Menelusuri Keberagaman Budaya: Tradisi Seserahan Pernikahan Suku Suku di Indonesia, Penuh Makna dan Filosofi,

Menelusuri Keberagaman Budaya: Tradisi Seserahan Pernikahan Suku Suku di Indonesia, Penuh Makna dan Filosofi,

Tradisi Seserahan Pernikahan Suku Suku di Indonesia--

Barang bawaan seserahan Suku Dayak sangat unik dan beranekaragam. Seperti Emas, selendang dan juga Gelak Manik khas dayak yang wajib ada.

3. Seserahan Adat Batak

Suku Batak merupakan salah satu suku yang berada di Indonesia. Suku ini memiliki tradisi seserahan pernikahan yang sangat unik.

Dalam tradisi tersebut, menggambarkan keberanian, kekuatan dalam seserahan pernikahannya. Barang bawaan seserahan Suku Batak sangat beranekaragam.

BACA JUGA : Kepo Dengan Makna Uang Panai Suku Bugis? Simak Penjelasan Tradisi Seserahan Pernikahan Dari Sulawesi Selatan

Antara lain seperti Sianipar (tanduk kerbau), Kain Ulos, Tali dan lain sebagainya. Semua bawaan ini memiliki makna sendiri yang sangat mendalam.

Salah satunya adalah sianipar atau tanduk kerbau. Sianipar ini menjadi simbol dari kekuatan, dalam artian kelak pengantin dalam menghadapi rintangan kehidupan harus kuat untuk menghadapinya.

4. Seserahan Adat Bugis

Tradisi seserahan pernikahan Suku Bugis memiliki istilah Erang erang. Erang erang atau seserahan ini memiliki keunikan yang lain dari pada adat lainnya.

Dalam pelaksanaanya ada beberapa barang yang harus dibawa saat erang erang ini. Antara lain seperti sarung khas, kue tradisional dan uang panaik.

BACA JUGA : 12 Barang Yang Wajib Ada Untuk Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Jawa, Baca Ini Agar Tau Maknanya!

Bukan hanya itu saja, bunga, serta alat musik sejenis gendang atau gong pun tidak luput harus dibawa. Semua barang bawaan ini memiliki makna yang mendalam dan filosofi tersendiri.

5. Seserahan Adat Bali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: