SDN Klampok 06 Gelar Karya P5 dan Unjuk Talenta Siswa, Wujudkan Kurikulum Merdeka

SDN Klampok 06 Gelar Karya P5 dan Unjuk Talenta Siswa, Wujudkan Kurikulum Merdeka

MENUNJUKKAN - Kepala SDN Klampok 06 bersama stakeholder terkait menunjukkan karya siswa berupa tas ecoprint. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - SDN Klampok 06 Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes menggelar kegiatan karya P5 dan unjuk talenta siswa, Kamis (14/12/2023). Kegiatan ini mendapat dukungan dari semua steakholder, mulai dari Ketua Korwilcam Satpendik Kecamatan Wanasari Drs Selamet Raharjo, Pengawas Sekbin 1 Dr H Salimudin MPd, Ketua Komite SDN Klampok 06 Hilmi Bachtiar Aji SE, dan paguyuban wali murid SDN Klampok 06.

BACA JUGA:Peringatan Hari Nusantara 2023 di DIY Meriah, Laguna Depok Bantul Jadi Saksi

Kegiatan ini dilaksanakan siswa kelas 1-6 sebanyak 189 siswa. Karya yang ditampilkan mulai dari poster, gambar, batik dan karya tas yang bermotif batik ecoprint ini mendapat apresiasi yang sangat luar biasa dari berbagai pihak. Acara berjalan meriah dan di akhir acara ada penyerahan piala bagi stand terbaik 1,2 dan 3.

BACA JUGA:Vivo Y36i: Smartphone Stylish dengan Peforma Tangguh dan Daya Tahan Baterai yang Handal!

Kepala SDN Klampok 06 Kustiah SPd SD MPd dalam sambutannya mengatakan, dalam pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila dianalogikan melukis di atas batu. Ketika melukis di atas batu sangat lama sekali dan untuk menghilangkannya juga lama bahkan tidak bisa dihilangkan karena sudah melekat kuat di batu. Begitu pula dalam membentuk karakter siswa harus membutuhkan waktu yang tidak sebentar melalui beberapa tahapan.

BACA JUGA:Peringatan Hari Nusantara 2023 di DIY Meriah, Laguna Depok Bantul Jadi Saksi

Tahapan itu di antaranya pengenalan, konstektualisasi, aksi, refleksi dan umpan balik. Dengan begitu dimensi sikap yang akan dibentuk juga bisa melekat kuat pada diri siswa. Kami berharap dengan adanya gelar karya ini selain menumbuhkan sikap kreatif juga bisa menumbuhkan sikap saling menghargai dan saling mengapresiasi karya teman,katanya.

BACA JUGA:Ingin Pinjamanmu Segera Diproses? Inilah 3 Cara Agar Pengajuan Pinjolmu Bisa Disetujui

Selain menampilkan hasil karya siswa dalam pameran gelar karya yang terbagi menjadi 6 stand. SDN Klampok 06 juga menampilkan unjuk talenta sswa mulai dari tarian, menyanyi, puisi. Tidak kalah uniknya adalah pertunjukan gamelan yang merupakan salah satu aset SDN Klampok 06 dimainkan oleh siswa-siswi dengan sangat menjiwai sekali. Selain itu ada penampilan dari dewan guru dan paguyuban wali murid yang ikut memeriahkan kegiatan ini.

BACA JUGA:KPU Brebes Gandeng Awak Media, Dongkrak Partisipasi Pemilih Pemilu 2024

Media yang digunakan dalam kegiatan P5 adalah tas dengan motif batik ecoprint dengan memanfaatkan daun-daunan dan bunga yang ada di lingkungan sekolah ataupun rumah. Dengan hal itu siswa dapat meningkatkan kreativitasnya dalam menciptakan karya sendiri. Serta dapat memanfaatkan hasil karya tersebut untuk di gunakan sebagai tempat/wadah portofolio di dalam kelas masing-masing.

Dengan mengangkat tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dan mengacu kepada dimensi profil Pelajar Pancasila, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan peserta didik untuk dapat mencintai karya sendiri dan lebih kreatif dalam menciptakan karya. Projek ini dimulai dengan tahap pengenalan; Peserta didik mengenal berbagai macam jenis daun dan bunga. Selanjutnya pada tahap kontekstualisasi, peserta didik mempelajari bagaimana cara pembuatan tas batik ecoprint.

BACA JUGA:Kapal Nelayan KM Putri Timbul di Muara Sungai Kluwut Terbakar, Kerugian Capai Rp2 Miliar

Kedua tahap ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman peserta didik tentang pembuatan tas ecoprint. Dalam tahap pengantar aksi, peserta didik mengembangkan penguasaan kemampuan Kreatifitas. Tahap aksi membekali peserta didik untuk dapat membuat tas batik ecoprint sesuai dengan kreativitsnya,ungkap dia.

BACA JUGA:Ingin Pinjamanmu Segera Diproses? Inilah 3 Cara Agar Pengajuan Pinjolmu Bisa Disetujui

Tahap berbagi, perayaan proyek dan tindak lanjut merupakan penutup alur pembelajaran. Peserta didik menyebarluaskan ilmu yang  diperoleh dari projek dan mendapatkan apresiasi, diakhiri dengan refleksi serta penguatan motivasi untuk menerapkan hasil belajar  dalam praktik sehari-hari. Karena itu, gaya hidup berkelanjutan membuat tas ecoprint menggunakan daun daunan yang ada di sekitar untuk menumbuhkan kreatifitas siswa.

BACA JUGA:Peringatan Hari Nusantara 2023 di DIY Meriah, Laguna Depok Bantul Jadi Saksi

Dalam penilaian yang dinilai adalah sikap siswa bukan produknya karena P5 adalah kegiatan pembelajaran ko kurikuler sebagai wadah pembentukan karakter siswa sedangkan penguatannya bisa melalui pembiasaan, intrakurikuler dan ekstrakurikuler,tandasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: