5 Bahan dan Cara Membuat Masker Alami Memutihkan Kulit Wajah! Nomor 3 Paling Ampuh Bahannya Mudah Dicari!

5 Bahan dan Cara Membuat Masker Alami Memutihkan Kulit Wajah! Nomor 3 Paling Ampuh Bahannya Mudah Dicari!

Cara membuat masker alami untuk memutihkan kulit wajah-kerdkanno-pixabay

DISWAY JOGJA - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan kulit wajah. Mulai dari perawatan tradisional dengan menggunakan masker alami hingga perawatan menggunakan skincare, seperti krim pemutih.

Masker alami untuk memutihkan kulit wajah terbuat dari beragam bahan yang mampu menghambat pembentukan pigmen kulit.

Masker wajah mampu memberikan nutrisi pada kulit dan membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Sehingga masker kerap dijadikan salah satu produk perawatan kulit yang populer.

Nah, ada beberapa bahan alami yang memiliki kemampuan dalam menghambat produksi melanin, sehingga seringkali dijadikan sebagai masker alami untuk memutihkan kulit wajah.

BACA JUGA : Kulitmu Kusam? Lakukan 5 Kebiasaan ini dan Dapatkan Kulit Putih Cerah Bening Alami, Kuncinya Harus Konsisten!

Beberapa bahan alami tersebut memiliki efek eksfoliasi, sehingga mampu mengangkat sel-sel kulit yang membuat kulit terlihat kusam.

Selain cukup mudah dibuat, masker ini efektif dalam memutihkan kulit wajah, mengatasi kulit kusam, meratakan warna kulit, serta menyamarkan noda hitam. Bahan alami yang digunakan bisa berupa herbal, seperti akar, daun, maupun buah-buahan, hingga yoghurt.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai masker alami untuk memutihkan kulit wajah.

1. Lemon

Sebagai sumber vitamin C, lemon cukup dikenal dan sering digunakan sebagai bahan produk kecantikan karena kemampuannya memutihkan kulit, khususnya kulit wajah.

Selain bisa memutihkan kulit wajah, kandungan antioksidan pada lemon juga bisa menghambat penuaan dini. Sifat lemon yaitu dengan tingkat keasaman yang tinggi juga mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Biasanya untuk menggunakan lemon sebagai masker wajah, kamu bisa mencampur perasan air lemon, minyak almond, dan putih telur secukupnya.

2. Kunyit

Ekstrak yang terkandung dalam kunyit ini banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan karena kemampuannya yang bisa memudahkan kulit. Jadi, rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masak ini jangan dianggap sebelah mata.

Efek mencerahkan dari kunyit ini didapat dari perpaduan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang bekerja sama meregenarasi kulit serta bisa menyamarkan kulit mati.

Cara penggunaanya yaitu, kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan air dan madu. Oleskan masker tersebut ke wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.

BACA JUGA : Mau Kulit Glowing? Simak Kebiasaan Malam Hari yang Dapat Memutihkan Kulit di Jamin Ampuh, Asalkan Rutin!

3. Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman satu ini? Ya, lidah buaya. Selain bisa dikonsumsi, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk kecantikan, lho. Salah satunya adalah bisa memutihkan kulit.

Tak hanya bisa membantu mencerahkan dan melembabkan, lidah buaya atau aloe vera ini juga dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu, juga lidah buaya dapat membantu mengurangi bercak hitam atau noda hitam, khususnya yang disebabkan oleh penuaan.

Caranya, kamu cukup memotong kulit lidah buaya, kemudian haluskan dagingnya. Lalu oleskan pada wajah sekitar 15-30 menit. Kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya yang kini banyak tersedia di pasaran.

4. Teh Hijau

Kandungan antioksidan yang terdapat didalam teh hijau seperti, polifenol dan flavonid diketahui baik untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan sel kulit, melindungi kulit, serta mengangkat sel kulit mati.

Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung hydroquinone yang bisa memutihkan dan menghilangkan noda hitam di kulit wajah, serta membuat kulit lebih awet muda.

Penggunaanya selain bisa dikonsumsi sehari-hari bisa juga digunakan sebagai masker untuk memutihkan kulit wajah yaitu dengan menggunakan sisa bubuk teh yang sudah diseduh dan diamkan sampai kering, kemudia bilas dengan air bersih.

BACA JUGA : Simak 5 Rekomendasi Skincare Untuk Memutihkan Kulit Wajah: Lakukan Dengan Teratur, Agar Glowingnya Maksimal!

5. Bengkuang

Bengkuang memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Vitamin C terkenal dengan manfaatnya yang berfungsi untuk mengurangi produksi melanin yang menjadi penyebab kulit kusam, sehingga bengkuang sangat bagus dimanfaatkan sebagai masker wajah alami.

Cara penggunaanya, kamu cukup parut bengkuang dan gunakan ampasnya sebagai masker tunggu sekitar 3-5 menit jangan sampai benar-benar mengering, lalu bilas hingga bersih.

Sebagai tambahan, seluruh rangkaian masker alami di atas untuk memutihkan kulit ini sebaiknya digunakan 2-3 kali dalam seinggu.

Selain menggunakan masker alami secara rutin, pastikan kamu juga menggunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: