Bingung Cari Hidangan? Ini Dia 7 Rekomendasi Takjil untuk Menu Berbuka Puasa yang Paling Enak!

Bingung Cari Hidangan? Ini Dia 7 Rekomendasi Takjil untuk Menu Berbuka Puasa yang Paling Enak!

Ini Dia 7 Rekomendasi Takjil untuk Menu Berbuka Puasa yang Paling Enak-gorchittza2012-iStockphoto

DISWAY JOGJA - Dari segi agama, menu berbuka puasa pertama disunahkan untuk mengonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu. Pasalnya untuk mengisi kembali energi tubuh dengan cepat, setelah seharian berpuasa.

Umumnya, menu takjil untuk berbuka puasa adalah menu makanan dan minuman yang manis. Walaupun ada kalanya juga makanan yang asin.

Banyak jenis makanan dan minuman yang bisa dijadikan menu takjil untuk berbuka puasa. Mulai dari makanan ringan hingga minuman yang manis. Lalu apa saja?

Nah, bagi kamu yang bingung memilih takjil apa yang cocok untuk menu berbuka puasa, simak rekomendasinya dibawah ini, yuk!

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Terbaik Di Tegal! Jangan Ngaku Gaul Kalau Belum Pernah Nyobain

1. Kurma

Kurma merupakan salah satu takjil paling praktis yang disunnahkan menjadi menu berbuka puasa. Buah ini mengandung zat pemanis alami yang bisa memenuhi asupan gula bagi tubuh kamu.

Bukan hanya itu, buah kurma juga memiliki banyak serat dan mampu mengontrol gula darah dalam tubuh. Tetapi, sebagian orang mungkin ada yang tidak suka dengan buah asal Timur Tengah ini.

2. Kolak Pisang

Kolak memang masih menjadi makanan favorit orang Indonesia terlebih saat bulan puasa tiba. Apalagi jika ada acara buka bersama, pasti kolak pisang menjadi hidangan favorit untuk takjil.

Setelah seharian berpuasa, tentu kamu ingin melepas dahaga dengan makanan yang berkuah dan manis. Menyantap kolak adalah salah satu waktu yang pas untuk dinikmati saat waktu buka puasa tiba.

3. Pisang Cokelat

Menu takjil selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan untuk buka puasa adalah pisang coklat atau yang biasa disebut piscok.

Jajanan ini bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa karena rasanya yang manis, gurih dan nikmat. Biasanya, toping coklat yang dipakai buat bahan piscok ini sengaja dibuat lumer, sehingga ketika dimakan coklatnya akan meleleh.

BACA JUGA : Simak 4 Resep Makanan Ringan Simple yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa, Paling Favorit dan Mudah Dibuat!

4. Gorengan

Gorengan merupakan salah satu menu buka puasa yang wajib ada bagi orang Indonesia. Rasa gurih dan renyah dari gorengan, ditemani dengan seduhan teh manis, sangat cocok dan akan terasa semakin nikmat.

Kamu bisa membelinya di luar, atau bisa juga membuat sendiri dirumah. Tenang saja, bahan-bahan untuk membuat gorengan simple dan mudah di dapat, kok.

Akan tetapi, jangan terlalu sering mengonsumsi gorengan karena tidak baik untuk kesehatan kamu.

5. Es Pisang Ijo

Menu takjil satu ini sudah sangat terkenal bahkan sudah ada di mana-mana. Sesuai dengan namanya, es pisang ijo berisi pisang yang dibalut dengan kulit hijau yang terbuat dari tepung terigu.

Agar lebih sempurna, tak lupa juga tambahkan bubur sumsum yang gurih dan beberapa tetes sirup manis. Takjil ini sangat cocok untuk muka puasa.

6. Bubur Sagu Mutiara

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan bubur satu ini? Ya, bubur sagu mutiara merupakan salah satu takjil yang sering jadi favorit banyak orang.

Banyak orang yang mencari takjil pasti juga mengincar bubur satu ini. Jadi, tidak heran jika bubur sagu mutiara jadi favorit orang berpuasa, karena memiliki cita rasa manis dan gurih sehingga cocok untuk buka puasa.

BACA JUGA : Bosan dengan Tempe Goreng? Berikut 7 Kreasi Olahan Tempe yang Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa, Bikin Nagih!

7. Jasuke (Jagung Susu Keju)

Menu takjil untuk buka puasa yang terakhir yaitu jasuke. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama jasuke ini.

Sesuai dengan namanya, makanan satu ini menggunakan bahan utama berupa jagung. Asal kamu tahu, awalnya makanan ini hanya tersedia di berbagai mall atau pusat keramaian saja.

Namun, seiring berjalanya waktu, jasuke ini sudah banyak yang menjual di pinggir jalan. Dan juga sudah menggunakan berbagai macam topping lengkap.

Itulah sederet rekomendasi menu takjil paling enak yang bisa kamu siapkan untuk menu berbuka puasa. Selamat menikmati!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: