Menelusuri Keberagaman Budaya: Tradisi Seserahan Pernikahan Suku Suku di Indonesia, Penuh Makna dan Filosofi,

Menelusuri Keberagaman Budaya: Tradisi Seserahan Pernikahan Suku Suku di Indonesia, Penuh Makna dan Filosofi,

Tradisi Seserahan Pernikahan Suku Suku di Indonesia--

DISWAY JOGJA - Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku dan tradisi. Salah satunya tradisi seserahan pernikahan yang beranekaragam bagi setiap suku.

Tradisi seserahan pernikahan sendiri merupakan momentum yang sangat sakral sebelum di berlangsukannya pernikahan. Masing masing suku yang ada memiliki budaya dan adat tersendiri.

Namun dalam prakteknya semua suku melakukan tradisi seserahan pernikahan sebagai sarana keseriusan seorang pengantin. Terkhusus bagi calon pengantin pria sebagai simbol kemampuan.

Tradisi seserahan pernikahan sudah menjadi sebuah adat yang harus dilakukan. Bukan hanya itu juga, setiap bawaan dari masing masing suku memiliki makna filosofis tersendiri.

BACA JUGA : Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Sunda yang Harus Dipersiapkan Jangan Sampai Kelewatan

Yuk simak berikut tradisi seserahan dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

1. Seserahan Adat Suku Jawa

Suku Jawa merupakan salah satu suku di Indonesia yang terbesar. Suku ini memiliki tradisi seserahan pernikahan yang sangat unik.

Banyak beberapa barang seserahan yang harus dibawa oleh calon pengantin pria. Semua barang ini memiliki makna dan filosofis yang mendalam.

Antara lain seperti Sirih Pinang, Bahan Hasil Bumi, Buah Buahan, Kain Batik dan lain sebagainya. Semua ini memiliki makna tersendiri dan sebagai doa untuk pengantin dalam menjalankan kehidupan setelah pernikahan.

2. Seserahan Adat Dayak

Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan suku Dayak yang terkenal ini. Tradisi seserahan pernikahan suku dayak sangatlah unik.

BACA JUGA : Wow, Ternyata Seserahan Pernikahan Menjadi Warisan Budaya yang Tak Tergantikan! Yuk Simak Ulasannya

Dalam adat Suku Dayak, seserahan merupakan suatu hal yang memiliki nilai doa dan harapan sebelum pernikahan. Terlebih untuk mengajarkan arti hidup yang seimbang dan harmonis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: