Lakukan 6 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anda

Lakukan 6 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anda

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut--

DISWAY JOGJA- Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena dengan gigi dan mulut kita bisa makan, minum, berbicara, dan masih banyak lagi.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut akan membuat keduanya tetap sehat dan terhindar dari kerusakan gigi dan penyakit mulut. Hal ini akan membantu kamu meningkatkan kepercayaan diri dan membantu menikmati makanan dengan nyaman.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat terhindar dari beberapa penyakit sistematik, seperti diabetis dan penyakit jantung  yang bisa membaik dengan kesehatan gigi yang baik.

Artikel ini akan membahas terkait cara menjaga kesehatan dengan mudah dan benar. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:11 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok di Kepala

Beberapa cara merawat gigi dan mulut yang bisa kamu lakukan agar tetap terjaga dengan sehat dan kuat.

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, yaitu dengan rutin sikat gigi paling tidak dua kali sehari. 

Pastikan untuk Kamu menyikat gigi dengan baik dan tidak terburu-buru. Sikatlah gigi denagn lembut dengan gerakan melingkar bolak-balik untuk menghilangkan plak. Plak yang tidak dibersihkan bisa mengeras dan menyebabkan penumpukan karang dan gigivitas (penyakit gusi dini).

Jangan lupa untuk menyikat lagian luar, dalam, dan permukaan gigi kamu yang sering digunakan untuk mengunyah. Sehingga tidak ada sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi.

2. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Pasta gigi yang mengandung fluoride sangat direkomendasikan sebagai pasta gigi. Hal ini karena fluoride adalah pertahanan utama terhadap kerusakan gigi.

Kandungan ini mempu melawan kuman yang bisa menyebabkan pembususkan serta memberikan penghalang pelindung untuk gigi kamu. Sehingga gigi tetap terjaga dari kuman penyebab kerusakan.

BACA JUGA:7 Penyebab Rambut Rontok dan Tips Menguranginya

3. Bersihkan Lidah

Pada saat membersihkan gigi, jangan lupa juga untuk membersihkan lidah dengan sikat gigi atau pembersih lidah. 

Hal ini dikarenakan plak yang juga bisa menumpuk di lidah. Apabila tidak dibersihkan, maka hal ini dapat menyebabkan bau mulut dan juga masalah kesehatan mulut lainnya.

4. Berkumur dengan Obat Kumur

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan berkumur menggunakan obat kumur. Cairan dalam obat kumur dapat berkerja dalam tiga cara, yaitu mengurangi jumlah asam di mulut, membersihkan area yang sulit disikat di dalam dan sekitar gusi, dan mengembalikan miniralisasi gigi.

5.  Minum Banyak Air

Minum banyak air putih menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan gigi dan mulut.

Minum banyak air dapat membantu menghilangkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket dan asam.

6. Kunjungi Dokter Gigi 6 Bulan Sekali

Meskipun sudah menyikat gigi secara rutin, cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengunjungi dokter gigi dalam 6 bulan sekali. 

Dokter gigi tidak hanya membantu kita untuk menghilangkan karang gigi dan mencari gigi berlubang, namun juga dapat menemukan masalah potensial dan memberikan solusi perawatan.

BACA JUGA:6 Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Dapat Menghilangkan Jerawat juga lho!

Itulah beberapa cara mudah dan tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: