Uniknya Wisata Terbaru 2024 Religi, Masjid Agung Surabaya Memiliki Kubah Bagai Telur

Uniknya Wisata Terbaru 2024 Religi, Masjid Agung Surabaya Memiliki Kubah Bagai Telur

Masjid Agung Surabaya--nadiamurad

Disway Jogja - Jawa Timur memiliki penduduk sekitar 35 juta jiwa dan 90 % diantaranya ialah muslim. Tak heran jumlah masjid di wilayah ini sangat banyak. Setiap masjid memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, salah satunya adalah wisata terbaru 2024 Masjid Agung Surabaya.

Wisata terbaru 2024 religi yang petut kamu kunjungi ketika ada di Surabaya adalah Masjid Al-Akbar atau Masjid Agung Surabaya. Berlokasi di Kawasan Pegesangan Selatan, tepat di Jalan tol Surabaya – Malang.

Masjid Agung Surabaya difungsikan untuk menjadikan masjid dalam artian luas, yaitu sebagai tujuan religius, pendidikan, wisata terbaru 2024 religi, dan tentunya sebagai pusat kegiatan agama Islam.

Masjid Al-Akbar didirikan pada tanggal 4 Agustus 1995, yang digagas Mantan Walikota Surabaya Soenarto Soemoprawiro. Untuk peletakan batu pertamanya oleh Wapres Try Sutrisno yang diresmikan oleh Presiden RI Ke-4 KH. Abdurrahman Wahid pada 10 November 2000.

BACA JUGA : 7 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Instagrammable yang Wajib Dikunjungi di Bali, Foto Jadi Lebih Kece Badai Guys

Banyak keunikan yang dimiliki oleh wisata terbaru 2024 Masjid Agung Surabaya ini diantaranya ialah:

Kubah

Menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung yang singgah di masjid ini. Pasalnya posisi kubah masjid yang kelihatan berbeda dari segi bentuk dan warna yang ada pada masjid biasanya.

Perbedaan ini terjadi karena memang pada masa proses pembangunannya, menggunakan teknologi baru nan canggih yang mana menggandeng salah  satu perusahaan yang fokus pada bidang itu.

Bentuk kubah ini sangat unik, karena memiliki bentuk sama dengan setengah telur. Yaitu dengan 1,5 layer, tinggi kurang lebih 27 meter, dan bentuk ini berpacu pada bentuk piramida berujung dalam 2 layer dengan tinggi sekitar 11 meter dan bentang acuan diameter 54 m x 54 m.

Dari kecerdasan kerja yang gigih, sehingga tercipta sebuah hasil yang sangat keren dan menarik. Bangunan yang anggun membuat masjid ini semakin indah jika dipandang.

BACA JUGA : 7 Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Horor Cocok Untuk Uji Nyali Di Indonesia Paling Populer! Berani Coba?

Kaligrafi dan Ukiran

Keunikan selanjutnya yang dimiliki adalah kaligrafi dan ukiran yang ada pada Masjid al-Akbar Surabaya. Ukiran dan kaligrafi hampir ada pada seluruh elemen bangunan ini, yang menjadi pembeda diantara masjid-masjid pada umumnya adalah jumlah yang dimiliki.

Di Masjid Surabaya ini, ada bermacam bentuk ukiran dan kaligrafi yang dengan gampang bisa kita saksikan, dengan contoh saat memasuki masjid akan ada 45 pintu ukir kayu jati, di serambi masjid kita juga akan menemukan bedug besar yang menjadi ciri khas masjid ini.

Bagian Arsitektur dan Listrik

Diantara keunikan yang dimiliki masjid ini ada bagian arsitektur dan kelistrikan yang ada. Salah satunya hiasan kaca patri. Kaca ini memiliki ukiran seni yang menambah keindahan interior maupun eksterior masjid ini.

Hiasan kaca yang ada dibuat dengan system Triple Glazed Unit, ialah pelapisan panel kaca patri dengan kaca tempered yang menggunakan bahan dan alat-alat dari Amerika.

Pewarnaan dan Lantai

Warna menjadi sebuah komponen utama pada sebuah bangunan, Masjid Al-Akbar Surabaya contohnya. Warna yang ada di masjid ini adalah warna elegan yang mampu memberikan warna yang serasi dan menghasilkan bangunan elok untuk dipandang.

Selain itu, lantai yang dimiliki masjid ini juga memiliki kualitas yang bagus dan bisa tahan lama. Masjid ini memilih marmer dengan kualitas pilihan yang datang dari perbukitan provinsi Lampung.

BACA JUGA : Menyusuri Jejak Budaya dan Wisata Terbau 2024 Aceh? Alam Kota Serambi Mekkah Dengan Pesona Estetik!

Beberapa alasan memilih marmer Lampung, karena memiliki jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan yang sesuai warna untuk masjid ini, selain itu juga karena memiliki kualitas terbaik.

Nah itulah beberapa keunikan dari wisata terbaru 2024 Masjid Al-Akbar Surabaya, bagaimana sobat tertarik untuk berkunjung ke tempat ini?, jangan lupa selalu jaga sopan santun dimanapun kita berada, terutama di tempat religi, selamat berlibur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: