Mau Menikah Hemat di Bulan Ramadhan 2024? Ini Dia 3 Manfaat Pernikahan Saat Ramadhan 2024, Bisa Kamu Coba!

Mau Menikah Hemat di Bulan Ramadhan 2024? Ini Dia 3 Manfaat Pernikahan Saat Ramadhan 2024, Bisa Kamu Coba!

Tradisi Pernikahan 2024--Youtube

DISWAY JOGJA - Apa sih hukumnya menikah di bulan ramadhan? Apa bisa menikah di bulan ramadhan, yah jawabannya sangat bisa. Kamu bisa menikah di bulan ramadhan.

Lalu apa saja sih untuk tradisi menikah di bulan ramadhan? Apa ada perbedaan dengan menikah di bulan selain ramadhan.

Dalam ajaran Islam, menikah merupakan anjuran yang tercatat dalam Al-Qur'an dan hadits. Bahkan tidak ada larangan untuk menikah di bulan Ramadan, namun harus memperhatikan beberapa hal.

Di dalam agama Islam, menikah merupakan ibadah yang bisa mendatangkan pahala, selain itu menikah adalah untuk menyempurnakan agama. 

BACA JUGA : Simak Yuk! 7 Seserahan Pernikahan Unik Adat Jawa: dari Pakaian Hingga Makanan, Semua Punya Makna!

Salah satu tokoh muslim terkenal di Indonesai Quraish Shihab berpendapat  : bahwa pada dasarnya tidak ada larangan agama menikah pada bulan Ramadan. Adapun larangannya adalah bersetubuh di siang hari pada bulan Ramadan, kalau ini bisa membatalkan puasa sobat.

Pendapat yang dikemukakan Quraish Shihab yang juga cendikiawan muslim Indonesia ini ada di bukunya M. Quraish Shihab Menjawab 1001 Soal Keislaman. Kamu bisa baca penjelasan lengkapnya, jika menemui buku ini.

Jika kamu ingin menikah di bulan ramadhan tahun 2024, kamu bisa saja, akan tetapi jangan memadu kasih saat sedang berpuasa. Sebagai sepasang suami istri, maka sudah sewajarnya berbagi kasih, karena dikhawatirkan akan membatalkan puasa, terdapat beberapa dalil yang menjelaskan tentang hal tersebut.

Berikut mimin rangkum 3 manfaat menikah di bulan Ramadhan 2024, yang penting bisa menahan diri dulu yah sobat.

1. Hemat dalam Biaya

Menikah di bulan Ramadhan 2024 dapat dikatakan, kamu bisa berhemat dan dapat menekan angka biaya loh. Kamu tidak perlu memikirkan catering makanan atau hiburan musik yang berlebihan.

Kaalaupun kamu ingin mengadakan makan-makan bisa diadakan setelah tarawih saja. Kamu tinggal membuat tasyakuran walmah ursy saja, gak usah repot kan.

Kamu tidak perlu menyiapkan makanan yang sangat banyak karena biasanya tamu-tamu yang hadir sudah makan terlebih dahulu saat berbuka puasa. Kamu bisa membuat pernikahanmu sederhana, namun tetap sakral. 

BACA JUGA : Penuh Makna : Seserahan Pernikahan Adat Jawa Yang Wajib Ada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: