Surga Tersembunyi di Lampung: Wisata Terbaru 2024 Pulau Pahawang, Sebelum Liburan Cek Infonya Disini

Surga Tersembunyi di Lampung: Wisata Terbaru 2024 Pulau Pahawang, Sebelum Liburan Cek Infonya Disini

Wisata terbaru 2024 Pulau Pahawang--

DISWAY JOGJA – Provinsi Lampung dikenal dengan berbagai wisata terbaru 2024 mulai dari alam, religi, edukasi hingga kulinernya. Tak jarang banyak para pelancong dari berbagai daerah yang ingin berlibur kesini.

Dikelilingi dengan berbagai pulau, baik pulau besar maupun kecil menjadikan Provinsi Lampung semakin menarik dikunjungi. Pasalnya pulau-pulau yang ada disekitar Lampung memiliki tempat wisata terbaru 2024 yang menawarkan keindahan lautnya.

Salah satu pulau yang saat ini menjadi tempat wisata terbaru 2024 di Lampung bagi para wisatawan adalah Pulau Pahawang. Banyak para wisatawan dari berbagai pelosok tanah air pun berlomba-lomba untuk berkunjung menyaksikan keindahan alam di pulau ini.

BACA JUGA : Surga Tersembunyi di Lampung, Libur Lebaran ke Wisata Terbaru 2024 Teluk Kiluan yang Mempesona

Sebelum kamu berlibur ke tempat wisata terbaru 2024 Pulau Pahawang, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu detail pulau ini. Dibawah ini ada informasi lengkap seputar Pulau Pahawang, mulai dari tiket masuk hingga akses menuju ke pulau ini.

Seputar Pulau Pahawang

Pulau Pahawang merupakan kawasan pesisir, terdiri dari laut, pantai, rawa, daratan dan daerah perbukitan, serta termasuk bagian pulau-pulau kecil yang ada di kawasan Teluk Lampung.

Sebetulnya Pahawang merupakan pulau yang terletak di kawasan Teluk Lampung yang berada di Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran. Pulau ini terbagi dalam 6 dusun yang terdiri dari Pahawang, Suakbuah, Penggetahan, Jeralangan, Kalangan, dan Cukuhnyai.

Secara administratif Desa Pulau Pahawang memiliki batas-batas wilayah yaitu sebelah Utara, Timur dan Selatan berbatasan dengan Teluk Lampung sedangkan sebelah Barat berbatasan dengan Kampung Bebangak.

Desa Pulau Pahawang terletak pada ketinggian 10 m dari permukaan laut.  Topografi daerahnya adalah landai dan berbukit, dengan suhu udara rata-rata 28,5 – 32,0 0C.  Pulau Pahawang memiliki potensi geografis yang terdapat di wilayah darat maupun lautnya. 

Sebagian besar ekosistem daratan merupakan hutan, di daerah pantai terdapat hutan mangrove yang relatif masih baik. Di beberapa kawasan wisata populer ini terdapat pantai landai, berpasir ataupun berlumpur.

Pulau Pahawang terbagi menjadi dua, terdiri dari Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Keduanya pun memiliki kondisi yang jauh berbeda, Pulau Pahawang Besar merupakan pulau yang telah berpenghuni. Sementara itu Pulau Pahawang Kecil merupakan pulau yang tidak berpenghuni sehingga para traveler akan bisa berpuas diri menjelajahi keindahannya.

BACA JUGA : Libur Lebaran Bareng Keluarga Semakin Seru Dengan Berkunjung ke Wisata Terbaru 2024 Glamping di Lampung

Di Pulau Pahawang Kecil, terdapat sebuah jembatan yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama Tanjung Putus. Jembatan ini merupakan penghubung antara Pulau Pahawang Kecil dengan Pulau Tanjung Kecil.

Wisata favorit Pulau Pahawang terkenal dengan pasir putih yang indah, air laut jernih, dan biota laut ciamik. Hal ini yang membuat wisatawan berbondong-bondong untuk merencanakan liburan ke Pulau Pahawang.

Ombak yang tidak terlalu besar juga, berhasil menjadi daya tarik untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan sambil menjelajah keunikan yang ada di tempat wisata kekinian ini.

Sesampainya di tempat wisata trending Pulau Pahawang, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang benar-benar memukau. Selain mempunyai pepohonan hijau yang rindang, pulau ini juga terkenal dengan pasir pantainya yang bersih. Tak ketinggalan, para wisatawan juga akan menyaksikan air laut yang bening di sini.

Tiket Masuk ke Pulau Pahawang

Biaya tiket masuk ke tempat wisata paling hits Pulau Pahawang ini berkisar antarar Rp30.000-Rp40.000. Harga tiket masuk ini sudah termasuk biaya naik perahu ke Pulau Pahawang.

Kalau kamu ingin snorkeling di Pulau Pahawang ini akan dikenai biaya snorkeling adalah Rp 50.000. Untuk para wisawatan yang ingin menikmati sensasi menginap di tempat wisata terbaru 2024 ini disediakan juga beberapa pilihan homestay atau villa mulai dari Rp 500.000 per malam.

Akses ke Pulau Pahawang

Akses yang mudah menjadi faktor pendukung yang menjadikan popularitas Pulau Pahawang semakin naik. Lalu bagaimana rute yang harus dilalui saat ingin traveling ke Pulau Pahawang Besar dan Kecil di Lampung ini?

Pertama, kamu harus pergi ke kota Bandar Lampung terlebih dahulu. Kemudian, kalau menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju ke arah Desa Ketapang. Sementara kalau naik kendaran umum, bisa naik angkot jurusan Padang Cermin lalu lanjut ke Ketapang.

Setelah sampai di Dermaga Ketapang, maka perjalanan tinggal dilanjutkan dengan naik perahu. Masing-masing perahu mempunyai kapasitas untuk 12 orang saja.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2024 di Lampung Paling Instagramable, Pasti Betah Lama-lama Disini

Perjalanan naik perahu dari Ketapang menuju ke tempat wisata Pulau Pahawang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Untuk sewa perahu, harganya bergantung kondisi. Saat liburan, bisa saja lebih mahal berkisar antara Rp 300.000,00 hingga Rp 500.000,00.

Itulah ulasan seputar tempat wisata terbaru 2024 di Provinsi Lampung, Pulau Pahawang yang menawarkan keindahan lautnya. Jadi apakah kamu ingin berlibur kesini saat libur lebaran nanti?(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: