Jelang Ramadhan, Referensi Wisata Terbaru 2024 Jateng? Berziarah Makam Wali Hingga Masjid Agung!

Jelang Ramadhan, Referensi Wisata Terbaru 2024 Jateng? Berziarah Makam Wali Hingga Masjid Agung!

Pesona Masjid Menara Kudus di Sore Hari-Pinterest : Mustika Cahaya Permata-

DISWAY JOGJA - Provinsi Jawa Tengah memiliki beragam destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, wisata religi hingga wisata sejarah dan lain-lain. Wisata terbaru 2024 religi menjadi salah satu pilihan kegiatan yang populer bagi masyarakat sekaligus untuk mengenang sejarah, yang cocok dikunjungi saat menjelang ramadhan maupun lebaran.

Banyak makam para mubalig yang menjadi saksi sejarah perkembangan agama Islam di Indonesia. Ada beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 religi yang populer di Jawa Tengah khususnya untuk umat Muslim.

Makam Syekh Maulana Maghribi di Kabupaten Batang

Syekh Maulana Magribi merupakan salah satu ulama yang menyebarkan Agama Islam di Jawa. Tokoh tersebut sudah ada sebelum kemunculan sekelompok ulama yang dikenal sebagai Wali Songo. Lokasi makam ini berada di Bukit Wonobodro yang berada di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.

Makam Syekh Subakir di Magelang

Syekh Subakir merupakan utusan Iran yang datang ke Jawa untuk menyebarkan Islam yang mendapatkan perintah itu dari Sultan Turki. Adapun wilayah penyebarannya berkisar di daerah Magelang dan sekitarnya.

Syekh Subakir akhirnya wafat dan dimakamkan di Gunung Tidar. Selain makam Syeh Subakir, Gunung Tidar sendiri juga memiliki makna khusus bagi masyarakat Jawa. Bukit yang berada di wisata terbaru 2024 Kota Magelang itu dipercaya sebagai pusatnya Pulau Jawa.

Makam RA Kartini di Kabupaten Rembang

RA Kartini dikenal sebagai salah satu pahlawan yang memperjuangkan kesetaraan gender di Indonesia. Hal itu membuat dia banyak dikagumi sehingga makamnya masih sering diziarahi hingga saat ini.

Wisata terbaru 2024 Makam RA Kartini terletak di Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Lokasinya berada di sebuah bukit yang berada di belakang Kantor Kecamatan Bulu.

Selain berkunjung ke para mubalig di Jawa Tengah, kamu juga bisa berkunjung ke masjid bersejarah loh. Nah dibawah ini ada beberapa rekomendasi masjid dengan keindahan dan kemegahannya yang ada di sekitar Jawa Tengah.

Masjid Agung Kauman Semarang

Wisata terbaru 2024 Masjid Agung Kauman juga termasuk masjid tertua di Indonesia, usianya yang hampir 3 abad ini juga menjadi saksi sejarah berdirinya kota Semarang. Masjid Agung Kauman Semarang dibangun oleh arsitek Jawa dan Persia, bernama Gakampiyan yang berasal dari Belanda.

Masjid Agung Kauman Semarang berada di Jalan Aloon-Aloon Bar Nomor 11, Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah

Wisata terbaru 2024 Masjid yang berada di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Banyak wisatawan datang untuk menyaksikan kemegahan Masjid Agung Semarang.

Tidak hanya itu, banyak wisatawan ingin melihat Kota Semarang melalui teropong yang ada di Menara Al-Husna. Bahkan, jika wisatawan datang saat sore hari dapat melihat pemandangan matahari tenggelam.

Masjid Agung Demak

Pembangunan masjid ini dilakukan pada abad ke-15 Masehi. Raden Patah saat itu memberi gambar bulus sebagai simbol pembangunannya.

Secara filosofis, gambar bulus ini menggambarkan tahun pembangunan Masjid Demak yaitu 1401 Saka. Dari segi arsitektur, Masjid Agung Demak mengusung gaya tradisional Jawa.

Atap masjid ini berbeda dari masjid lainnya, karena berbentuk limas dan bersusun tiga. Atapnya ini sarat akan makna tentang ajaran Islam, yaitu tentang Iman, Islam, dan Ihsan. Masjid ini berlokasi di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus dibangun salah satu walisongo bernama Sunan Kudus, pada 1549 Masehi. Wisatawan dapat mengunjungi Masjid Menara Kudus kapan pun, karena buka selama 24 jam.


Pesona Masjid Menara Kudus di Sore Hari-Pinterest : Mustika Cahaya Permata-

Masjid ini memiliki desain arsitektur yang unik antara perpaduan agama Islam dan Hindu. Lokasinya berada di Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Masjid Syekh Zayed

Masjid Syekh Zayed yang berada di kota Solo telah diresmikan pada bulan November 2022. Masjid megah ini dibangun di atas tanah seluas 8000 meter persegi dan merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA.

Wisata terbaru 2024 Masjid Sheikh Zayed dibangun dengan dua lantai dan dilengkapi empat menara serta satu kubah utama. Total, ada 82 kubah yang dihiasi batu pualam putih di Masjid Sheikh Zayed Solo.

Masjid yang bernuansakan warna emas dan putih ini mampu menampung hingga 10 ribu jamaah. Sedangkan, bangunan inti diperkirakan hanya mampu menampung 4 ribuan orang.

Dengan keberadaan rekomendasi wisata terbaru 2024 religi di Jawa Tengah ini, kita dapat memperluas wawasan serta mendalami ilmu agama dengan cara yang berbeda. Selain itu, pengalaman spiritual ini akan memberikan kenangan yang tak terlupakan. Selamat berlibur! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: