7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Terbaik Di Tegal! Jangan Ngaku Gaul Kalau Belum Pernah Nyobain

7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Terbaik Di Tegal! Jangan Ngaku Gaul Kalau Belum Pernah Nyobain

Alun-Alun Kota Tegal-instagram @brian_toank-

DISWAY JOGJA - Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu- tunggu di setiap tahunnya. Di bulan ramadhan kita diharuskan berpuasa dan menahan hawa nafsu hingga waktu berbuka puasa yaitu pada jam 6 sore waktu maghrib. Tentunya banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa kita lakukan sambil menunggu berbuka puasa. Kegiatan yang dilakukan seperti mengunjungi bazar Ramadhan, melakukan kegiatan sosial seperti membagikan takjil gratis, mengikuti pengajian, jalan-jalan bersama keluarga atau teman, dan masih banyak lagi.

Salah satu kegiatan yang paling populer dilakukan pada saat bulan ramadhan yaitu kegiatan ngabuburit . Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa yaitu adzan maghrib.Banyak sekali kegiatan ngabuburit yang bisa kita lakukan seperti berjalan-jalan, bersantai di taman, atau mencari takjil untuk berbuka puasa.

Berikut 7 rekomendasi tempat ngabuburit di Tegal :

1. Alun-Alun Kota Tegal

Alun-alun Kota Tegal terletak di jalan Pancasila daerah Mangkukusuman menjadi salah satu tempat ngabuburit paling favorit di Kota Tegal. Lokasinya mudah dijangkau dan memiliki banyak pedagang makanan membuat alun-alun ini selalu ramai dikunjungi, baik pagi, sore, maupun malam hari.

Selain menjadi tempat untuk jalan-jalan sore, bersantai, dan berfoto, alun-alun ini juga sering digunakan oleh masyarakat sebagai tempat berolahraga. Penataan kawasan yang indah dengan ornamen bertuliskan “ALUN-ALUN KOTA TEGAL”  membuat tempat ini menjadi istimewa. Alun-alun ini juga sering dijadikan lokasi untuk berbagai acara dan pertunjukan seni.

Alun-Alun Kota Tegal dekat dengan Masjid Agung Kota Tegal, sehingga memudahkan kamu untuk melakukan ibadah saat kamu berkunjung ke sini.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Tegal? Spot Menarik dan Cocok Untuk Ngabuburit Bulan Ramadan, Simak Ulasan Lengkapnya!

2. Monumen GBN Slawi

Tempat ini berhadapan dengan Tugu Poci yang menjadi ikon Kabupaten Tegal. Selain itu, lokasinya juga dekat dengan Masjid Agung KabupatenTegal. Di waktu tertentu seperti sore ke malam hari, lokasi ini ramai dikunjungi masyarakat yang hanya sekedar ingin berfoto, bersantai, atau makan di angkringan sekitar lokasi.Terkadang,  Alun-alun GBN ramai komunitas yang berkumpul hingga adanya pertunjukan tertentu. Pada saat bulan puasa, biasanya ada pedagang makanan atau jajanan dadakan di sekitaran area tersebut. Kamu dapat menikmati suasana lalu lintas sore hari, ataupun hanya sekedar berfoto dan bersantai sambil menunggu waktu maghrib.  Di Monumen GBN Salwi terdapat dua patung yaitu patung tentara dan petani, ada juga menara lainnya.

3. Alun-Alun Hanggawana

Alun-alun Hanggawana Slawi menjadi salah satu tempat ngabuburit paling populer di wilayah Slawi di Kota Tegal. Alun-alun ini terletak di jalan DR. Soetomo dan ditanami dengan 140 pohon tabebuya yang indah. Lokasinya yang strategis dekat dengan masjid dan pusat perbelanjaan membuat Alun-Alun Hanggawana selalu ramai dikunjungi, terutama saat bulan Ramadhan . Biasanya Alun-Alun Hanggawana dijadikan tempat jogging dan berkumpul bersama komunitas, Alun-Alun Hanggawana juga menjadi tempat yang sangat populer untuk mencari makanan enak khas Tegal.

4. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah menjadi  tempat ngabuburit yang menarik di Kota Tegal. Pantai ini dikelola oleh Dinas Pariwisata Tegal dan menawarkan berbagai kegiatan seru. Di pantai ini, kamu bisa menikmati keindahan sunset, berolahraga santai di area jogging track, atau mencari berbagai ta’jil untuk berbuka. Pantai Alam Indah juga dilengkapi dengan taman bermain anak. Jadi, kamu bisa mengajak anak-anak bermain sambil menikmati keindahan pantai ini. Terdapat beberapa spot foto bagi kamu yang hobi berfoto.

5. Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa)

Tempat ini juga menjadi favorit masyarakat Kabupaten Tegal untuk ngabuburit. Lokasinya strategis, terdapat sarana rekreasi, olahraga, dan biasanya ada pertunjukan seni. Selain itu, di area Trasa terdapat banyak warung, ruko, pedagang jajanan, makanan, minuman. Di lapangan bagian tengah Trasa, terdapat area berisi permainan anak seperti ayunan, jungkat jungkit, perosotan, dan lain-lain.

6. Pantai Pulau Kodok Tegal

BACA JUGA : Tempat Ngabuburit Ramadhan: Alun Alun Malang, Wisata Gratis yang Menawan, Cek Ulasan Berikut

Melihat air laut di pantai pulau kodok menjadi salah satu cara healing terbaik sambil ngabuburit. Karena, keindahan pantai ini bisa membuat kamu nyaman, damai dan dapat melupakan rasa lapar kamu loh.

7. Taman Bungah

Taman Bungah ini menjadi salah satu taman atau ruang publik yang dimiliki Kabupaten Tegal, Taman Bungah juga menjadi spot favorit masarakat kabupaten Tegal terutama di momen-momen tertentu. Lokasinya cukup strategis, yaitu berada di depan Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa). Taman Bungah memiliki kolam air mancur warna-warni, taman lampu, dan kios taman bunga. Di beberapa titik terdapat replika bunga yang berukuran cukup besar. Di area Taman Bungah juga terdapat beberapa bangku panjang permanen untuk duduk sambil menunggu waktu buka puasa.

Itulah beberapa rekomendasi tempat ngabuburit di Tegal. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: