10 Kreasi Olahan Kentang yang Enak Buat Camilan Menu Berbuka Puasa, Sehat dan Bergizi!

10 Kreasi Olahan Kentang yang Enak Buat Camilan Menu Berbuka Puasa, Sehat dan Bergizi!

10 Kreasi Olahan Kentang yang Enak Buat Camilan Menu Berbuka Puasa-Nungning20-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Kentang merupakan salah satu jenis bahan makanan yang disukai banyak orang. Selain mengandung karbohidrat untuk sumber tenaga, kentang juga bisa diolah menjadi makanan yang enak untuk menu buka puasa.

Namun tidak hanya untuk menu makanan utama, kentang juga cocok diolah menjadi camilan lezat dan menggugah selera untuk menu buka puasa.

Jika kamu menghindari menu buka puasa dengan makanan berat, tapi ingin perut cukup terisi, kentang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Apa saja olahannya? Berikut beberapa olahan dari kentang yang bisa kamu buat dirumah untuk menu buka puasa.

BACA JUGA : Cerahkan Ramadhan dengan 10 Resep Takjil Simple yang Segar dan Sehat Cocok untuk Berbuka Puasa di Rumah

1. Kroket Kentang

Olahan kentang yang pertama untuk menu berbuka puasa adalah kroket kentang. Kreasi dari olahan kentang ini berisi ragout ayam, dengan tekstur lembut kentang, dipadukan dengan renyah gurih kroket dibagian luar. Ragout ayamnya juga tak kalah enak.

2. Sosis Kentang Gurita

Cemilan ini menjadi salah satu olahan kentang yang banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Rasanya yang enak tidak kalah dengan menu olahan kentang lainnya. Kamu juga bisa menyantap cemilan satu ini untuk menu buka puasa.

3. Donat Kentang

Siapa yang tidak suka dengan donat kentang? Hampir semua orang rasanya jarang ada yang tidak suka cemilan ini. Kreasi donat dari kentang ini bisa jadi rekomendasi untuk menu buka puasa, karena tekstur kentang yang lembut dipadukan dengan renyah gurih donat bagian luar.

4. Potato Cheese Ball

Kreasi olahan kentang selanjutnya adalah potato cheese ball. Kamu bisa merasakan buka puasa dengan nuansa hidangan kentang ala Western yang enak dengan camilan satu ini. Olahan kentang dengan keju ini sangat cocok bagi para penggemar keju.

5. Onde-onde Kentang

Camilan lain dari olahan kentang yang bisa dipilih sebagai menu berbuka puasa adalah onde-onde kentang. Kalau biasanya onde-onde dibuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau halus, tapi kali ini kamu bisa mencampurnya dengan kentang.

Proses pembuatanya sebenarnya sama dengan pembuatan onde-onde pada umumnya, hanya saja ketika membuat adonan kulit luar, perlu ditambahkan kentang yang telah dihaluskan.

BACA JUGA : 4 Kuliner Terbaru 2024 di Kota Madiun, Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa Bareng Keluarga! Coba Rasakan.

6. Popping Potato

Kali ini ada inovasi olahan kentang lain yaitu popping potato. Camilan ini siap menemani kamu untuk buka puasa. Dengan potongan kentang yang digoreng hingga matang sempurna, menciptakan tekstur yang renyah diluar namun tetap lembut didalam.

7. French Fries

Camilan kentang yang paling mudah dibuat dan rasanya lezat yaitu french fries. Biasanya, camilan dari kentang satu ini banyak dijual di restoran. Cita rasa yang asin dan gurih membuat siapa saja yang memakannya akan merasa ketagihan.

8. Perkedel Kentang Daging

Perkedel daging ini juga banyak diminati oleh banyak orang karena bahannya yang mudah dan cara membuatnya pun praktis. Makanan ini bisa menjadi alternatis jika kamu bosan dengan olahan camilan kentang yang itu-itu saja.

9. Potato Gratin

Potato gratin merupakan salah satu camilan dari olahan kentang dari negara Perancis. Gratis merupakan hidangan panggang dengan permukaan cokelat karena diberi tepung roti, keju parut, telur, atau mentega yang disajikan di wadah berdinding rendah yang tahan panas.

Potato gratis memiliki rasa yang creamy karena menggunakan krim atau susu.

10. Stik Kentang Bayam

Kreasi olahan kentang yang terakhir untuk menu buka puasa adalah stik kentang bayam. Kalau kamu salah satu pencinta gorengan, bisa coba membuat stik kentang bayam ini buat jadi camilan untuk menu buka puasa. Sehat dan cukup mengenyangkan juga.

BACA JUGA : 7 Menu Takjil Puasa Seger Super dan Praktis yang Wajib Kamu Coba di Rumah

Itu dia sepuluh olahan kentang untuk menu berbuka puasa yang enak, lezat dan bisa kamu coba membuatnya dirumah. Selamat mencoba kreasi baru!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: