DCT Ditetapkan, 680 Caleg DPRD DIY Siap Berkontestasi di Pemilu 2024

DCT Ditetapkan, 680 Caleg DPRD DIY Siap Berkontestasi di Pemilu 2024

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan, KPU DIY telah menetapkan DCT anggota DPRD DIY pada Pemilu 2024 melalui mekanisme Rapat Pleno pada 3 November 2023.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Sebanyak 680 calon legislatif (caleg) DPRD DIY akan berkontestasi pada Pemilu 2024. Hal itu sesuai dengan pengumuman daftar calon tetap (DCT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY. Ratusan caleg tersebut tersebar di 7 daerah pemilihan (dapil). 

BACA JUGA:Kirab Pemilu di Kulonprogo, Ketua KPU Provinsi DIY Minta Dukungan Polres dan Polsek

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan, KPU DIY telah menetapkan DCT anggota DPRD DIY pada Pemilu 2024 melalui mekanisme Rapat Pleno pada 3 November 2023. Dimana dalam rapat pleno tersebut diikuti oleh ketua dan anggota KPU DIY. 

"DCT anggota DPRD DIY dtetapkan KPU DIY. Sedangkan DCT anggota DPD DIY ditetapkan oleh KPU Republik Indonesia, dan diumumkan oleh KPU DIY bersama  dengan DCT Anggota DPRD DIY,” kata Shidqi , Senin (6/11/2023). 

BACA JUGA:Kampanye Pemilu 2024 Dilarang Konvoi Pakai Knalpot Brong

Shidqi menjelaskan, dari 680 DCT anggota DPRD DIY Pemilu 2024, terdiri dari 387 caleg laki-laki dan 293 caleg perempuan. ”Pada masa pencermatan rancangan DCT, terdapat 6 calon anggota DPRD DIY dari tiga partai politik yang melakukan pergeseran daerah pemilihan,” ungkap Shidqi.

BACA JUGA:Tolak Politik Dinasti, BEM Nusantara DIY Tuntut Pemerintah Revisi UU Pemilu 

Selain itu, lanjut Shidqi, ada juga 18 calon anggota DPRD DIY dari 5 partai politik yang diganti dengan calon lainnya. Kemudian ada satu orang calon yang meninggal dunia. ”Calon yang meninggal berasal dari Partai Hati Nurani Rakyat di masa pencermatan DCT, pasca ditetapkannya DCS pada 18 Agustus 2023,” jelasnya. 

Sementara, sebanyak 9 orang calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) DIY masuk ke dalam daftar calon tetap (DCT) untuk Pemilu 2024. 9 calon anggota DPD DIY itu yakni, Ahmad Syauqi Soeratno, H A. Khudhori, Cinde Laras Yulianto, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, H Hilmy Muhammad, RA Yashinta Sekarwangi Mega, Sindu Kurniawan, Trisno Sunardi dan Tugiman. 

Shidqi menambahkan, masyarakat dapat melihat pengumuman lebih lengkap melalui situs resmi KPU DIY yang beralamatkan di diy.kpu.go.id. Selain itu, dapat pula melihat di media sosial KPU DIY. Yakni Instagram, Twitter/X, dan Facebook. 

"Masyarakat didorong untuk mengenal calon lebih jauh dan menggunakan hak pilihnya di TPS pada tanggal 14 Februari 2024 dengan memilih calon yang terbaik,” tambah Shidqi. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: