Ini Daftar Barang yang Harus Ada di Seserahan, Calon Pengantin Wajib Tahu!

Ini Daftar Barang yang Harus Ada di Seserahan, Calon Pengantin Wajib Tahu!

--

DISWAY JOGJA Kamu sedang mempersiapkan pernikahan? Kalau iya, jangan lupa persiapkan barang-barang yang nantinya akan dijadikan isi seserahan pernikahan.

Jika masih bingung, artikel ini cocok untuk kamu yang kebingungan memilih barang apa saja yang akan kamu beli untuk seserahanmu. Simak uraian lengkapnya berikut ini!

1. Perlengkapan Sholat atau Ibadah

Barang pertama yang harus ada di Seserahan Pernikahan adalah Alat Ibadah. Dalam semua agama, pernikahan adalah salah satu wujud niat beribadah kepada Tuhan yang Maha Esa.

Dalam agama Islam contohnya, menikah itu akan melengkapi sebagian agama seseorang. Jadi alat ibadah seperti :

Mukenah

Sajadah

Kitab Suci Al Qur’an

Tasbih

Barang-barang di atas wajib banget jadi seserahan pernikahan kamu. Agar sama-sama lebih mendekatkan diri kepada Tuhan setelah menikah nanti.

2. Make Up

Wah ini nih yang kontroversional. Kenapa begitu, ya? Karena biasanya laki-laki itu suka dengan perempuan yang cantik, jago dandan, make up nya bagus, dan elegan. Berasa bangga banget deh buat diajak kondangan.

Tapi rata-rata laki-laki itu nggak tau kalau harga make up lumayan mahal. Apalagi make up dengan kualitas bagus itu, memang mahal banget.

Ditambah lagi make up itu banyak jenisnya mulai dari :

Foundation

Bedak

Eyeliner

Eyeshadow

Mascara

Pensil alis

Concealer

Shading

Highliter

Blush on

Lip tint

Lip cream

Lip matte

Lip liner

Face spray

Brush make up, dan masih banyak lagi.

Nah, jadi bagi kalian para calon suami jangan kaget kalau tahu harga make up nanti. Pas calon istri mengajak ke counter make up jangan sampai mengeluarkan kalimat “Aku suka kamu yang natural kok sayang. Jadi gak usah macem-macem ya make up nya”, kalo nggak mau calon istrimu ngambek 7 hari 7 malam.

3. Skincare Wajah

Perempuan mana yang ingin tampil cantik? Kebanyakan perempuan pasti akan mencari berbagai macam cara agar dirinya bisa terlihat cantik bak seorang ratu atau putri.

Nah untuk mempunyai wajah yang glowing, kalian harus membeli rincian skincare berikut ini:

Facial wash

Scrub

Micellar water

Milk cleanser

Toner

Essence

Serum

Masker

Day cream

Night cream

Eye cream

Moisturizer

Sunscreen

dan lain lain

Kamu bisa beli serangkaian perawatan wajah yang biasa dipakai sama calon istri kamu atau ajak saja dia belanja langsung agar tidak salah beli. Karena tujuannya agar terpakai sama istrimu kelak sehingga istrimu akan cantik setiap saat.

Kalau gak mau bingung kamu bisa cari paket seserahan saja. Biasanya sudah ada skincare khusus seserahan yang dalam bentuk paket. Siapa tahu harganya jadi lebih murah.

4. Skincare Tubuh dan Rambut

Memiliki tubuh yang mulus, putih, bersih, bibir merah merona dan rambut berkilau adalah dambaan setiap perempuan.

Tapi bukan cuma dambaan perempuan, justru laki laki yang mendambakan.. upsss hehe maka dari itu langsung gih ajak calon istrimu belanja :

Lulur

Hand and body cream

Lip therapy

Minyak zaitun

Hair vitamin

dan lain sebagainya.

Selagi masih batas wajar, biarin aja dia milih produk yang dia suka, karna itu bakal terpakai nantinya.. toh hasilnya buat kamu juga hihi.

5. Toiletries / Perlengkapan Mandi

Barang barang ini adalah kebutuhan primer setiap orang yang akan bersih-bersih tubuh alias mandi. Berikut ini daftarnya :

Handuk

Sabun mandi

Shampoo

Pasta gigi

Sikat gigi

Conditioner

dan lain lain.

Karena kalau urusan mandi, notabene nya perempuan pasti bakal betah berlama-lama di kamar mandi apalagi kalau pakai produk favoritnya dan sambil berendam pula.

Silahkan mulai tanya produk apa yang biasa calon istrimu pakai atau langsung saja boyong dia ke supermarket. Mudah kan?

6. Baju

Karena menikah itu berarti akan menafkahi sandang, pangan dan papan, maka dari itu biasanya baju akan menjadi salah satu simbol nafkah sandang yang akan calon suami berikan kepada calon istri.

Baju juga mempunyai makna, bahwa setelah rumah tangga kelak, istri itu diibaratkan sebagai pakaian sang suami, dengan kata lain sang istri harus bisa menutupi kekurangan suaminya. Biasanya baju yang dibawa sebagai seserahan adalah baju yang identik atau sering dipakai oleh calon istri.

Nah, agar sesuai dengan pilihan calon istrimu, sekarang silakan ajak calon istri beli baju yang dia sukai untuk mengisi kotak seserahan nanti.

7. Underwear

Barang yang satu ini mungkin sedikit sensitif. Apalagi kalau harus membeli sendiri, jarang sekali laki-laki yang berani beli tanpa ada rasa malu. Lebih baik kalian langsung kasih uangnya ke calon istri, agar dia beli sesuai dengan ukuran dan motif yang inginkannya.

Ada sebagian calon pengantin perempuan yang ingin underwear dimasukkan kedalam kotak seserahan, tetapi ada juga yang tidak mau karna malu. Semuanya tergantung keinginan masing masing ya.

Tapi kalau kalian termasuk yang ingin, underwearnya bisa diakali dengan cara dihias selucu mungkin dengan berbagai bentuk agar tidak terlalu menyerupai underwear yang sesungguhnya.

8. Tas

Tas cukup identik dengan perempuan. Tas biasanya menjadi salah satu barang yang wajib dibawa karena tas berguna untuk membawa printilanc perempuan yang cukup banyak.

Biasanya tas yang cocok dijadikan seserahan adalah tas main dan tas kerja. Tas perempuan banyak banget merk nya, belum lagi harganya yang sangat bervariasi.

Jadi, buat kalian para calon suami, daripada repot-repot beli tas sendirian, kebingungan, mending tanya atau ajak langsung aja calon istrimu beli tas yang dia sukai agar kelak tas itu bakal dia pakai.

Pasti bakal seneng banget deh kalau tas yang kamu berikan sebagai seserahan di hari pernikahan itu digunakan terus sama istrimu setiap hari.

9. Sepatu

Tidak beda jauh dengan tas, sepatu juga menjadi salah satu barang krusial bagi perempuan. Kalau urusan milih sepatu yang cocok dan nyaman pokoknya perempuan sedikit lebih ribet dan gak akan asal-asalan.

Apalagi sepatu yang dijadikan seserahan itu biasanya sepatu pesta yang berhak, setiap perempuan punya kriteria sendiri model hak seperti apa yang dia suka dan berapa centimeter tinggi hak yang dia nyaman pakai.

Kalau laki laki pasti akan sulit mengerti deh, sudah pusing duluan yang ada. Jadi, lebih baik kamu ajak langsung calon istrimu ke toko sepatu dan kamu tinggal mengeluarkan kartu debit.

10. Parfum

Siapa yang tidak suka dengan keharuman? Semua orang pasti nyaman jika berada di tempat yang wangi atau dekat orang yang wangi.

Parfum memang sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang mempunyai selera wangi yang berbeda-beda.

Ada yang lebih suka wangi bunga, ada juga yang lebih suka wangi buah- buahan. Jika saat ini ada tren cocok-cocokan dengan parfum merk tertentu, biasanya setiap orang sudah mempunyai brand favoritnya sendiri.

11. Jam Tangan

Jam tangan sudah menjadi salah satu aksesoris yang penting bagi banyak orang untuk kehidupan sehari hari. Melihat jam tangan bisa membuat kita lebih merencanakan sesuatu. Seperti kamu yang sedang merencanakan membuat list seserahan, jam tangan bisa jadi salah satu barang yang kamu bawa nanti.

Jam tangan perempuan biasanya identik dengan ukurannya yang kecil, modis dan elegan. Namun kembali lagi kepada selera masing masing. Kamu bisa langsung saja ajak calon istrimu membeli jam tangan kesukaannya.

12. Perhiasan

Sebuah simbol keseriusan, biasanya perhiasan identik dengan itu ya.

Perhiasan yang biasanya dibawa untuk seserahan adalah set perhiasan lengkap seperti kalung, cincin, anting dan gelang. Tapi semuanya balik lagi ke pasangan masing masing, gak perlu set lengkap juga tidak masalah kok, yang penting pernikahan kalian sah dan berkah.

Nah untuk para calon suami yang ingin perhiasan menjadi salah satu bawaan seserahan di acara pernikahan nanti, jaman sekarang sudah banyak kotak perhiasan yang lucu dan cantik, yang pasti bikin calon istrimu kesemsem lihatnya.

13. Snack dan Kue

Kalau snack dan kue biasanya banyak dari keluarga calon mempelai pria akan dengan bangga membawa kue tradisional khas daerahnya agar sedikit mengenalkan budaya mereka kepada keluarga sang calon istri.

Ya itu berlaku kalau yang menikah beda budaya ya.. hehe tapi karna sekarang jaman serba praktis, bawa aneka kue bolu yang dijual di toko toko kue dan membawa snack seperti kue soes, pastel, risoles, lemper, dadar gulung dan lain lain bisa jadi pilihanmu untuk dibawa menjadi seserahan pernikahan nanti.

14. Buah-buahan

Selanjutnya adalah buah-buahan. Hal yang wajar jika kita berkunjung kemanapun, buah-buahan pasti akan selalu jadi pilihan terbaik untuk buah tangan, apalagi di acara pernikahan.

Seserahan yang isinya aneka buah sudah wajib diboyong dari rumah. Biasanya buah buahan yang dibawa itu yang mudah dibeli seperti pisang, apel, jeruk, anggur, melon dan lengkeng, atau kalau sedang musimnya bisa juga membawa mangga, manggis, rambutan atau bahkan durian.

15. Bumbu dapur

Meski terkesan aneh, namun unik juga kalau salah satu dari kotak seserahan pernikahan kamu isinya adalah bumbu dapur. Seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, daun salam, sereh, merica, ketumbar, kemiri, asem jawa, gula aren, dan juga penyedap rasa.

Masyarakat sunda biasanya menganggap bumbu dapur sebagai simbol pengingat bahwa rumah tangga yang akan dijalani kelak akan ada berbagai bumbu dan rasa, ada momen manis, pahit, suka, duka yang harus berpadu bersama sehingga rumah tangga akan menjadi nikmat dan bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: