Ini Dia Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Jawa Yang wajib Kamu Ketahui!

Ini Dia Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Jawa Yang wajib Kamu Ketahui!

Tradisi Seserahan Pernikahan--IDN Times

DISWAY JOGJA - Tradisi seserahan pernikahan adat Jawa ini cukup banyak. Namun, ada beberapa yang penting dan wajib kita ketahui.

Dan pernikahan bukan hanya sekedar pernikahan biasa. Bagi adat Jawa sendiri harus mempersiapkan tradisi seserahan pernikahan yang cukup baik, agar mereka juga dapat menilai dengan baik.

Tradisi seserahan pernikahan ini merupakan simbol tanggung jawab sebagai seorang suami. Seperti yang kita tahu, tugas dari sang suami adalah mencari nafkah, dalam arti dia harus siap.

Arti dari kata siap, berarti sang suami harus siap memberikan nafkah lahir batin kepada calon istrinya. Maka dari itu, perlu kita ketahui tradisi seserahan pernikahan apa saja yang ada di Jawa.

Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Jawa

1. Al - Quran dan Seperangkat Alat Salat

Tradisi seserahan pernikahan adat Jawa yang pertama adalah Al-Quran dan seperangkat alat salat. Ini merupakan bagian terpenting dalam pernikahan.

Tanpa kita sadari seperangkat alat salat memiliki makna yang cukup dalam yaitu membangun sebuah keluarga yang berpegang teguh pada agama. Kemudian, ini membuat kita menjadi ingat kepada Allah SWT.

Hal ini sudah menjadi tugas dari sang suami untuk membimbing istri menjadi orang yang taat pada agama. Setinggi tingginya ilmu seorang istri tetap saja ingin di bimbingan.

BACA JUGA : Tradisi Seserahan Pernikahan Dalam Adat Jawa? Cek Ulasan Lengkapnya Disini Yuk!

2. Perhiasan

Tradisi seserahan Pernikahan kali ini sudah jangan tanyakan lagi. Perhiasan harus wajib ada dalam pernikahan, siapa coba yang enggak mau perhiasan.

Perhiasan yang dapat kita pakai pun bisa berupa emas, mutiara, berlian san lainnya. Untuk mengenai hal ini bisa disepakati oleh kedua belah pihaknya nanti.

BACA JUGA : Warisan Budaya: Mengenal Tradisi Seserahan Pernikahan Jawa yang Terjaga dan Diwariskan, Simak Ulasan Berikut

3. Tas dan Alas Kaki

Selanjutnya yaitu ada tas dan alas kaki atau berupa sepatu. Hal ini sering banget di rekomendasikan, namun terkadang bagi hang tidak tahu tentang fashion agak ragu mau yang seperti apa.

Padahal ini perlu di diskusikan agar apa yang di inginkan sesuai dengan apa yang di dapatkan. Jadi perlu di perhatikan lagi dalam hal ini.

4. Pakaian

Dalam hal ini juga perlu dibicarakan dengan calon istri, dia sukanya pakaian apa dan model kayak apa. Dan juga jangan sampai calon istri tidak menyukai, maka dari itu pentinglah berdiskusi.

Mungkin jika memang menyangkut tentang sandang, memang harus dipertimbangkan dan diperhatikan. Karena jika salah bukan hanya mereka yang rugi, kita juga rugi.

5. Makanan Tradisional

Sudah pasti ini tidak boleh terlewatkan. Makanan tradisional adalah yang di nanti-nanti. Biasanya makanan tradisional lebih enak dari pada makanan yang lain.

Bahkan terkadang menurut orang Jawa lebih enak makan pakai tangan dibanding pakai sendok. Dan enggak kenapa dilihatnya emang sedap banget.


Makanan Tradisional--Merdeka.com

BACA JUGA : Tradisi Seserahan Pernikahan Adat Jawa: Setiap Barang Memiliki Arti yang Bermakna

Berikut beberapa tradisi seserahan pernikahan adat Jawa yang dapat kamu ketahui. Ini sangat penting bagi kita semua, karena siapa pun kamu harus siap untuk pernikahan nanti.

Pernikahan memang harus siap, dalam arti kamu siap atas segalanya. Karena terkadang kita juga harus jauh dari keluarga kita yang selalu bersama kita.

Itulah kenapa kita harus siap. Siap meninggalkan orang tua, siap meninggalkan saudara dan keluarga lainnya.

Namun, tidak apa-apa. Ada waktunya nanti bisa bertemu kembali dan bercanda ria sepuasnya.

Hal itulah terkadang yang membuat kita rindu, rindu banget yang akhirnya sulit dikatakan. Karena rindu biasanya selalu datang tanpa kita minta, dan pernah juga membuat kita menangis tiba-tiba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: