Simak Yuk! 7 Seserahan Pernikahan Unik Adat Jawa: dari Pakaian Hingga Makanan, Semua Punya Makna!

Simak Yuk! 7 Seserahan Pernikahan Unik Adat Jawa: dari Pakaian Hingga Makanan, Semua Punya Makna!

tradisi seserahan pernikahan adat jawa--

DISWAY JOGJA - Ada berbagai  macam tradisi seserahan pernikahan adat di masing-masing wilayah Indonesia. Perbedaan kepercayaan dan adat istiadat inilah yang membuat ciri khas pernikahan adat satu dengan lainnya juga berbeda. 

Pernikahan tidak hanya tentang pertemuan dua insan yang saling suka atau saling mencintai, tetapi juga tentang penghormatan terhadap nilai-nilai  tradisi dan adat yang ada. Dalam budaya Jawa, tradisi seserahan pernikahan  menjadi bagian penting yang mempunyai makna dan simbolisme yang mendalam bagi kedua belah pihak.

Seserahan pernikahan adat Jawa merupakan pemberian yang mempunyai simbil tanggung jawab seorang suami dalam rangka memberikan nafkah lahir dan batin kepada istrinya. Dalam bahasa Jawa sendiri, tradisi ini disebut dengan istilah paning.

BACA JUGA : Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Jawa, Pisang Sanggan Punya Makna Mendalam Di Upacara Panggih

Paningset atau sering disebut denan seserahan dalam adat Jawa biasanya diberikan oleh calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan pada saat malam hari sebelum akad nikah. Namun, ada juga yang memberikannya saat  acara pernikahan berlangsung.

Nah makin penasaran apa saja 7 seserahan pernikahan unik adat jawa? Simak yuk!

1. Perlengkapan Ibadah

Seserahan pernikahan adat Jawa yang pertama yaitu perlengkapan ibadah dapat berupa Al-Quran dan seperangkat alat salat. Untuk masyarakat Jawa yang beragama Islam, biasanya mereka akan menjadikan Al-Qur'an dan seperangkat alat salat sebagai tradisi seserahan pernikahan. 

Seserahan ini memiliki arti yang sangat mendalam sebelum calon mempelai perempuan dan laki-laki bersatu dalam ikatan halal. Ini karena Al-Quran dan seperangkat alat salat merupakan simbol pengingat kepada Allah SWT. 

BACA JUGA : Mengulik Makna dari Seserahan Pernikahan! Simbol Cinta dan Kesetiaan Sebuah Pasangan

Bagi calon pasangan muslim, mereka harus selalu berpeang teguh terhadap nilai-nilai ajaran agama Islam. Itulah mengapa tradisi seserahan pernikahan ini biasanya berisi Al-Qur'an, sajadah, dan mukena.

2. Alas Kaki dan Tas

Alas kaki dan tas dalam hantaran pernikahan memiliki simbol dan makna yang lebih dari sekadar benda fungsional. Alasn kaki menggambarkan kepercayaan dan kemantaban akan langkah kedua mempelai dalam mengarungi bahtera rumah tangga. 

BACA JUGA : Kenali Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Betawi Sebelum Kamu Meminang Wanita Asal Betawi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: