Simak Yuk! 7 Seserahan Pernikahan Unik Adat Jawa: dari Pakaian Hingga Makanan, Semua Punya Makna!

Simak Yuk! 7 Seserahan Pernikahan Unik Adat Jawa: dari Pakaian Hingga Makanan, Semua Punya Makna!

tradisi seserahan pernikahan adat jawa--

BACA JUGA : Menelusuri Keberagaman Budaya: Tradisi Seserahan Pernikahan Suku Suku di Indonesia, Penuh Makna dan Filosofi,

Sebagaimana ketan yang memiliki tekstur lengket sesudah dimasak, maka sesuai dengan harapannya cinta kasih kedua mempelai juga selalu erat  dan lengket selama-lamanya. Ketan sering digunakan dalam tradisi seserahan pernikahan adat jawa karena syarat akan makna.

7. Bed Cover

Bed cover yang digunakan untuk hantaran pernikahan bukanlah semata-mata sebuah selimut untuk tidur. Ia memiliki makna dan  harapan akan keharmonisan dan kenyamanan dalam tidur bersama sebagai pasangan yang baru menikah. 

BACA JUGA : Kue Hantaran yang Wajib di Bawa Seserahan Pernikahan Adat Jawa

Selain itu, bed cover juga menandakan perhatian dan kasih sayang untuk kebahagiaan bersama di dalam rumah tangga yang baru dibangun. Sehinga tercipta rumah tangga yang bahagia tentram aman selama-lamanya.

Setiap seserahan pernikahan dalam adat Jawa memiliki simbol dan makna yang mendalam. Diantaranya mengandung doa, harapan serta tanggung jawab bagi kedua mempelai dalam menjalani kehidupan bersama. 

Terdapat filosofi yang ada didalamnya sehingga  setiap seserahan pernikahan menjadi bagian penting yang membentuk ikatan dan makna spiritual dalam menjalani hubungan pernikahan. Semoga Bermanfaat ya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: