Benarkah Kulit Manggis Ampuh Memutihkan Kulit? Cek Faktanya Disini!

Benarkah Kulit Manggis Ampuh Memutihkan Kulit? Cek Faktanya Disini!

Memutihkan kulit alami-Pinterest-

DISWAY JOGJASiapa sih yang gak pengen punya kulit putih bersih? Di Indonesia, standar kecantikan identik dengan kulit putih, dan banyak orang rela melakukan berbagai cara untuk memutihkan kulit.

Salah satu bahan alami yang sering digembar-gemborkan sebagai pemutih kulit adalah kulit manggis. Biasanya kulit manggis dijadikan ekstrak terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke dalam kulit wajah untuk membantu proses memutihkan kulit.

Kulit manggis mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi, yang bisa membantu membantu memutihkan kulit dan memudarkan flek hitam. Tapi, benarkah klaim tersebut? Yuk, kita cek faktanya!

BACA JUGA : Lagi Viral! Begini 8 Cara Memutihkan Kulit dengan Sabun Kojie San, Sudah Banyak yang Berhasil Nih

Kandungan kulit manggis

Kulit manggis memang kaya akan antioksidan, seperti xanthone, flavonoid, dan tanin. Antioksidan ini berperan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Selain itu, kulit manggis juga mengandung vitamin C yang berperan dalam produksi kolagen dan elastin, sehingga dapat menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

Manfaat kulit manggis untuk kulit

Berdasarkan penelitian, beberapa manfaat kulit manggis untuk kulit antara lain:

1.   Mencerahkan kulit: Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam kulit manggis dapat membantu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam.

2.   Menangkal radikal bebas: Antioksidan dalam kulit manggis dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

3.   Mencegah jerawat: Kandungan antibakteri dalam kulit manggis dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

4.   Mengurangi peradangan: Kandungan antiinflamasi dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, seperti kemerahan dan bengkak.

BACA JUGA : Tahukah Anda, Madu Bisa Untuk Maskeran? Ini Dia 7 Manfaat Masker Madu untuk Kecantikan Kulit Wajah Cek Disini!

Meskipun kulit manggis memiliki banyak manfaat untuk kulit, belum ada bukti ilmiah yang kuat yang menunjukkan bahwa kulit manggis dapat memutihkan kulit secara signifikan.

Memutihkan kulit membutuhkan proses yang kompleks dan tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan bahan alami. Faktor-faktor seperti genetik, paparan sinar matahari, dan gaya hidup juga berperan penting dalam menentukan warna kulit.

Berikut ini cara pengolahan kulit manggis yang dapat teman-teman lakukan dirumah:

1.   Masker wajah: Rebus kulit manggis dengan air hingga mendidih. Tunggu air rebusan dingin, kemudian saring dan gunakan sebagai masker wajah.

2.   Toner wajah: Campurkan air rebusan kulit manggis dengan air mawar dan simpan dalam botol semprot. Gunakan sebagai toner wajah setelah membersihkan wajah.

3.   Jus kulit manggis: Blender kulit manggis dengan air dan madu. Minum jus kulit manggis secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya dari dalam tubuh.

BACA JUGA : 9 Manfaat Masker Bengkoang untuk Memutihkan dan Mencerahkan Kulit Serta Cara Membuatnya? Dijamin Mudah & Murah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat membantu menghambat produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit.

Selain itu, ekstrak kulit manggis dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Serta ekstrak kulit manggis dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang membuat kulit kenyal dan kencang.

Tips aman menggunakan kulit manggis

Sebelum menggunakan kulit manggis untuk wajah, alangkah lebih baiknya dilakukan tes alergi terlebih dahulu. Oleskan sedikit air rebusan kulit manggis pada bagian belakang telinga dan tunggu selama 24 jam.

Jika tidak ada reaksi alergi, seperti kemerahan atau gatal, maka aman digunakan pada wajah. Hindari penggunaan kulit manggis secara berlebihan, karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Kulit manggis memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Diantaranya seperti memutihkan kulit, menangkal radikal bebas, dan mencegah jerawat.

Namun, belum ada bukti ilmiah yang kuat yang menunjukkan bahwa kulit manggis dapat memutihkan kulit secara signifikan. Jika ingin mendapatkan kulit putih, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: