Bulan Bahasa, Kepala SMKN 2 Kota Tegal Baca Puisi, Siswa Tampilkan Musikalisasi

Bulan Bahasa, Kepala SMKN 2 Kota Tegal Baca Puisi, Siswa Tampilkan Musikalisasi

PENAMPILAN SISWA – Siswa tampil dalam perayaan Bulan Bahasa yang diselenggarakan di sekolahnya.-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL-

TEGAL, DISWAYJOGJA - Oktober diperingati sebagai Bulan Bahasa. Untuk merayakannya, SMKN 2 Kota Tegal mengadakan acara di halaman sekolah yang berlokasi di Jalan Wisanggeni, Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jumat (20/10/2023).

BACA JUGA:Cegah Kekerasan di Sekolah, MKKS SMK dan Cabang Dinas XII Gulirkan Program 'Ayo Rukun'

Mereka berkumpul untuk merayakan Bulan Bahasa yang diperingati setiap Oktober sebagai wujud kecintaan sekaligus rasa hormat kepada bahasa nasional, Bahasa Indonesia.

Peringatan Bulan Bahasa setiap Oktober merujuk pada peristiwa besar yang terjadi di Oktober 1928, yaitu Sumpah Pemuda. Dimana salah satunya adalah pengakuan terhadap bahasa persatuan. SMK Negeri 2 Kota Tegal merayakan Bulan Bahasa dengan menyelenggarakan acara dalam Program Jumat Literasi.

BACA JUGA:Bupati Tegal Lepas Delegasi Kalifah MAPSI Tingkat Provisi

Perayaan dibuka dengan sambutan Kepala SMK Negeri 2 Kota Tegal Mas Rudianto SPd, sekaligus melaunching Buku Antologi Puisi dan Cerpen yang ditulis para guru, bertajuk Catatan dari Ruang Kelas.

Dalam buku itu, Rudi juga turut menyumbang puisi berjudul Sesuap Sarapan Demokrasi yang dibacakannya usai memberi sambutan.Pegiat kerja bagi nusa. Kian semarak bak jamur di Pebruari. Tak muda hanya tua pun semangat. Semua berujar satu visi. Mengemban amanat rakyat negeri. Simbol-simbol golongan. Menjadi barometer hasil kerja mesin partai. Sanak, saudara, kawan, dan bahkan lawan kehidupan dirangkul untuk satu tujuan,” ucap Rudi membacakan bait-bait puisinya.

BACA JUGA:5 AC Portable Hemat Listrik dengan Tangki Besar yang Siap Sejukkan Rumahmu, Nomor 2 Paling Laris!

Berujar satu gelora. Bagian giat demokrasi. Tujuan mulia tertulis dan terukir di hati. Menjadi bagian hidup azaz dan daulat. Beriring melangkah dalam sebuah lagu. Bersaing bersama simbol lain. Tak terasa sikut dan tendang tak nampak orang. Hanya satu naungan nama. Pemilihan untuk rakyat, oleh rakyat dan semoga dari rakyat. Kiprah sajian dan bagian dari wujud demokrasi,” lanjut Rudi.

Puisi yang dibacakan Rudi mendapat tepuk tangan meriah dari warga sekolah. Rudi lalu membacakan satu puisi lainnya berjudul Bapakku Tercinta yang ditulis Wiwit Rusianti SPd. Acara dilanjutkan dengan penyematan kepada Duta Baca SMK Negeri 2 Kota Tegal yang terdiri dari Duta Baca Siswa, Guru, dan Tenaga Kependidikan.

Duta Baca Siswa adalah Salimatus Sadiyah dari Kelas XI TJKT 3. Duta Baca Guru Cintya Nugraha SPd, dan Duta Baca Tenaga Kependidikan Maulida Nur Amala. Mereka bertugas mengajak warga sekolah untuk mengunjungi dan membaca buku di Perpustakaan Wisanggeni yang merupakan perpustakaan sekolah serta menyebarluaskan informasi.

Selanjutnya, pembacaan puisi dan musikalisasi puisi serta drama yang ditampilkan siswa terbaik pemenang lomba. Yakni Syifa Naura Debats dari Kelas X PM 1 dengan puisi berjudul Kuukir Namamu Pahlawan, lalu dilanjutkan An Nisa Firmansyah (XI MPLB 1) membaca cerpen Melodi Sumbing, Siti Aisyah (XII TKJ 3) berjudul Satu Mimpi Satu Barisan.

Pertunjukkan drama ditampilkan Kelas XI TJKT 3 dan dilanjut Namira Izzati Fajri (XII BDP 2) yang membacakan puisi Menatap Merah Putih, Aisyah Feby F (XII OTKP 1) membaca Lentera Pendidikan. Penampilan ditutup Lidya Panca dan kawan-kawan dari Kelas X AKL 2 yang membawakan drama bertajuk Gelap yang Bercahaya.

Kepala SMKN 2 Kota Tegal Mas Rudianto SPd menyampaikan, perayaan Bulan Bahasa diselenggarakan dengan mengadakan acara tersebut sebagai upaya untuk menumbuhkan kemampuan warga sekolah, baik siswa, guru, karyawan, termasuk kepala sekolah. Menurut Rudi, membaca bukan hanya tulisan, namun keadaan juga harus diliterasi.

Ketika melihat siswa bosan di dalam kelas, maka pembelajaran digeser ke luar kelas seperti melalui kegiatan Jumat Literasi ini,” ujar Rudi didampingi Guru Penggerak Fauziah SPd dan Kepala Perpustakaan Wisanggeni Dra Amalijawati NH. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: