5 Cara Mudah Memutihkan Mata Kaki yang Menghitam dan Keras Bisa Dilakukan di Rumah

5 Cara Mudah Memutihkan Mata Kaki yang Menghitam dan Keras Bisa Dilakukan di Rumah

5 Cara Mudah Memutihkan Mata Kaki yang Menghitam dan Keras Bisa Dilakukan di Rumah-disway jogja-pinterest

DISWAY JOGJA- Mata kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang sering kali diabaikan. Jika tidak dijaga dengan baik, maka kulit di area mata kaki perlahan akan menghitam dan keras. Faktor yang bisa menyebabkan mata kaki menjadi hitam dan keras bisa terjadi karena sirkulasi darah yang buruk, paparan sinar matahari, kekeringan berlebihan, hingga cedera atau luka di pergelangan kaki. 

Memiliki mata kaki hitam bisa merusak keindahan kaki dan beberapa orang merasa tidak percaya diri dengan kondisi ini, apa lagi saat dilihat orang lain ketika tidak menggunakan celana panjang yang tidak menutupi bagian mata kaki atau ingin tampil menggunakan alas kaki yang cukup terbuka menjadi tidak pede. 

Banyak cara untuk memutihkan kembali mata kaki yang hitam dan keras yang bisa kamu lakukan di rumah :

1. Rendam Kaki dengan Garam Epsom

Cara mengatasi mata kaki yang hitam dan kasar kamu bisa merendam kaki ke dalam air garam. Dianjurkan menggunakan garam epsom karena mengandung magnesium sulfat, yaitu senyawa mineral yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, dan memutihkan.

BACA JUGA : Tips Cara Mencerahkan Punggung Kaki yang Hitam Menggunakan Bahan Alami

Untuk menggunakannya cukup mudah, siapkan air hangat dalam wadah, tuangkan garam epsom  ½ dan aduk hingga rata. Rendam kaki sampai 20 menit setelah itu sikat kaki secara perlahan dan bilas sampai bersih.

2. Eksfoliasi Kulit

Lakukan eksfoliasi untuk menghilangkan sel kulit mati dan berganti dengan sel kulit baru yang sehat. Oleh karena itu, perlunya membersihkan kulit pada are mata kaki menggunakan eksfoliasi  banyaknya sel kulit mati yang menyebabkan pada area mata kaki menghitam dan kasar. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan scrub kaki yang banyak dijual di toko kecantikan dan pilih scrub yang sesuai dengan jenis kulit kamu agar tidak terjadi iritasi. Kamu juga bisa membuat scrub eksfoliasi di rumah dengan mudah yaitu campurkan madu, air hangat, dan gula. 

Menggunakan eksfoliasi untuk memutihkan kulit mata kaki dengan mengoleskan pada area kulit dan pijat dengan gerakan memutar. Tunggu beberapa menit dan gosok menggunakan sikat atau batu secara perlahan. Bilas menggunakan air bersih.

3. Menggunakan Pelembap atau Losion 

Gunakan pelembap atau losion secara rutin  agar mata kaki tetap lembap. Cara ini cukup ampuh untuk memutihkan sekaligus melembapkan kulit. Gunakan pelembap atau losion sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

BACA JUGA : 4 Cara Memutihkan Kaki yang Hitam dan Kering? Bisa Pakai Batu Apung Hingga Scrub, Ini Penjelasannya!

Area mata kaki yang hitam dan kasar oleskan pelembap atau losion yang tebal, seperti aloe vera gel dan pelembap yang mengandung vitamin B3, lignin, ellagic, dan kedelai.

4. Menghindari Kebiasaan yang Membuat Mata Kaki Hitam dan Kasar

Selain melakukan perawatan untuk memutihkan mata kaki, kamu juga perlu menghindari kebiasaan tertentu yang menyebabkan mata kaki menghitam dan kasar. Hindari penekanan berlebihan pada mata kaki. Karena, tekanan yang berlebihan bisa menyebabkan mata kaki menjadi hitam dan kasar.

5. Aplikasikan Masker 

Cara mengatasi kulit yang hitam dan kasar, kamu bisa menggunakan masker alami pada area kulit mata kaki. Karena belum banyak yang menjual masker khusus mencerahkan mata kaki, maka bisa membuatnya sendiri.

Bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat masker mata kaki, kamu bisa mencampurkan oatmeal, bengkuang, dan yogurt. Cara menggunakannya tuangkan oatmeal secukupnya, dua sendok makan yogurt serta air hangat, aduk semua bahan sampai merata, kamu juga bisa menambahkan satu sendok makan putih telur. Aplikasikan pada kulit mata kaki dan tunggu sampai 15 menit bilasa sampai bersih.

BACA JUGA : Mata Kaki Menghitam dan Kasar? Kenali Penyebab dan Cara Ampuh Memutihkan Kulit Mata Kaki Dengan Alami!

Jika kamu ingin menggunakan bengkuang, kamu bisa parut bengkuang dan buat seperti pasta yang kental, lalu oleskan ke bagian mata kaki. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar kulit mata kaki putih dan tidak kasar kamu bisa melakukannya secara rutin.

Itu dia cara efektif dan mudah untuk memutihkan kembali kulit mata kaki dan tidak kasar. Semoga bisa membantu dan selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: