Ini Dia Nutrisi dan Manfaat Buah Lemon bagi Kesehatan Tubuh

Ini Dia Nutrisi dan Manfaat Buah Lemon bagi Kesehatan Tubuh

Nutrisi dan Manfaat Buah Lemon--

DISWAY JOGJA- Meskipun rasa buah lemon yang cenderung asam, namun buah ini banyak dicari karena memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Dalam lemon, mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit. Beberapa diantaranya yaitu vitamin C, air, protein, serat, magnesium, kalium, dan kalsium.

Buah lemon memberi manfaat bagi kulit yaitu dapat mencerahkan dan menghilangkan bekas jerawat serta komedo. Berbagai kandungan di dalamnya yang efektif juga dapat menjaga kesehatan mulut hingga mencegah penyakit jantung.

Artikel ini akan membahas terkait nutrisi dari buah lemon serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:Jamu Jadi Warisan Budaya, Ini Dia Manfaatnya bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Lemon

Lemon mengandung berbagai nutrisi bagi kesehatan tubuh dan kulit. Dalam 100 gram lemon mentah terdapat nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 29 kilokalori
  • Air: 89%
  • Protein: 1.1 gram
  • Karbohidrat: 9.3 gram
  • Gula: 2.5 gram
  • Serat: 2.8 gram
  • Lemak: 0.3 gram

Adapun nutrisi penting dalam buah lemon meliputi:

a. Serat

kandungan serat larut seperti paktin dalam lemon dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Karena dapat memperlambat pencernaan gula dan pati.

b. Vitamin

Vitamin C dan Vitamin B6 pada lemon dapat meningkatkan kekebalan tubu, menjaga kesehatan jantung, dan mengubah makanan menjadi energi.

c. Asam Sitrat

Berperan sebagai astringent alami, karena dapat memperkecil pori-pori dan mengontrol produksi minyak.

d. Magnesium

Efektif untuk merangsang sistem saraf pusat, melawan radikal bebas, meningkatkan pembentukan sel darah, serta mengatur tekanan darah.

e. Kalium

Berperan untuk merangsang sistem saraf pusat, melawan radikal bebas, meningkatkan pembentukan sel darah, serta mengatur tekanan darah.

f. Senyawa Tumbuhan

Seperti hesperidin, eriocitrin, dan D-limonene dalam lemon memiliki manfaat mencegah kenker, penyakit jantung, dan peradangan. Selain itu juga meredakan masalah lambung seperti mulas dan refluks.

BACA JUGA:Stop Makan Mie Instan Berlebih! Ini Dia Bahayanya bagi Kesehatan

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

1. Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Manfaat yang pertama buah lemon yaitu dapat menghilangkan jerawat dan komedo.  Buah ini mengandung antibakteri dan antijamur untuk membantu mengatasi masalah jerawat serta komedo. Caranya yaitu dengan mengoleskan daging buah ke area kulit yang bermasalah. Tunggu dan diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air.

2. Membantu Mencerahkan Kulit

Lemon tinggi akan kandungan vitamin C dan asam sitrat yang berperan sebagai agen pencerahan kulit. kandungan ini bereperan dalam menghilangkan sel kulit mati, sehingga merangsang regenerasi sel kulit yang baru.

3. Mencegah Sakit Jantung dan Diabetes

Buah ini memiliki kandungan antioksidan berupa d-limonene yang terkandung di dalamnya efektif menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Lemon dapat meningkatkan aktivitas enzim yang dapat mengurangi stres oksidatif penyebab penyakit.

4. Memudarkan Bintik Hitam dan Bekas Luka

Manfaat berikutnya dari buah lemon yaitu dapat membantu memudarkan bintik hitam dan bekas luka. Hal ini karena, ia memiliki kandungan asam sitrat. Asas sitrat merupakan senyawa yang berperan dalam membantu eksfoliasi sel kulit mati dengan lebih cepat. Dengan proses eksfoliasi yang lebih cepat, kulit akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.

BACA JUGA:Waspada! Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Minum Soda Setiap Hari

5. Mencegah Batu Ginjal

Mengonsumsi buah lemon, akan membantu terhindar dari munculnya batu ginjal. Hal ini karena adanya kandungan asam sitrat yang bisa mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan meningkatka pH urine.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Senyawa tubuhan, seperti limonene dan naringenin dalam lemon bisa menurunkan risiko kanker. Sebab kedua senyawa tumbuhan tersebut memiliki efek antikanker. Melansir dari Journal of Biomedicine dan Biotechnology, kedua senyawa tersebut mampu mencegah tumor ganas. Khususnya tumor ganas yang memicu penyakit kanker lidah, paru-paru, dan usus besar.

7. Membantu Mencegah Infeksi

Buah lemon mengandung beberapa nutrisi yang bersifat antimikroba dan antijamur. Kedua sifat kandungan tersebut secara signifikan dapat merusak dan mengurangi pertumbuhan bakteri resistensi antibiotik penyebab infeksi kulit.

8. Menurunkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya dari lemon yaitu dapat menurunkan berat badan, dengan mengonsumsi air lemon secara rutin dapat menjadi kebiasaan yang baik untuk menurunkan berat badan. 

Menurut penelitian dalam jurnal Clinical Nutrition Research, kelompok atau subjek penelitian yang mengonsumsi air lemon sebelum makan, terbukti akan makan lebih sedikit daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Kelor yang Banyak Dicari Untuk Kesehatan

Itulah beberapa nutrisi dan manfaat dari buah lemon yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: