Manfaat Bengkoang Dapat Memutihkan Kulit Wajah? Begini Cara Mudah Membuat Masker Bengkoang!

Manfaat Bengkoang Dapat Memutihkan Kulit Wajah? Begini Cara Mudah Membuat Masker Bengkoang!

Manfaat Bengkoang -instagram @makanbuwah_-

DISWAY JOGJA - Cara memutihkan kulit wajah tidak selalu harus dengan cara yang mahal. Kamu bisa melakukannya dengan perawatan sederhana menggunakan bahan alami, seperti menggunakan masker bengkoang.

Masker bengkoang dapat memutihkan kulit wajah, menjadikan kulit lebih cerah dan bersih bersinar. Masker bengkoang juga dapat menyerap minyak di wajah dan melembapkan kulit wajah, sehingga kulit lebih segar dan lembut.

Cara membuat masker bengkoang sangat mudah, kamu pasti bisa melakukannya sendiri di rumah. Cukup lakukan secara rutin, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang putih, bersih dan cerah.

Bengkoang memiliki banyak vitamin yang bermanfaat bagi kulit wajah, mulai dari vitamin E, vitamin C, tiamin, riboflavin, hingga antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Berikut manfaat bengkoang untuk kulit wajah dan cara membuat masker bengkoang.

Manfaat Bengkoang untuk kulit wajah :

1. Mencerahkan Wajah

BACA JUGA : 9 Manfaat Masker Bengkoang untuk Memutihkan dan Mencerahkan Kulit Serta Cara Membuatnya? Dijamin Mudah & Murah

Bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya infeksi kulit akibat paparan radikal bebas. Bengkoang juga dapat menurunkan produksi melanin sehingga membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

2. Mengatasi  Jerawat dan Flek Hitam

Bengkoang memiliki vitamin C yang membantu menghilangkan bintik halus di kulit wajah akibat jerawat. Kandungan vitamin E dalam bengkoang juga bisa mengurangi inflamasi untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan membantu menetralisir jerawat. Terdapat kandungan vitamin A dan senyawa betakaroten sebagai antioksidan berfungsi menyamarkan flek hitam di wajah.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Bengkoang memiliki banyak kandungan air. Air yang terkandung dalam bengkoang, mampu menetralkan kulit sehingga kulit wajah menjadi lebih lembab. Selain itu, nutrisi tersebut juga berkhasiat untuk menghidrasi kulit kering sehingga kulit wajah tampak lebih segar dan lembap.

4. Mencegah Penuaan Dini

Bengkoang memiliki antioksidan yang tinggi dan dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Antioksidan ini berguna untuk menangkal radikal bebas. Penuaan dini terjadi karena wajah selalu terkena radiasi dari sinar UV serta paparan dari radikal bebas sehingga kulit wajah terlihat kusam. Selain itu, vitamin C pada bengkoang juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

5. Meningkatan Produksi Kolagen

Bengkoang memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. Kandungan ini dapat meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan bisa menjaga elastisitas kulit wajah. Selain itu, produksi kolagen yang meningkat juga dapat membuat kulit wajah menjadi kenyal, bebas keriput, dan tampak awet muda.

BACA JUGA : Tips Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami dan Cepat? Hanya Butuh Waktu 1 Minggu!

6. Mengangkat sel kulit mati

Bengkoang memiliki kandungan yang baik untuk memutihkan kulit wajah, salah satunya bisa gunakan bengkoang sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati yaitu dengan menggunakan ampas bengkoang.

Cara membuat masker bengkoang : 

1.      Siapkan bengkoang yang putih dan segar. Kupas dan cuci bengkoang hingga bersih. Kemudian potong bengkoang menjadi dadu kecil-kecil.

2.      Haluskan bengkoang yang sudah dipotong kecil-kecil menggunakan blender. Jika perlu, tambahkan sedikit air hangat untuk memudahkan proses blender.

3.      Setelah bengkoang halus, saring menggunakan kain bersih untuk mendapatkan air bengkoang murni. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit untuk menghasilkan sari bengkoang.

4.      Setelah itu, pisahkan air dengan sari bengkoang, kita akan menggunakan sari bengkoang untuk masker wajah. Kamu juga bisa menambahkan madu atau air jeruk nipis ke dalam sari bengkoang.

5.      Aduk hingga rata dengan menggunakan sendok atau spatula. Pastikan semua bahan tercampur secara merata.

6.      Sebelum mengaplikasikan masker bengkoang, bersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini akan membantu memaksimalkan penyerapan masker oleh kulit.

7.      Oleskan masker bengkoang secara merata ke seluruh wajah, hindari area mata dan bibir. Diamkan masker selama kurang lebih 15-20 menit hingga masker mengering.

8.       Setelah masker mengering, bilas wajah sampai bersih tanpa sisa masker bengkoang dengan air hangat. Gunakan tangan atau kain lembut untuk membersihkan wajah dengan gerakan melingkar.

BACA JUGA : Mengagumkan! Simak 10 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kecantikan Kulit Wajah, Cara Mudah Bikin Glowing Kulitmu

9.      Keringkan wajah dengan menepuk-nepuk menggunakan handuk bersih atau tissue. Hindari menggosok wajah dengan kasar.

Cukup mudah kan cara membuat masker bengkoang? Tunggu apalagi? Yuk mulai perawatan kulit wajah kamu dari hal yang sederhana. Untuk hasil maksimal, gunakan masker bengkoang ini secara rutin minimal 2 kali seminggu. Semoga bermanfaat, selamat mencoba ! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: