Puasa Sambil Diet, Berikut 4 Menu Sahur Selama Bulan Ramadhan Agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga

Puasa Sambil Diet, Berikut 4 Menu Sahur Selama Bulan Ramadhan Agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga

Ilustrasi sayuran sehat saat berpuasa--Pixabay

DISWAY JOGJA - Puasa menjadi alasan banyak orang untuk melakukan diet sehat. Maka dari itu, banyak orang mencari menu sahur saat diet. 

Di saat puasa, orang-orang mengambil kesempatan untuk diet. Beragam menu sahur saat diet dipakai demi mencapai badan ideal namun tidak kelaparan saat siang. 

Diet itu penting jika dilakukan dengan sehat. Untuk itu asupan yang masuk saat sahur dan berbuka penting dilihat kalori dan nutrisinya, jangan kalap dan jangan juga kekurangan. 

Nah berikut ada beberapa kandungan dalam menu sahur untuk diet. Dijamin kurus saat lebaran deh. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini! 

BACA JUGA : Rekomendasi 7 Menu Sahur yang Dapat Membantu Anda Tetap Berenergi Sampai Berbuka Puasa Tiba!

4 Menu Sahur Selama Bulan Ramadhan Agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga

1. Protein

Protein harus menjadi salah satu kandungan dalam menu sahur untuk diet kamu. Protein sangat baik untuk tubuh, apalagi buat kamu yang lagi diet. 

Ketika kamu mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi, maka kamu akan kenyang lebih lama. Hal itu karena protein membuat hormon peptida YY yang berfungsi sebagai penekan rasa kenyang. Dijamin kamu tidak akan kelaparan saat berpuasa. 

Adapun makanan yang mengandung protein seperti telur, dada ayam atau ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, ikan, tempe, tahu dan kacang-kacangan. 

2. Sayuran dan buah

Makanan satu ini sudah tidak asing lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Sayuran dan buah mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh, seperti vitamin. Hal ini tentu saja cocok sebagai menu sahur untuk diet. Vitamin yang terdapat dalam sayuran dan buah dapat membantu kamu tetap melancarkan pencernaan meski dalam perut kosong atau berpuasa. 

BACA JUGA : 7 Resep Masakan Seafood Untuk menu Berbuka Puasa, Sehat dan Lezat! Yuk Intip Ada Makanan Favoritmu Nggak?

3. Memiliki Karbohidrat Kompleks

Pada saat diet, kamu tidak dilarang mengonsumsi karbohidrat. Justru karbohidrat baik untuk tubuh, jadi tidak perlu dihindari. Karbohidrat kompleks ini manfaatnya untuk membuat kamu tetap kenyang dan berenergi meski perut sedang berpuasa. Makanan yang memiliki karbohidrat kompleks antara lain, oatmeal, nasi merah, ubi jalar dan gandum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: