Berwisata di Bulan Ramadhan? Berikut 5 Wisata Terbaru 2024 Religi di Tegal, Cocok Untuk Kamu Jelajahi!

Berwisata di Bulan Ramadhan? Berikut 5 Wisata Terbaru 2024 Religi di Tegal, Cocok Untuk Kamu Jelajahi!

Wisata Religi Terbaru 2024 Makam Al Hadad Tegal--Youtube Qadkafani Majelis Nurul Lathif

Wisata terbaru 2024 religi di Tegal yang wajib kamu kunjungi saat bulan Ramadhan adalah Makam Ki Gede Sebayu. Letaknya berada di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Sekitar 100 meter ke utara dari lokasi Bendungan dan Jembatan Gantung Danawarih.

Area makamnya cukup luas, dan dikelilingi tembok putih yang cukup luas. Ciri khas dari makam ini adalah model  atap joglo dan dikelilingi tembok kaca ddengan ditutupi dengan tirai putih.

Ki Gede Sebayu merupakan pendiri Tegal, banyak jasanya dalam membangun Tegal baik dalam infrastruktur maupun sumber daya manusianya. Atas keberhasilannya ini pula,  Ingkang Sinuwun Kanjeng Panembahan Senopati Mataram mengangkat Ki Gede Sebayu sebagai juru Demang setingkat Tumenggung/ Bupati yang kemudian dijadikan sebagai hari jadi Kabupaten Tegal.

Atas jasanya, setiap hari jadi Kabupaten Tegal atau Kota Tegal, ziarah ke makam Ki Gede Sebayu jadi agaenda wajib. Banyak ASN, TNI, Polri, atau pejabat yang berziarah ke sini.

BACA JUGA : Jelang Ramadhan, Referensi Wisata Terbaru 2024 Jateng? Berziarah Makam Wali Hingga Masjid Agung!

3. Makam Amangkurat I

Tempat wisata terbaru 2024 religi yang wajib kamu kunjungi selanjutnya, adalah Makam Amangkurat I. Letaknya berada di desa Pesarean, Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Sunan Amangkurat I merupakan putra ke sepuluh dari Sultan Agung yang lahir pada tahun 1619. Mempunyai nama asli yaitu Raden Mas Sayidin.

Pada tahun 1645 beliau diangkat menjadi Raja mataram menggantikan ayahnya dan mendapat gelar Susuhunan Ing Alaga. Ketika dinobatkan secara resmi pada tahun 1646, gelarnya menjadi Kanjeng Susuhunan Prabu Amangkurat Agung.

Tempatnya terlihat rapih dan bersih, terkelola dengan baik, hal ini yang mengakibatkan makamnya tidak  seram. Dari luar, bangunan ini dikelilingi oleh tembok bata dengan luas sekitar 1,1 Ha.

Banyak peziarah dari luar kota yang menyempatkan untuk datang ke tempat wisata terbaru 2024 religi ini. Karena pemakaman ini tidak seperti sedang berkunjung ke pemakaman. 

BACA JUGA : Tujuan Rekreasi sebelum Ramadhan! 10 Wisata Terbaru 2024 di Boyolali, Salah Satunya Bisa Diakses Gratis

4. Makam Raden Mas Hanggawana

Wisata terbaru 2024 religi yang keempat adalah Makam Raden Mas Hanggawana. Terletak di Desa  Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Posisi makam Raden Mas Hanggawana tepat di belakang Masjid Kasepuhan Ki Ageng Anggawana. 

Makamnya sanagat sejuk dan asri karena banyak pohon-pohon besar. Makamnya dikelilingi dengan pagar batu bata setinggi kira-kira 120 cm dan dalam keadaan tertutup oleh bangunan beratapkan genting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: