Jelajahi Keindahan Alam: 6 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Sumatra Barat, Cocok Buat Keluarga dan Wisatawan

Jelajahi Keindahan Alam: 6 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Sumatra Barat, Cocok Buat Keluarga dan Wisatawan

Wisata terbaru sumatera barat--Koperasi saudagar minang raya

DISWAY JOGJA-Sobat traveler, siapa yang tidak terpesona dengan keindahan alam Sumatra Barat? Provinsi di bagian barat Pulau Sumatra ini memang menyimpan sejuta pesona wisata terbaru 2024 alam yang begitu memanjakan mata.

Di tahun ini, Sumatra Barat kembali memanjakan para pelancong dengan hadirnya sejumlah destinasi wisata terbaru 2024 yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari air terjun eksotis, kawasan bentang alam menakjubkan, wisata edukasi alam yang menarik, hingga wisata terbaru 2024 petualangan seru yang menantang adrenalin.

Jadi, segera masukkan rekomendasi 6 destinasi wisata terbaru 2024 di Sumatra Barat berikut ini ke dalam daftar liburanmu ya!

1. Air Terjun Sarasah Lingo

Memulai petualangan di Sumatra Barat, Air Terjun Sarasah Lingo menjadi destinasi wisata pertama yang wajib Anda kunjungi. Berlokasi di Jorong Sarasah Lingo, Nagari Sumpur, Kabupaten Tanah Datar, air terjun ini masih terbilang belum terlalu banyak diketahui wisatawan sehingga keasriannya masih sangat terjaga.

Tinggi Air Terjun Sarasah Lingo mencapai sekitar 60 meter dengan aliran jernih yang turun meluncur deras membelah tebing berbatu. Suara gemuruhnya yang menggelegar menjadi daya tarik tersendiri di kawasan yang masih sangat alami ini. Di bawah derasnya air terjun, terdapat kolam alami yang memanjakan untuk berenang dan bermain air sepuasnya.

Tiket masuk Air Terjun Sarasah Lingo hanya Rp 15.000 per orang. Untuk mencapai lokasinya, Anda harus menempuh jalur trekking turun selama kurang lebih 1 jam perjalanan melewati jalan setapak di tengah hutan yang masih lebat.

2. Bukik Tanah Rendah

Sumatra Barat juga dikenal memiliki sejumlah bukit dan dataran tinggi yang menawarkan keindahan alam menawan. Di tahun 2024, ada satu destinasi bukit baru yang baru saja dibuka dan wajib untuk dikunjungi, yaitu Bukik Tanah Rendah yang berlokasi di Nagari Sungai Batang, Kabupaten Agam.  

Dari puncak Bukik Tanah Rendah yang memiliki ketinggian sekitar 1.300 mdpl, Anda bisa mengagumi hamparan lembah hijau yang membentang dikelilingi siluet pegunungan serta hamparan awan putih yang seakan melayang rendah.

Panorama alamnya yang memukau ini menjadikan tempat ini begitu instagramable untuk dikunjungi.

Tiket naik ke Bukik Tanah Rendah dibanderol dengan harga Rp 30.000 per orang yang sudah termasuk biaya pemandu wisata dan beberapa fasilitas lainnya.

BACA JUGA : Jalur Trekking Favorit Wisatawan? Inilah Daya Tarik Wisata Terbaru 2024 Campuhan Ridge Walk Ubud Bali

3. Kampung Bilok

Tidak ada yang mengalahkan keindahan menyaksikan matahari terbit dari atas ketinggian. Di Sumatra Barat, salah satu destinasi terbaru untuk menikmati sunrise yang memukau sekaligus berwisata edukasi adalah Kampung Bilok.

Berlokasi di Jorong Bilok, Nagari Batang Sumani, Kecamatan Sumani, Solok, kampung ini berdiri di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut.

Panorama alam Kampung Bilok begitu memesona dengan hamparan perbukitan hijau yang dikelilingi kabut pagi khas pegunungan. Pada pagi hari, suasana ini akan semakin memanjakan mata saat mentari terbit dan menyinari hamparan awan dengan cahaya keemasan yang begitu indah.

Selain menikmati sunrise, di kampung ini Anda juga bisa belajar mengenai kehidupan masyarakat adat Minangkabau serta mencoba langsung berbagai aktivitas khas pedesaan seperti berkebun, berternak, dan sebagainya.

Tiket masuk Kampung Bilok dibanderol Rp 25.000 per orang dengan beragam pengalaman menarik yang ditawarkan.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 10 Destinasi Air Terjun Terindah di Banyuwangi Jawa Timur Cek Selengkapnya Disini

4. Ekowisata Rimba Sadahan

Mencari destinasi wisata yang menyenangkan, edukatif dan penuh petualangan alam? Ekowisata Rimba Sadahan bisa menjadi pilihan terbaik di tahun 2024 ini. Berlokasi di Jorong Rimba Sadahan, Nagari Batu Palano, Kecamatan Batu Ampa, Agam, kawasan ini baru saja dibuka pada tahun 2024 lalu.

Di Ekowisata Rimba Sadahan yang memiliki area seluas 100 hektar ini, pengunjung dapat berinteraksi langsung dan belajar mengenai kekayaan flora dan fauna hutan tropis Sumatra. Anda juga bisa mencoba petualangan menjelajahi hutan lebat dengan dipandu para pemandu wisata berpengalaman. 

Tak hanya itu, di kawasan ini juga disediakan wahana petualangan lain seperti flying fox, outbound training, hingga berkemah di alam liar yang pasti akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan menantang adrenalin.

Tiket masuk Ekowisata Rimba Sadahan dibanderol Rp 125.000 per orang dengan berbagai aktivitas seru yang bisa dicoba.

BACA JUGA : 3 Rekomendasi Penginapan yang Dekat dengan Objek Wisata Terbaru 2024 Garut, Cek Daftarnya Disini

5. Kampung Peungo

Setelah puas menjelajahi alam indah Sumatra Barat, bagaimana jika mencoba berpetualang dengan berkemah di area pedesaan? Di tahun 2024, baru saja dibuka Kampung Peungo yang menawarkan pengalaman camping di alam pedesaan yang masih sangat asri.

Berlokasi di Jorong Peungo, Nagari Gadur, Kecamatan Malalo, Batang Anai, Padang Panjang, Anda bisa mendirikan tenda di area persawahan atau perbukitan yang eksotis sambil menikmati asrinya udara pedesaan.

Selain berkemah, di tempat ini juga disediakan berbagai aktivitas petualangan seperti menyusuri sungai air deras, bercocok tanam, hingga berkuda keliling pedesaan.

Tiket berkemah di Kampung Peungo dibanderol Rp 200.000 per orang per malamnya. Harga ini sudah termasuk konsumsi selama camping serta fasilitas lain seperti pemandu wisata dan akses ke berbagai aktivitas petualangan di alam pedesaan.

6. Mandeh Adrenaline Park

Destinasi terakhir yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Sumatra Barat adalah Mandeh Adrenaline Park. Merupakan salah satu taman rekreasi petualangan terbaru yang baru saja dibuka pada tahun 2024 di kawasan Mandeh, Pesisir Selatan.

Di Mandeh Adrenaline Park ini, tersedia berbagai aktivitas petualangan seru yang akan menguji adrenalin seperti flying fox, wall climbing, river tubing, berburu hewan liar dengan kamera, berkemah di alam terbuka, dan lain sebagainya.

Salah satu yang paling menantang adalah mengikuti paket petualangan "Mandeh Amazing Race" dimana Anda akan menempuh rute perjalanan ekstrem melewati berbagai rintangan alam seperti sungai deras, hutan lebat, hingga pegunungan terjal. Tentu saja semua ini dalam pengawasan pemandu profesional.

Tiket masuk ke Mandeh Adrenaline Park dibanderol mulai dari Rp 250.000 per orang untuk satu aktivitas petualangan saja. Semakin banyak atraksi yang dipilih, maka harganya akan semakin mahal, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000 untuk paket Amazing Race selama 3 hari 2 malam.

Itulah rekomendasi 6 destinasi wisata terbaru 2024 di Sumatra Barat yang dijamin akan membuat petualangan liburan Anda semakin seru dan berkesan. Dari air terjun eksotis, kawasan bentang alam menakjubkan, wisata edukasi alam yang menarik, hingga berbagai wahana petualangan menantang adrenalin yang mengagumkan. Tak ada alasan lagi untuk tidak segera merencanakan liburan ke Sumatra Barat dan mengeksplorasi sejuta pesona alam di destinasi-destinasi wisata terbarunya di tahun ini! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: