12 Rekomendasi Makanan Khas Betawi! Wisata Terbaru 2024 Kuliner Terpopuler dan Legendaris, Wajib Dicoba!

12 Rekomendasi Makanan Khas Betawi! Wisata Terbaru 2024 Kuliner Terpopuler dan Legendaris, Wajib Dicoba!

Proses pembuatan kerak telor khas Betawi-instagram @henjiwong-

DISWAY JOGJA - Selain budayanya yang menarik, Betawi juga memiliki banyak makanan khas nya yang terkenal dengan kelezatannya. Betawi merupakan sebutan untuk suku asli Kota Jakarta. Wisata terbaru 2024 Kuliner Betawi, dipengaruhi budaya Cina, Eropa, dan Arab, sehingga memberikan rasa gurih dan sedap.

Berikut ini 12 rekomendasi wisata terbaru 2024 kuliner khas Betawi yang populer dan legendaris, wajib kamu coba :

1. Soto Betawi

 

Soto betawi merupakan kuliner khas Betawi yang terbuat darianeka jeroan sapi  maupun daging ayam yang dipadu dengan kuah santan, tomat, kentang, dan berbagai macam bumbu. Soto Betawi memiliki rasa gurih yang berbeda dengan soto lainnya.

2. Kerak Telor

Wisata terbaru 2024 kuliner Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang sangat legendaris. Makanan ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Terbuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan putih, ebi yang disangrai hingga menyerupai abon, lalu ditambah bawang goreng dan diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai.

3. Nasi Uduk

Nasi Uduk merupakan makanan khas Betawi. Cara masaknya yaitu diaron dengan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai lalu dikukus sampai matang. Rasanya gurih dan memiliki aroma yang khas. Nasi uduk biasa dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar, dan abon kering, tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun serta sambal kacang.

4. Semur Jengkol

Wisata terbaru 2024 Semur Jengkol merupakan salah satu makanan khas Betawi yang sangat populer. Masakan ini dimasak dengan jengkol yang memiliki rasa pahit, namun setelah dimasak dengan bumbu dan rempah, semur jengkol ini menjadi sangat lezat.

5. Asinan Betawi

Asinan Betawi merupakan campuran dari sawi, kol, tauge, tahu putih dan selada yang ditaburi dengan kacang tanah goreng, lau disiram dengan kuah bumbu kacang, serta dicampuri cabai dan cuka dengan kerupk mie besar berwarna kuning.

6. Roti Buaya

Wisata terbaru 2024 Roti Buaya biasa disajikan di acara pernikahan atau lamaran di pernikahan adat Betawi yang dibawa pengantin laki-laki dan diberikan kepada pengantin wanita. Ini menjadi simbol kesetiaan bagi pengantin laki-laki. Roti ini memiliki rasanya manis dan teksturnya empuk. 

7. Lontong Sayur

Lontong Sayur ini dijadikan sebagai menu wajib oleh masyarakat Betawi pada saat idul fitri. Terdiri dari Lontong, labu siam, dan kuah santan rempah. Biasanya dilengkapi dengan sambal dan kerupuk.

8. Kue Cucur

Wisata terbaru 2024 Kue Cucur merupakan salah satu kue tradisional khas Betawi. Kue ini biasanya dihidangkan di acara adat Betawi sebagai hidangan penutup . Kue cucur ini berbahan dasar beras dan gula merah yang dimasak dengan cara digoreng. Rasanya manis dengan tekstur lembut di bagian tengahnya, serta renyah di bagian pinggirnya. Kamu bisa menikmatinya dengan parutan keju atau lelehan coklat.

9. Sayur Besan

Sesuai dengan namanya, sayur ini dapat kamu jumpai diacara pernikahan atau besanan. Terbuat dari bahan-bahan seperti  jagung muda, labu siam, dan daun singkong yang di rebus dalam santan dengan tambahan bumbu rempah, sehingga memiliki cita rasa gurih dan manis

10. Soto Tangkar

Soto Tangkar merupakan makanan khas Betawi. Kata “Tangkar” berasal dari bahasa Betawi yang memiliki arti “iga sapi”. Bahan utama dari soto ini yaitu iga sapi direbus yang dibumbui dengan campuran rempah seperti kunyit, lada, daun sereh, daun salam, dan santan. Makanan khas Betawi ini mucul sejak zaman Belanda.

11. Kue Pancong

Kue pancong merupakan kue tradisional khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar. Biasanya masyarakat menikmati kue ini dengan menaburi  kelapa dan gula pasir di atasnya.

12. Gado-gado Betawi

Gado-gado Betawi merupakan makanan tradisional khas Betawi. Gado-gado ini Terbuat dari berbagai jenis sayur yang di rebus bersama kentang, tahu, tempe dan telur yang disiram dengan bumbu kacang dan taburan kerupuk.

Itulah beberapa wisata terbaru 2024 makanan khas Betawi yang dapat kalian coba. Selamat menikmati! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: