Surga Tersembunyi di Lampung, Libur Lebaran ke Wisata Terbaru 2024 Teluk Kiluan yang Mempesona

Surga Tersembunyi di Lampung, Libur Lebaran ke Wisata Terbaru 2024 Teluk Kiluan yang Mempesona

Wisata terbaru 2024 Teluk Kiluan di Lampung--

DISWAY JOGJA – Mengulik Provinsi Lampung sepertinya tidak ada habisnya, selalu saja ada tempat wisata terbaru 2024 yang menarik untuk dikunjungi. Lampung sendiri terkenal dengan keindahan pesona alamnya yang sangat memukau, mulai dari pantai hingga gunung.

Salah satu wisata terbaru 2024 di Lampung yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Teluk Kiluan. Teluk Kiluan merupakan obyek wisata alami yang sering disebut surga tersembunyi karena keindahan alamnya, terutama lautnya.

Tempat wisata  terbaru 2024 Teluk Kiluan terletak di Desa (Pekon) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Obyek wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati liburan di tempat ini.

BACA JUGA : Libur Lebaran Sambil Belajar? Kunjungi Tempat Wisata Terbaru 2024 Museum di Lampung Berikut Ini

Pantai Teluk Kiluan memiliki panorama alam yang indah, dengan air laut yang jernih, pasir putih yang bersih, dan pemandangan pulau-pulau kecil yang menarik. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaru 2024 unggulan di Lampung yang wajib dikunjungi.

Salah satu daya tarik yang ada di Teluk Kiluan adalah adanya fenomena lampu kepiting laut. Fenomena ini terjadi ketika malam hari, ketika air laut yang mengalir ke pantai membawa plankton dan kepiting laut.

Kepiting laut yang terkena cahaya akan memancarkan cahaya biru yang indah, menciptakan suasana yang romantis dan memukau. Fenomena ini hanya terjadi pada waktu tertentu dalam setahun, sehingga pengunjung harus memperhatikan jadwal jika ingin menyaksikannya.

Kalau kamu liburan tempat wisata terbaru 2024 Teluk Kiluan, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berada disini, diantaranya sebagai berikut :

Melihat Lumba-Lumba

Kombinasi antara pemandangan laut dan pegunungan yang memukau membuat pantai ini menjadi surga tersendiri bagi wisatawan. Pantai Teluk Kiluan juga menjadi surga bagi wisatawan yang ingin melihat lumba-lumba di habitat aslinya.

Ada banyak perahu nelayan yang disewakan untuk membawa pengunjung menikmati keindahan pantai dan melihat lumba-lumba liar. Biasanya perahu nelayan tersebut disewakan dengan harga yang terjangkau,

Pengalaman melihat lumba-lumba liar di habitat aslinya dan menikmati keindahan bawah laut di Pantai Teluk Kiluan tidak akan terlupakan.

Snorkeling dan Diving

Selain melihat lumba-lumba, ada banyak spot snorkeling dan diving yang menawarkan keindahan terumbu karang dan keanekaragaman biota laut. Pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling atau diving di sekitar pantai atau membawa sendiri.

Kondisi cuaca di Pantai Teluk Kiluan memang tergolong stabil sepanjang tahun, tetapi tetap perhatikan kondisi ombak saat ingin berenang atau snorkeling. Jika ombak cukup besar, disarankan untuk tidak berenang atau snorkeling di laut

BACA JUGA : 7 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Pantai Eksotis di Lampung Selatan? Simak Daftarnya Disini

Wisata Kuliner

Bagi yang ingin berwisata kuliner, Pantai Teluk Kiluan juga menyediakan banyak kuliner laut yang segar dan lezat, seperti ikan bakar, cumi-cumi goreng, udang goreng, dan lainnya. Pengunjung dapat menikmati kuliner laut tersebut di restoran-restoran yang berada di sekitar pantai.


Kulineran di Teluk Kiluan--

Wisata Satwa

Satwa darat di Teluk Kiluan pun tak kalah menarik dengan satwa yang ada di bawah laut. Teluk Kiluan terkenal dengan populasi primata yang terancam punah seperti siamang, simpai, dan kukang. Kamu bisa melihat satwa tersebut ada di sekitar pepohonan saat kamu sedang berkeliling. Hewan bersuara nyaring tersebut merupakan hewan asli Teluk Kiluan.

Berenang di Laguna Gayau

Salah satu wisata unik di Teluk Kiluan adalah adanya Laguna Gayau, kawasan air asin yang terpisah dari laut, dengan kedalaman sekitar 1-3 meter. Areanya terpisah oleh gundukan bebatuan yang terbentuk secara alami, membuat perairannya tenang seperti danau.

Kamu bisa membawa serta kerabat dan teman-temanmu. Jaraknya dari Teluk Kiluan bisa ditempuh 20-30 menit berjalan kaki. Biasanya ada warga yang akan mendampingimu menuju Laguna Gayau.

Menuju Teluk Kiluan

Untuk mencapai Pantai Teluk Kiluan, harus menempuh perjalanan sekitar 5-6 jam dari Kota Bandar Lampung. Rute yang harus ditempuh meliputi jalan darat dengan melewati jalur Pekon Sukamaju, Kecamatan Batu Brak, dan Kecamatan Kelumbayan. Namun, perjalanan yang panjang akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan di pantai ini.

Tips Liburan di Teluk Kiluan

Bagi yang ingin menginap, wisata Pantai Teluk Kiluan juga menyediakan beberapa homestay dengan harga yang terjangkau. Homestay tersebut umumnya sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar tidur, kamar mandi, dan AC.

Namun, jika ingin penginapan yang lebih mewah, Anda bisa mencari penginapan di sekitar Kota Bandar Lampung atau menginap di resort yang berada di sekitar pantai.

Untuk menjaga kelestarian alam di wisata Pantai Teluk Kiluan, pengunjung diharapkan untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak lingkungan sekitar pantai.

BACA JUGA : Sederet Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Suguhkan Pesona Alam Lampung yang Mempesona, Cek Detailnya Disini

Ada juga beberapa aturan yang harus diperhatikan saat ingin berenang atau snorkeling di pantai, seperti tidak merusak terumbu karang dan menghindari mengganggu biota laut.

Areanya yang cukup luas membuat Teluk Kiluan sangat digemari wisatawan. Kamu jangan lupa untuk membawa kamera dan kamera bawah air bila ingin berfoto sambil diving atau snorkeling.

Di tempat wisata Teluk Kiluan ini ada banyak sekali titik berfoto yang indah dan akan menjadi momen menyenangkan yang bisa kamu kenang setibanya di rumah.

Kalau kamu mudik ke Lampung, jangan sampai lewatkan momen libur lebaran di wisata terbaru 2024 Teluk Kiluan yang menawarkan keindahan lautnya serta keunikannya. Selamat berlibur! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: