Ternyata Daun Mengkudu Memiliki Banyak Khasiat, Ini dia 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

Ternyata Daun Mengkudu Memiliki Banyak Khasiat, Ini dia 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

Manfaat Daun Mengkudu bagi Kesehatan--

DISWAY JOGJA- Daun mengkudu memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena terdapat kandungan berbagai zat anti kanker yang berfungsi untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh.

Daun mengkudu tumbuh berselang-seling pada batang pohon yang tingginya mencapai 10 meter. Rasanya yang pahit dan tajam serta memiliki bau seperti amonia saat dipoting-potong.

Meskipun rasanya pahit, namun daun mengkudu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh sehingga baik apabila dikonsumsi. Biasanya tanaman ini diolah dan dijadikan dalam bentuk ekstrak teh dan bahan makanan.

Artikel ini akan membahas terkait manfaat daun mengkudu yang baik untuk kesehatan tubuh. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA : 6 Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dapat Menghilangkan Jerawat juga lho!

Beberapa manfaat daun mengkudu bagi kesehatan diantaranya:

1. Mencegah dan Menyembuhkan Peradangan

Manfaat pertama dari daun mengkudu yaitu dapat mencegah dan menyembuhkan peradangan. Hal ini karena adanya kandungan senyawa yang bersifat antiinflamasi.

Kandungan ini dapat membantu menyembuhkan peradangan yang terjadi di dalam dan luar tubuh. Antiinflamasi yang terdapat di dalam daun mengkudu mampu mempercepat penyembuhan luka, membuat luka lebih cepat kering, mengatasi nyeri dan membunuh virus atau bakteri yang terdapat pada luka.

2. Memiliki Efek Anti Tuberkulosis (TB)

Menurut Penelitian Morinda citrifolia (Noni): A comprehensive review on its industrial uses, pharmacological activities, and clinical trials yang terbit pada Arabian Journal of Chemistry menemukan, ektrak etanol dan mengkudu memiliki aktivitas antituberkolosisi dalam kultur Mycobacterium tuberkulosis.

Dalam studi juga menjelaskan khasiat ini yang berasal dari senyawa E-Fitol yang merupakan campuran ketosteroid dan epidiosisterol. Tanaman ini mampu mencegah penyakit TB sebesar 89% hingga 95%.

BACA JUGA : Lakukan 6 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anda

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Khasiat dari daun mengkudu salah satunya yaitu untuk mencegah kenaikan berat badan. Dalam studi ilmiah yang meneliti pengaruh ekstrak daun pada diet tinggi lemak yang menginduksi dislipidemia.

Dislipidemia merupakan gangguan dalam metabolisme lipid (lemak) dalam tubuh, yang mengakibatkan ketidakseimbangan dalam kadar lemak darah, seperti kolesterol dan trigliserida.

Jadi, menginduksi dislipidemia berarti menyebabkan perubahan paptologis dalam profil lipid seseorang, seperti peningkatan kolesterol jahat (LDL) atau trigliserida, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun diberikan secara oral dengan dosisi 1000 mg/kg, bersamaan dengan diet aterogenik, dapat mencegah peningkatkan kadar serum kolesterol total, trigliserida, kolesterol jahat, indeks anterogenik, dan glukosa.

4. Menurunkan Potensi Penyakit Kronis

Daun Mengkudu dinilai efektif menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan sakit jantung. Manfaat ini berasal dari kandungan polyphenols yang bekerja dengan mengurangi stres oksidatif.

Stres oksidatif sendiri merupakan kondisi saat tubuh mengalami ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas, atau spesies oksigen reaktif (ROS) dalam tubuh.

ROS ini merupakan molekul yang sangat reaktif dan dapat merusak sel-sel serta jaringan dalam tubuh. Jika dibiarkan, kondisi tersebut yang kerap menyebabkan peningkatan risiko penyekit kronis.

BACA JUGA : 7 Penyebab Rambut Rontok dan Tips Menguranginya

5. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya dari daun mengkudu yaitu dapat mengontrol tekanan darah. Hal ini karena adanya kandungan berbagai senyawa aktif, termasuk alkaloid, flavonoid, dan polifenol, yang bersifat antihipertensi.

Cara kerjanya dengan membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi resistensi pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi daun mengkudu dapat menjadi solusi bagi Anda untuk membantu mengatasi jerawat.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa mengonsumsi air rebusannya guna menjaga hidrasi dan kelembapan kulit. Kandungan antioksidan dalam daun mengkudu juga dapat mencegah efek radikal bebas di kulit akibat polusi, UV dan kotoran.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat terakhir dari daun mengkudu ini yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. hal ini disebabkan adanya kandungan senyawa aktif di dalamnya. Senyawa tersebut dapat memantu menjaga elastisitas pembuluh darah, yang dapat melancarkan peredaran darah, sehingga risiko penyakit jantung akan menurun.

BACA JUGA : 5 Manfaat Daun Cincau Hijau Bagi Kesehatan, Rasanya Enak dan Harganya Murah Meriah!

Itulah beberapa manfaat dari daun mengkudu yang baik bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba. (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: