Bawakan Gending Pilihan, Polda DIY Meriahkan Pentas Seni Budaya Parade Gangsa

Bawakan Gending Pilihan, Polda DIY Meriahkan Pentas Seni Budaya Parade Gangsa

Polda DIY memeriahkan event Seni Budaya bertajuk Parade Gangsa yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Polda DIY memeriahkan event Seni Budaya bertajuk Parade Gangsa yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY. Kegiatan yang dipusatkan di Plasa Monumen Serangan Umum 1 Maret, Yogyakarta, Senin malam (27/11/2023), Polda DIY membawakan gending pilihan, yakni "Kuwi Opo Kuwi".

BACA JUGA:Anggaran Pilkada Brebes Rp53,9 Miliar, Digelontor untuk Satu Putaran

Hdair dan terlibat langsung dalam pentas seni budaya itu Irwasda Polda DIY Kombes Pol Sigit Jatmiko SH SIK. Turut hadir dan memeriahkan acara Parade Gangsa perwakilan dari Akademi Angkatan Udara, Korem 072/Pamungkas, Kejaksaan Tinggi DIY, Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta, hingga Kanwil Kemenkumham DIY. DImana masing-masing turut menampilkan kemahirannya dalam menabuh alat musik gamelan.

BACA JUGA:5 Merk Kipas Angin Paling Banyak Dicari, Kualitasnya Bukan Kaleng-Kaleng

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya mengajak seluruh elemen yang ada di DIY termasuk Forkopimda untuk bekerja sama dalam merealisasikan tujuan pembangunan kebudayaan DIY. Yakni dengan seni gamelan sebagai mediumnya.

BACA JUGA:Tiga Siswa SMPN 2 Brebes Boyong 2 Medali Emas dan 1 Perunggu

”Besar harapan saya, semua pihak terkait menyadari sepenuhnya, bahwa Parade Gangsa ini tidak dimaksudkan untuk berhenti di level output. Mari kita sadari sepenuhnya, bahwa tanggung jawab kita belum selesai, selama outcome atau tujuan besar tadi belum tercapai,” ungkapnya.

BACA JUGA:2022, Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di DIY Capai 12.082 Korban

Diketahui, Parade Gangsa merupakan perayaan seni budaya yang memamerkan keindahan kesenian tradisional, khususnya dalam hal seni musik dengan menggunakan alat musik gamelan gangsa. Instrumen yang dimainkan dalam kegiatan Parade Gangsa tersebut merupakan seperangkat gamelan, meliputi kendang, bonang, gender dan gambang, suling, siter, celempung, slenthem, demung, saron, gong, kenong, kethuk, kempyang, kempul, dan peking. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: