Kapal Nelayan KM Putri Timbul di Muara Sungai Kluwut Terbakar, Kerugian Capai Rp2 Miliar

Kapal Nelayan KM Putri Timbul di Muara Sungai Kluwut Terbakar, Kerugian Capai Rp2 Miliar

MEMADAMKAN - Petugas Damkar dan Satpolairud Polres Brebes memadamkan api yang membakar kapal nelayan di muara sungai. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Insiden kebakaran kapal nelayan KM Putri Timbul terjadi di muara Sungai Kluwut Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Selasa (12/12/2023). Akibatnya kebekaran kapal tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp2 miliar lebih.

BACA JUGA:Diduga Lalai saat Perbaikan, Kapal Agung Jaya di Kolam Pelindo Kota Tegal Kebakaran

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian kapal terbakar berawal saat kapal masih berada di muara sungai Kluwut hendak berangkat melaut di perairan laut Jawa. Namun, kebekaran tertunda karena terkendala cuaca buruk. Dimana saat itu angin kencang dan gelombang tinggi.

BACA JUGA:KM Agung Jaya l Kebakaran, Pemilik Kapal Diperiksa KSOP Kelas IV Tegal

Kapal itu pun hanya bersandar di muara sungai sambil menunggu cuaca memungkinkan. Saat kejadian, ada dua anak buah kapal (ABK) yang berjaga menunggu kapal bersandar. Mereka terkejut melihat api menyala di pinggir cerobong asap di atas kapal. Keduanya berusaha memadamkan api dengan menyiramkan air.

BACA JUGA:Kapal Taagboot TB Indah Asal Tegal dan 5 Kru Hilang di Perairan Tegal - Indramayu

Kobaran api semakin membesar dan merembet ke kabel listrik hingga mengenai tangki BBM, sehingga api terus menjalar dan sulit dipadamkan. Kobaran api yang semakin membesar juga membuat anjungan kapal yang berada di muara sungai ikut hangus terbakar.

Kasat Polair Polres Brebes AKP Suratman saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Petugas gabungan yang mendapatkan laporan langsung mendatangi lokasi kejadian untuk memadamkan api. Menurut Suratman, kobaran api baru bisa dipadamkan, setelah proses pemadaman oleh tim pemadam kebakaran melakukan penyemprotan dan pendinginan selama lebih dari dua jam.

BACA JUGA:Pembangunan Pelabuhan Kapal Kapasitas 300 GT di Kawasan Laguna View Depok Jogja Masih Dikaji

"Beruntung tidak ada korban jiwa saat kapal terbakar, karena para ABK masih di darat menunggu cuaca dilaut membaik," kata AKP Suratman, Selasa (12/12/2023).

Akibat terbakarnya kapal, ungkap Suratman, pemilik kapal motor nelayan ini, mengalami kerugian hingga Rp2 miliar.

BACA JUGA:Data-Datamu Bisa Disalahgunakan! Inilah 5 Resiko Berbagi Akun Pinjol yang Perlu Kamu Hindari

Untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran, kami belum bisa memastikan karena masih dilakukan penyelidikan,pungkasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: