RKPD DIY 2025, Sri Sultan Beri Pesan Agar Rencana dan Pelaksanaan Pembangunan Harus Presisi

RKPD DIY 2025, Sri Sultan Beri Pesan Agar Rencana dan Pelaksanaan Pembangunan Harus Presisi

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, saat ini masyarakat bisa dengan mudah mengakses berbagai layanan dan sumber-sumber informasi.-DOK.-

 

DISWAYJOGJA – Dalam menghadapi era keterbukaan, pemerintah dituntut memberikan pelayanan yang paripurna. Karena itu, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan harus dikelola secara presisi agar mampu menjadi pendorong terwujudnya hidup-kehidupan-penghidupan yang lebih layak dan berkeadilan bagi masyarakat DIY.

BACA JUGA:Dampaknya Parah Banget! Inilah 4 Tips Menghindari Jeratan Hutang Pinjol untuk Mahasiswa

 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, saat ini masyarakat bisa dengan mudah mengakses berbagai layanan dan sumber-sumber informasi. Karena itu, akuntabilitas sudah harus dibangun sejak proses perencanaan.

BACA JUGA:RKPD DIY 2024 Fokus Pemerataan Aksesibilitas Fasilitas Layanan Publik

 

“Transparansi menuntut desain perencanaan yang tidak hanya ideal di level tekstual, tapi juga harus mampu diimplementasikan secara kontekstual. Karena itu, Saya kembali menekankan perlunya suatu dokumen perencanaan yang responsif, antisipatif, dan fleksibel sebagai kolaborasi lintas sektor,” ungkap Sri Sultan saat Kick Off Meeting Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) DIY Tahun 2025 pada Kamis (14/12), di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

BACA JUGA:Kementerian Hukum dan HAM RI Berikan Penghargaan, Pemda DIY Kembali Dinobatkan Jadi Pembina Daerah Peduli HAM

 

Dalam upaya mencapai sinkronisasi, Sri Sultan menegaskan, strategi Penyusunan RKPD DIY 2025 harus linier dengan Kerangka Transformasi Indonesia Menuju 2045. Transformasi tersebut meliputi Transformasi Sosial, Transformasi Ekonomi, dan Transformasi Tata Kelola, dengan basis-basis kebijakan kewilayahan, untuk mengurangi ketimpangan.

BACA JUGA:Megaproyek Dinkes Brebes Tinggal Peresmian, Laboratorium BSL2 Tuntas Digarap

 

”Dalam upaya mencapai sasaran kerja bersama itu, saya kembali mengingatkan kepada seluruh komponen dan stakeholder di DIY, agar proses penyusunan RKPD 2025, untuk memperhatikan ukuran-ukuran ketercapaian Pancamulia, yang menjadi visi jangka menengah DIY tahun 2022-2027,” papar Sri Sultan.

 

BACA JUGA:DIY Raih Penghargaan SAKIP AA Ke-6, Sri Sultan Tekankan Terus Berinovasi Dukung Kinerja Pemerintahan

Sri Sultan mengatakan, beberapa ukuran ketercapaian Pancamulia di antaranya, semakin kecilnya tingkat kemiskinan; kualitas SDM Yogyakarta yang dapat diandalkan; lingkungan hidup yang lebih baik, aman dan tentram; kehidupan ekonomi yang layak; mengecilnya ketimpangan antar kelas sosial maupun antar wilayah; dan good governance pada berbagai tingkatan.

 

“Selanjutnya, untuk mencapai target-target pembangunan yang telah ditetapkan, menjadi penting kiranya, untuk menjaga kondusivitas di DIY dalam menyambut pesta demokrasi. Terkait hal tersebut, mari bangun kolaborasi, untuk mendukung terciptanya Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang jujur, adil dan damai,” imbuh Sri Sultan. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: