Eksplor Bali Gudangnya Wisata Terbaru 2024? Liburan Sambil Belajar Budaya, Rugi Nggak Kesini!

Eksplor Bali Gudangnya Wisata Terbaru 2024? Liburan Sambil Belajar Budaya, Rugi Nggak Kesini!

Eksplor Wisata Bali--

DISWAY JOGJA- Siapa yang tidak tahu tentang wisata terbaru 2024 Bali, bahkan banyak negara asing yang ingin mengunjugi daerah tersebut karena keindahan wisatanya.

Terkenal dengan banyak wisata terbaru 2024 serta kebudayaan yang masih sangat kental, membuat Bali menjadi tempat yang selalu ingin dikunjungi.

Tentu saat berada di Bali, Anda harus ekplore tempat wisata disana agar jangan sampai nyesel karena tidak mengungi satu tempat yang iconic di Bali.

Artikel ini akan membahas terkait wisata terbaru 2024 di bali yang wajib untuk di kunjugi. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA : Berani Tantangan? Cobain Wisata Terbaru 2024, Pacu Adrenalin Berkendara ATV di Bandung, Dijamin Seru!

Beberapa wisata terbaru 2024 di bali yang harus Anda kunjungi diantaranya:

1. Nusa Penida

Wisata pertama yang wajib dikunjungi saat Anda berada di bali yaitu Nusa Penida. Tempat ini terkenal dengan keindahan alam bawah laut serta keindahan alam yang eksotik. Terumbu karang di wilayah Nusa Penida berjenis karang tepi (fringing reef) dengan jumlah sekitar 296 jenis. Luas terumbu karang di perairan sekitar Nusa Penida kurng lebih 1.419 hektare. Nusa Penida memiliki panjang garis pantai sekitar 77,5 kilometer yang didominasi pantai bertebing mencapai 56,9 kilometer yang tersebar di bagian timur, selatan, dan barat pulau. Sisanya atau sebanyak 20,6 kilometer atau 26,6 persen merupakan pantai landai berpasir putih yang terdapat di bagian utara pulau. Nusa Penida juga merupakan daerah tujuan pariwisata spiritual khusus bagi umat Hindu di seluruh Nusantara.

2. Pantai Pandawa

Wisata terbaru 2024 pertama yang wajib kamu kunjungi di Bali adalah Pantai pandawa. Pantai Pandawa adalah salah satu tempat wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Wisata ini menajadi favorit wisatawan karena Pantai nya yang begitu indah, bersih dan tenang. Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharna Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.

BACA JUGA : Menikmati Keindahan Alam Kawah Ijen? Wisata Terbaru 2024, Pemandangan Estetik dan Instagramable, Buktikan!

3. Pantai Kuta

Liburan ke Bali rasanya tidak sah apabila belum melakukan wisata terbaru 2024 pantai dan menikmati bersihnya air laut di Pulau Bali. Salah satu destinasi wisata pantai di Bali yang sangat populer adalah Pantai Kuta, pantai ini memiliki letak yang sangat strategis yaitu di Kuta yang sekaligus menjadi titik sentral dari objek wisata di Pulau Bali.

Pantai sepanjang 1.500 meter ini memiliki pantai berpasir putih yang membentang sepanjang 4 kilometer dan kerap dijadikan sebagai spot untuk berjemur, berselancar, hingga sekadar untuk menikmati matahari terbenam.

Dulunya, Pantai Kuta merupakan habitat penyu, akan tetapi saat ini keberadaan penyu-penyu tersebut terancam punah hingga menjadikannya sebagai hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Apabila Anda beruntung, Anda dapat melihat proses pelepasan anak penyu ke laut lepas di pinggiran Pantai Kuta. Biaya yang perlu Anda tebus untuk menikmati keindahan alam ini nyaris gratis, setidaknya Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja.

4. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana atau biasa juga disebut dengan GWK merupakan salah satu destinasi yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, GWK sendiri merupakan cultural park yang di dalamnya terdapat patung besar Dewa Wisnu yang merupakan Tuhan bagi Umat Hindu. Patung GWK ternyata memiliki filosofinya tersendiri yaitu Dewa Wisnu yang dipandang oleh Umat Hindu sebagai pelindung alam semesta, Burung Garuda melambangkan kesetiaan dan pengabdian tanpa pamrih, kemudian Kencana yang berarti emas. Burung Garuda juga merupakan lambang negara Indonesia yang berarti kemerdekaan.

GWK sukses menjadi salah satu ikon kebanggan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bali karena proses pembuatannya yang memakan waktu selama 28 tahun lamanya, proyek pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana ini mulai digagas pada tahun 1989 oleh Nyoman Nuarta dan sempat terhenti pembangunannya pada tahun 1998 karena krisis moneter yang melanda Indonesia, barulah pada September 2018, Patung Garuda Wisnu Kencana diresmikan dan dibuka untuk publik.

Anda dapat mengunjungi Garuda Wisnu Kencana dengan membayar Rp 118.000 untuk harga tiket masuk dewasa dan Rp 98.000 untuk harga tiket masuk anak-anak (khusus tinggi di bawah 130 cm).

BACA JUGA : Surga Tersembunyi di Temanggung? Wisata Terbaru 2024 Embung Kledung, Spot Liburan Estetik Instagramable!

5. Pura Luhur Uluwatu

Bagi Anda yang memiliki preferensi wisata terbaru 2024 ke tempat-tempat suci keagamaan, Anda dapat melakukan wisata pura dengan mengunjungi Pura Luhur Uluwatu. Daya tarik Pura Uluwatu adalah lokasinya yang sangat indah yaitu berada di tebing dengan ketinggian 97 meter di atas permukaan laut serta disuguhi oleh pemandangan Samudera Hindia yang membentang sejauh mata memandang.

Anda dapat merasakan sensasi sakral bersamaan juga indahnya pemandangan alam yang ditawarkan oleh Pura Uluwatu.Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan tarian khas Bali yang sangat terkenal yaitu Tari Kecak yang dimainkan di kawasan Pura Uluwatu, Tari Kecak biasa dimainkan menjelang petang yakni di jam 18:00 waktu setempat dan Anda akan diberikan pesona kebudayaan Bali bersamaan dengan fenomena sunset yang memukau mata Anda.

Untuk dapat menikmati wisata terbaru 2024 Pura Luhur Uluwatu, Anda diharuskan membayar tiket sebesar Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 20.000 untuk anak dengan usia maksimal 12 tahun. Sedangkan untuk dapat menikmati pertunjukan Tari Kecak, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 139.000 untuk durasi pertunjukan selama 1 jam.

6. Wisata Sawah Terasering Tegalalang

Wisata Bali tidak terbatas pada wisata pantai dan pura saja, Anda juga dapat merasakan suasana sejuk seperti di dataran tinggi tepatnya di kawasan Ubud. Hamparan terasering akan memanjakan mata Anda selama berada di Terasering Tegalalang.

Biaya untuk masuk ke Wisata Sawah Terasering Tegalalang hanya perlu untuk membayar parkir kendaraan saja, kecuali jika Anda ingin bersantai di sekitaran area, maka Anda harus siap untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit, mengingat lokasi ini merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

BACA JUGA : Catat, 5 Penginapan Murah Wisata Terbaru 2024 Bandung? Pangalengan Punya, Liburan Hemat Berkesan Buktikan Yuk!

7. Air Terjun Sekumpul

Wisata air terjun juga tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi selama liburan ke Bali, wisata Air Terjun Sekumpul terletak di Kabupaten Buleleng Bali Utara, akan cukup memakan tenaga apabila Anda berangkat dari Denpasar Bali.

Akan tetapi, penat yang Anda rasakan untuk mencapai air terjun tersebut akan sirna ketika melihat deburan air yang jatuh dari Air Terjun Sekumpul. Air terjun ini disebut sekumpul karena menurut masyarakat lokal masih terdapat 7 air terjun yang tersembunyi dari air terjun utama. Salah satu tempat wisata air terjun ini memiliki beberapa daya tarik seperti jalur trekking yang cukup menantang adrenalin hingga pemandangan alam di sekitar Air Terjun Sekumpul yang rindang nan asri.

Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 saja untuk dapat menikmati wisata air terjun di utara Pulau Bali ini.

8. Pura Tanah Lot

Selain Pura Luhur Uluwatu, masih terdapat Pura Tanah Lot yang menjadi salah satu daftar tempat wisata di Bali yang wajib Anda kunjungi. Daya tarik Pura Tanah Lot terletak pada lokasinya, yakni terletak di atas bongkahan batu besar dan berada di atas lautan, sedangkan satu lagi berada di ujung tebing menyerupai Pura Luhur Uluwatu.

Pura Tanah Lot akan terlihat seperti pura yang berada di tengah laut apabila air laut tengah pasang, serta keindahan pemandangan sunset yang menakjubkan dilengkapi dengan siluet pura yang menambah keindahan Tanah Lot.

Untuk dapat menikmati keindahan alam Pura Tanah Lot, Anda harus merogoh kocek sebanyak Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak dengan maksimal usia 15 tahun.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata terbaru 2024 di Bali yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Bali. Selamat berlibur. (*).

BACA JUGA : 5 Penginapan di Wisata Terbaru 2024 Baturaden? Nikmati Sensasi Liburan Nyaman dan Berkesan, Cobain Deh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: