Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Toraja, No. Bisa Dijadikan Buah Tangan Untuk Orang Tersayang Loh

Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Toraja, No. Bisa Dijadikan Buah Tangan Untuk Orang Tersayang Loh

Wisata terbaru 2024 kuliner khas Toraja--

DISWAY JOGJA – Salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan adalah Toraja Utara, yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tana Toraja pada tahun 2018. Toraja Utara memiliki berbagi jenis wisata terbaru 2024 yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Wisata terbaru 2024 yang ada di Toraja Utara mulai dari bentang alamnya yang indah, budaya dan tradisinya yang unik serta cerita sejarah yang menarik. Namun, Toraja Utara juga memiliki harta karrun yang berupa kuliner khas dengan cita rasa yang lezat.

Kuliner khas Toraja yang unik dan belum banyak dijumpai di berbagai daerah membuat wisatawan yang berkunjung ke wisata terbaru 2024 ingin mencicipinya. Kamu penasaran dengan kuliner khas Toraja Utara apa saja? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Lolai To' Tombi Toraja, Simak HTM, Lokasi, Rute hingga Tips Berlibur Disini

Pantolo Pamarrasan

Dilihat dari visualnya, wisata terbaru 2024 berupa hidangan khas Toraja Utara yang satu ini mirip dengan rawon khas Jawa. Biasanya bahan dasar untuk membuat Pantolo Pamarrasan adalah ikan, namun saat ini mulai banyak yang menggunakan daging sapi, kerbau atau babi.

Perrbedaan pantolo pamarrasan dengan rawon khas Jawa adalah penggunaan kotokkon yang terkenal dengan pedas. Cita rasa hidangan khas Toraja yang satu ini lebih gurih dan segar yang disertai dengan aroma harus khas kluwek.

Untuk menicicpi kuliner ini, wisatawan bisa menemukannya di tempat wisata terpopuler favorit seperti restaurant atau warung makan lokal yang ada di sekitar objek wisata.

Pokon

Wisata paling trending Kuliner Khas Toraja yang satu ini tidak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tampilan hidangan ini mirip dengan lontong pada umumnya, nama kuliner ini adalah Pokon.

Kalau biasanya lontong terbuat dari beras atau ketan putih, berbeda dengan Pokon yang menggunakan beras ketan hitam. Perbedaan lainnya bisa diihat dari ukuran, teknik membungkusnya yang digunakan.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Penginapan Murah di Toraja, DIbawah 300 Ribuan dengan Fasilitas Lengkap

Beras ketan hitam yang sudah dicuci dan dimasak setengah matang dicampur dengan air santan dan garam secukupnya. Kemudian, Pokon dibungkus dengan daun bambu dan diikat agar tidak terlepas.

Masyarakat Toraja Utara biasanya menikmati hidangan kuliner Pokon ini ditemani dengan teh hangat ataupun kopi.

Kapurung

Kuliner khas Toraja Utara yang selanjutnya adalah Kapurung, hidangan ini terbuat dari sagu, daging ikan, seperti ikan bandeng atau ikan teri. Makanan ini juga dilengkapi dengan sayuran yang terdiri kangkung, labu merah, bayam, kacang panjang dan jantung pisang.

Kapurung ini biasanya disajikan sebagai menu makan siang, rasanya yang lezat cocok dimakan dengan nasi hangat. Kuliner ini sangat digemari oleh masyarakat Toraja Utrara dan banyak juga wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata paling hits menyukainya.

Deppa Tori

Selain makanan berat, kuliner khas Toraja Utara yang digemari masyarakatnya adalah Deppa Tori. Kuliner ini merupakan camilan yang terbuat dari tepung beras yang kemudian dicampur dengan gula merah dan bahan-bahan lainnya.

Setelah adonan selesai dibuat, kemudian adonan tersebut digoreng hingga matang berwarna kecoklatan dan memiliki tekstur renyah. Camilan ini merupakan salah satu kuliner yang harus wajib dicoba ketika berkunjung ke Toraja.

Deppa Tori bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh dari Toraja untuk teman, sahabat bahkan keluarga tercinta. Camilian ini bisa ditemukan dimana saja, mulai dari tempat wisata paling kekinian, pusat kuliner oleh-oleh bahkan di beberapa penjual keliling.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 di Toraja, Dua Diantaranya Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Dunia Simak Ulasannya

Pangrarang

Kuliner yang satu ini banyak yang menyebut ‘sate’, padahal sate yang dimaksud bukanlah daging yang dipotong kecil dan ditusuk. Nama kuliner ini adalah Pangrarang atau sate, namun tidak ditusuk seperti sate pada umumnya.

Proses pembuatannya masih sama dengan sate pada umumnya, yaitu dibakar, tetapi bumbu yang digunakan hanya garam. Setelah bumbu tercampur secara merata, daging tersebut dibakar di atas bara api. Setelah matang, daging ini dimakan dengan cabe uleg yang ditambah dengan perasan jeruk nipis.

Dangkot

Wisata terpopuler favorit Kuliner Khas Toraja lainnya adalah Dangkot, yang berarti ‘daging’. Keunikan dari kuliner ini adalah memiliki cita rasa yang pedas, hal ini dikarenakan menggunakan cabai rawit khas Toraja.

Untuk membuat hidangan ini diperlukan bumbu yang terdiri dari bawang merah dan putih, cabai rawit merah, ketumbar, sereh, kunyit, jahe dan lengkuas. Bumbu yang dihaluskan tersebut kemudian ditumis sampai mengeluarkan aroma harum lalu masukkan daging ayam, sapi, kerbau, atau babi. Terakhir, tambahkan air secukupnya dan masak hingga daging empuk dan matang dengan sempurna.

Itulah 6 rekomendasi kuliner khas Toraja Utara yang bisa kamu coba saat berkunjung ke tempat objek wisata terbaru 2024 di sekitar Toraja Utara. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: