10 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tulang dan Cegah Osteoporosis

10 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tulang dan Cegah Osteoporosis

Makanan untuk Kesehatan Tulang--

DISWAY JOGJA - Menjaga kesehatan tulang sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini dapat dilakukan dengan sering mengonsumsi makanan sehat yang tinggi akan kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

Osteoporosis yaitu terjadinya pengeroposan tulang akibat menurunnya kepadatan seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang.

Beberapa nutrisi yang baik untuk mencegah osteoporosis yaitu kalsium dan vitamin D. Makanan yang mengandung kalsium berguna untuk memperkuat tulang, sedangkan vitamin D dapat membantu proses penyerapan kalsium.

Artikel ini akan membahas terkait makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:Mengenal Nyamuk Wolbachia, Teknologi Biologis untuk Pengendalian Nyamuk DBD

Beberapa makanan yang dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis diantaranya:

1. Susu dan Produk Olahannya

Susu merupakan sumber kalsium terbaik yang berguna untuk menguatkan tulang. Dengan rutin mengonsumsi susu dapat emnjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. 

Saat ini, ada banyak produk olahan susu yang ditambahkan Vitamin D, hal ini menjadi salah satu pilihan sebagai asupan vitamin D pada tulang. Vitamin D ini dipercaya membantu meningkatkan pertumbuhan tulang, sehingga risiko terkena osteoporosis dapat dikurangi.

2. Lemak Ikan

Lemak ikan merupakan sumber paling penting dari kalsium dan vitamin E. Jenis ikan yang mengandung lemak ikan yang bermanfaat bagi kesehatan tulang yaitu ikan sarden dan ikan salmon. Kedua ikan tersebut bisa membantu menguatkan tulang dan menjaga kepadatan tulang sehingga meminimalkan risiko osteoporosis.

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai kaya akan vitamin yang berguna untuk menajga kesehatan tulang. Kandungan yang ada dalam kedelai antara lain vitamin B, vitamin D, dan vitamin E. kandungan susu kedelai lainnya yaitu isoflavon dan phytoestrogen.

BACA JUGA:Cegah Stunting! Ini dia 7 Makanan Bergizi yang dapat dikonsumsi Anak

4. Sayuran Hijau

Makanan selanjutnya yang bermanfaat untuk kesehatan tulang yaitu sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung banyak vitamin C yang berguna dalam memproduksi sel-sel pembentuk tulang.

Selain vitamin C, sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang masuk ke dalam kategori vitamin B kompleks juga bisa meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin B dapat melemahkan tulang sehingga penting untuk memenuhi asupan vitamin B agar kepadatan tulang tetap terjaga.

5. Tahu

Tahu merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalsium. Rasanya yang enak dan dapat disajikan denagan hampir semua jenis makanan ini dapat Anda konsumsi guna meningkatkan kesehatan tulang. 

Tahu mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, serta vitamin D, A, B6 dan C. Kandungan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

6. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi kekuatan tulang yaitu kacang dan almond. Kacang dan almond kaya akan lemak baik, lemak tersebut sama pentingnya dengan kalsium dan vitamin D untuk menjadikan tulang kuat dan sehat. Karena itu, dengan mengonsumsi kacang dan almond akan dapat membuat tulang Anda tetap sehat.

BACA JUGA:Ini Dia Nutrisi dan Manfaat Buah Lemon bagi Kesehatan Tubuh

7. Telur

Telur merupakan sumber utama lain dari kalsium (putih telur) dan vitamin D (kuning telur), dimana vitamin D menjadi nutrisi lain yang penting untuk membuat tulang kuat dan sehat. Kekurangan vitamin D dapat memperburuk osteoporosis dan dapat menyebabkan rakhitis pada anak (pelunakan tulang).

8. Roti

Roti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Dalam roti mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menahan rasa lapar lebih lama. Selain karbohidrat, roti juga mengandung vitamin B1, B2, zat besi, dan kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

9. Kentang

Meskipun kentang tidak mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, namun kentang sangat kaya akan kalium dan mineral dengan Vitamin D3 yang berguna untuk membantu penyerapan kalsium secara cepat kedalam tubuh.

10. Pisang

Pisang yang banyak kita jumpai di toko buah dan pasar ini memiliki kandungan kalium (potassium) tinggi. Kandungan pada buah pisang ini dapat bermanfaat sebagai pembentuk tulang yang sehat.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Semoga bermanfaat. (*)

BACA JUGA:7 Makanan ini Banyak Mengandung Kolagen yang dibutuhkan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: