Bingung Mau Pilih Merk AC Terbaik yang Mana, Yuk Ikuti Tips Dibawah ini, Biar Gak Salah Beli

Bingung Mau Pilih Merk AC Terbaik yang Mana, Yuk Ikuti Tips Dibawah ini, Biar Gak Salah Beli

Tips Memilih Merk AC Terbaik--

DISWAY JOGJA – Cuaca yang semakin panas di setiap harinya, membuat sebagian orang mempertimbangkan untuk menggunakan AC di rumahnya. Penggunaan pendingin ruangan dengan merk AC terbaik menjadi prioritas bagi sebagain orang sebelum membelinya.

Penggunaan pendingin ruangan dengan merk AC terbaik dengan fitur yang lengkap pastinya akan membuat ruangan sejuk dan nyaman. Akan tetapi, bagi orang awam mungkin akan kesulitan dengan pilihan AC yang sangat beragam di pasaran.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tips bagaimana memilih pendingin ruangan dengan merk AC terbaik yang tepat untuk digunakan di rumah. Simak beberapa tips dibawah ini!

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Merk AC Terbaik Harga 1 Jutaan, Jadikan Ruangan Dingin dan Hemat Energi

Jenis AC

Buat kamu yang baru pertama kali membeli AC, pastikan kamu sudah mengetahui jenis merk AC terbaik yang ada. Pada umumnya, jenis AC yang ada di pasaran adalah AC window dan AC split.

Jenis AC yang pertama adalah AC window, merupakan jenis AC dengan unit tunggal yang berbentuk persegi panjang, mudah dirawat serta digunakan. Keuntungan dari produk AC dengan jenis AC window adalah harganya yang lebih murah.

Namun, merk AC terbaik dengan jenis AC window seringkali berisik sehingga akan menganggu waktu istirahat penggunanya. Selain itu, jenis AC ini juga membutuhkan dinding setebal 9-12 inci untuk pemasangan.

Sementara itu, AC split merupakan jenis AC dengan unit yang terbagi menjadi dua. Unit pertama adalah internal yang berada di dalam ruangan, dan unit eksternal yang ditempatkan di luar dinding.

Pemasangan dan perawatan AC Split memang lebih malah jika dibandingkan dengan merk AC terbaik jenis AC window. Selain itu, kalau kamu menggunakan AC Split tidak berisik seperti AC window.

Kapasitas AC

Kalau kamu ingin mendapatkan merk AC yang tepat, aspek terpenting lainnya yang menjadi perhatian adalah kapasitas. Kapasitas AC menentukan apakah AC yang akan dibeli akan bekerja buruk atau berlebihan.

Kapasitas AC dapat diukur dengan melalui besaran PK, untuk ruangan kecil mungkin hanya membutuhkan AC 0,5 PK atau 1 PK. Sementara itu, untuk ukuran ruangan yang lebih besar bisa menggunakan AC 2 PK.

 BACA JUGA : Cek Disini, 6 Rekomendasi Pilihan Merk AC Terbaik yang Cocok Untuk Masyarakat Indonesia

Peringkat energi

Penggunaan AC secara terus menerus akan berkontribusi besar pada tagihan listrik. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang hanya menggunakan AC saat diperlukan saja.

Namun, kalau kamu berencana untuk menggunakan AC jarang atau terus-menerus, kamu bisa mengatur biaya tagihan listrik dengan memilih AC yang memiliki peringkat energi yang baik.

Saat ini banyak produk mesin pendingin ruangan yang dilengkapi dengan skala efisiensi energi. Peringkat di sini menentukan seberapa baik penggunaan AC dengan efisiensi dayanya.

Inverter yang mengubah arus DC menjadi AC.

Terkait penggunan AC untuk ruangan, kamu bisa menemukan jenis AC inverter dan AC non inverter. AC inverter mengubah arus AC dari soket dinding menjadi DC yang kemudian kembali menjadi AC untuk kompresor yang memberi daya pada alat.

Tujuannya untuk mengaktifkan fungsi kompresor yang lebih terkontrol sehingga pengguna AC inverter dapat mengatur suhu dengan efisien. AC berkualitas dengan jenis AC inverter memang sedikit mahal tetapi menghasilkan suhu yang lebih konsisten dan tidak berisik.

Sementara itu, produk AC berkualitas dengan jenis AC non inverter memiliki kompresor yang berjalan pada kecepatan tetap. Selama penggunaan, kompresor akan menyala dan berkerja sampai mencapai suhu yang diinginkan

Kalau kamu ingin menggunakan AC dalam jangka waktu yang panjang dan digunakan secara terus menerus kamu bisa memilih produk mesin pendingin ruangan dengan jenis AC inverter. Akan tetapi, kalau kamu jarang menggunakan penyejuk ruangan, AC non inverter bisa kamu pilih.

BACA JUGA : Berikut Daftar Merk AC Terbaik 1/2 PK Dengan Harga Terjangkau Punya Fitur Memukau, Cek Lengkapnya Disini

Fitur lainnya

Diantara beberapa produk AC berkualitas dengan tipe yang beragam pastinya dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Fitur atau teknologi yang digunakan pada sebuah AC dapat mempersempit pencarian AC yang kamu inginkan.

Beberapa mesin pendingin ruangan terbaik juga dilengkapi dengan berbagai filter yang dapat membantu menjaga udara tetap bersih dan sejuk pada saat yang bersamaan.

Itulah tips yang bisa kamu ikuti saat ingin membeli dan menggunakan AC dirumah dengan merk AC terbaik yang dilengkapi dengan teknologi canggih. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: