGA : Tempat Wisata Terbaru 2024 Untuk Staycation Bareng Keluarga Tercinta, Dengan View Laut Lepas di Makassar

1. Coto Makassar

Rekomendasi wisata terbaru 2024 kuliner legendaris Makassar tentuny datang dari Coto Makassar. Kuliner ini merupakah salah satu makanan yang sudah ada sejak Masa Kerajaan Gowa. Dulunya Coto Makassar hanya untuk para pengawal kerajaan saja, namun sekarang kelezatan Coto Makassar bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Kuliner legendaris Makassar ini dibuat dari bahan dasar daging dan jeroan sapi yang kemudian diolah dengan racikan bumbu khusus. Konon katanya, jumlah rempah yang digunakan untuk membuat kuah Coto Makassar mencapai 40. Penggunaan rempah yang mencapai 40 itu disebut dengan ‘rampah patang pulo’.

Coto Nusantara merupakan salah satu tempat makan coto legendaris yang terkenal di Kota Makassar. Berlokasi di Jalan Nusantara Nomor 32, restoran ini sudah berdiri sejak 1975 dan menggunakan resep turun temurun yang masih dipertahankan hingga saat ini.

2. Sop Konro Bakar

Kuliner legendaris Makassar selanjutnya adalah Konro, makanan ini biasanya dijadikan olahan Sop Konro atau Konro Bakar. Konro sendiri merupakan olahan iga sapi yang yang diracik dengan beragam rempah pilihan

Saat kamu berkunjung ke Makassar, kuliner legendaris yang satu ini bisa dijumpai dimana saja. Salah satu resortan untuk menikmati sajian hidangan ini adalah Konro Karebosi.

BACA JUGA : Pengin Semakin Romantis Sama Pasangan, Cobain Dinner di 4 Tempat Wisata Terbaru 2024 Makassar Berikut

Konro Karebosi merupakan tempat wisata kuliner trending andalan di Makassar yang menggunakan resep turun menurun. Menu yang disajikan di tempat makan ini tersedia Sop Konro, Iga Bakar dan Konsro Bakar.

Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1968 dan menjadi tempat makan legendaris di Makassar yang mempunya ciri khas terdiri. Lokasi wisata kuliner terpopuler ini terletak di Jalan Gunung Lompobattang, Makassar.

3. Pallubasa Serigala

Rekomendasi wisata kuliner khas legendary Makassar selajutnya adalah Pallubasa. Kuliner terbuat dari olahan dan daging dan terlihat seperti hidanagn Coto Makassar

Perbedaan antara Pallubasa dan Coto Makassar terletak pada kuahnya, kuah Pallubasa lebih kental dan agak kecoklatan. Selain itu, di Pallubasa juga ada tambahan serundeng dan kuning telur didalamnya.

Salah satu destinasi wisata kuliner andalan untuk menikmati hidangan Pallubasa ada di Pallubasa Serigala. Restoran ini selalu ramai dikunjungi dan seringkali dijadikan tempat makan favorit para pejabat ataupun influencer. Tempat makan ini terletak di Jalan Serigala, Kec. Mamajang, Makassar

4. Jalangkote & Lumpia Alsi Lasinrang

Wisata terbaru 2024 kuliner legendaris Makassar selanjutnya dalah jalangkote. Hidangan kuliner ini dibuat dengan isian campuran wortel, kentang, tauge, dan bihun yang dibalut dengan adonan kulit dari tepung terigu kemudian digoreng.

Jika dilihat dari tampilannya, jalangkote mirip dengan makanan pastel yang ada di Jawa. Namun, ada sedikit perbedaan yaitu pada penggunaan kulit jalangkote lebih tipis kalau dibandikan dengan kulit pastel.

Selain itu, kuliner legendaris jalangkote biasanya disajikan dengan sambal cair yang dibuat dengan cabai dan tambahan cuka. Sambal ini memberikan cita rasa gurih dan pedas yang dapat membuat ketagihan saat memakannya.

Wisata kuliner khas andalan yang menjajakan Jalangkote adalah warung Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang. Sebagai kuliner legendaris di Makassar, ternyata warung ini sudah berdiri sejak 1985 lohh. Buat kamu yang ingin berkunjung kesini, dating langsung Jalan Lasinrang, Kecamatan Ujung Pandang.

5. Pisang Epe

Rekomendasi wisata kuliner legendaris Makassar yang satu ini dibuat dari olahan pisang raja. Pisang yang sudah dikupas lalu dibakar dan dijepit hingga membentuk pipih, lalu disajikan dengan siraman gula merah cair.

BACA JUGA : Langka, Wisata Terbaru 2024 Makassar Untuk Rekreasi Sambil Belajar Bersama Keluarga Tercinta

Seiring berjalannya waktu dan banyak yang tertarik dengan kuliner ini, para pedagang Pisang Epe berinovasi dengan menyediakan beragam pilihan saus. Topping yang ditawarkan pun juga beragam pilihan, seperti keju, coklat, meses dan lainnya.

Salah satu warung Pisang Epe yang menjadi favorit warga Makassar adalah Pisang Epe Mandiri. Wisata terbaru kuliner legendaris ini telah berdiri sejak tahun 1990 dan masih eksis hingga saat ini. Lokasi tempat makan ini berada di Jl. Ali Malaka No. 45 Maloku, Ujung Padang, Makassar.

Itulah 5 rekomendasi wisata terbaru 2024 kuliner legendary di Makkasar yang sampai saat ini masih eksis dan ramai dikunjungi. Kamu tertarik ingin menciicpi yang mana? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: