Pengin Rasain Sensasi Berbeda Di Bulan Ramadhan? Lakukan 4 Amalan Ibadah Puasa, Auto Ketagihan!

Pengin Rasain Sensasi Berbeda Di Bulan Ramadhan? Lakukan 4 Amalan Ibadah Puasa, Auto Ketagihan!

Amalan Ibadah Puasa--Dream.co.id

DISWAY JOGJA - Biasanya, di bulan Ramadhan banyak masyarakat Indonesia yang tiba-tiba melakukan kegiatan, agar bulan Ramadhan enggak begitu-gitu aja. Maka dari itu, mari lakukan amalan ibadah puasa, agar tambah semangat.

Puasa di bulan Ramadhan sering kali kita merasakan malas yang sangat luar biasa. Namun, bukan berarti kita terus-menerus tidur, itulah pentingnya melakukan amalan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Amalan ibadah puasa yang sering kita lakukan setelah berbuka puasa adalah solat Tarawih. Namun, ternyata ada yang lebih besar ganjarannya dari pada solat Tarawih.

Pada solat tarawih biasanya akan dilanjutkan dengan solat witir yang berjumlah 3 rokaat. Itulah amalan ibadah puasa utama yang selalu kita lakukan.

Amalan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

1. Sahur di Akhir Waktu

Amalan ibadah puasa yang pertama adalah sahur di akhir waktu. Kita perbolehkan untuk sahur di akhir waktu, asalkan jangan terlalu dekat dengan jadwal imsak.

Untuk sahur di akhir waktu bisa sekitar jam empat atau sekitar setengah empat. Sebenarnya sahur di akhir waktu pun bertujuan agar pada saat berpuasa nanti tidak cepat lapar, makanya di akhir waktu.

Namun, jika kamu belum masak untuk sahur nanti, kamu bisa bangun sekitar jam tiga. Intinya nanti bisa di kira-kira sendiri harus masak selai berapa agar tetap bisa sahur dengan waktu yang tepat.

BACA JUGA : Amalan yang Membatalkan Ibadah Puasa: Menjaga Kesucian dan Kehormatan Puasa

2. Menyegerakan untuk Berbuka

Jika tadi sahur di akhir waktu, maka ini bisa buka di awal waktu. Maksud dari menyegerakan berbuka bukan berarti sebelum azan maghrib sudah buka.

Arti dari menyegerakan berbuka puasa berarti kita bisa buka setelah ngajinya selesai atau pada saat azan pertama. Bisa mulai berbuka dengan kurma atau makanan manis lainnya.


Menu berbuka puasa dijamin pasti suka--pexels.com

3. Sholat Malam

Solat Malam banyak jenisnya, bisa solat Hajat, Tahajud ataupun Taubat. Namun, yang sering kita anjurkan adalah shalat Tahajud.

Untuk solat Tahajud sendiri karena biasanya kita sering ngantuk, namun karena kita selalu terbangun malam untuk sahur ada waktu tertentu yang bisa dilakukan untuk solat malam. Yaitu, sekitar jam tiga sebelum sahur.

Sebelum Ramadhan kita sering kali atau jarang banget bangun malam. Sekalinya bangun malam pasti ingin ke kamar mandi, namun tidak melaksanakan solat malam.

Karena ini bulan Ramadhan ada baiknya kita solat malam, ini bisa dilaksanakan sebelum sahur. Jika sahur sekitar jam empat, maka solat malam bisa dilakukan jam tiga.

BACA JUGA : Muslim Wajib Tahu! Sebab Tanpa Sadar Ada Hal Yang Membatalkan Ibadah Puasa, Dan Mengurangi Pahala

3. Sholat Tarawih

Hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat sekitar untuk melakukan solat tarawih di bulan Ramadhan. Selanjutnya setelah solat tarawih bisa dilanjutkan dengan membaca Al-Qur'an, ini juga sudah menjadi kebiasaan kita juga di bulan Ramadhan.

Bukankah ini termasuk sensasi yang menenangkan sekaligus menyenangkan. Ada begitu banyak orang yang solat tarawih dan juga semangatnya para anak muda bertadarus di Masjid.

4. Sedekah

Amalan ini juga termasuk amalan yang direkomendasikan. Namun, jika setiap hari kamu ingin bersedekah, kqmu bisa melakukan sedekah subuh.

Sedekah subuh berarti bersedekah pada saat subuh, tidak perlu banyak pun tidak masalah, asalkan konsisten. Bisa mulai seribu per hari atau dua ribu per hari juga boleh, yang penting kuncinya konsisten.


Layaknya tanaman, Sedekah Subuh sangat bermanfaat bagi yang mengamalkan -Disway-Google

BACA JUGA : Muslim Wajib Tahu! Sebab Tanpa Sadar Ada Hal Yang Membatalkan Ibadah Puasa, Dan Mengurangi Pahala

Demikian amalan ibadah puasa yang dapat kamu lakukan di bulan Ramadhan. Mari banyakin pahala di bulan Ramadhan dengan amalan-amalan yang bisa kita kerjakan.

Sebenarnya masih banyak amalan di bulan Ramadhan. Namun, seperti tadi sedikit pun tidak masalah, asal konsisten, dari pada banyak-banyak tapi tidak konsisten, hanya sia-sia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: