Peringatan HGN di SMKN 2 Kota Tegal, Sarat Makna dan Penuh Kejutan dari Siswa

Peringatan HGN di SMKN 2 Kota Tegal, Sarat Makna dan Penuh Kejutan dari Siswa

UCAPAN SELAMAT — Siswa memberikan ucapan selamat melalui spanduk besar berisikan foto guru.-K. ANAM SYAHMADANI/RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Hari Guru Nasional sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) jatuh setiap 25 November. SMK Negeri (SMKN) 2 Kota Tegal memperingatinya dengan menyelenggarakan acara peringatan yang sarat makna dan penuh kejutan dari siswa untuk guru mereka.

BACA JUGA:SMKN 2 Kota Tegal Peduli Palestina, Gelar Doa Bersama dan Penggalangan Dana

Ribuan siswa SMKN 2 Kota Tegal berbaris rapi di Lapangan SMKN 2 Kota Tegal. Bersama guru dan karyawan, mereka bersiap untuk mengikuti upacara Hari Guru Nasional dan HUT ke-78 PGRI. SMKN 2 Kota Tegal memajukan acara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-78 PGRI di hari Jumat (24/11/2023).

BACA JUGA:Keren, Siswi SMKN 2 Kota Tegal Juara I Tilawah MTQ

Ada pemandangan berbeda dalam upacara yang berlangsung. Pembina upacara yang biasanya kepala sekolah, justru dipercayakan kepada siswa, yakni Raka Wibowo Jatmiko dari Kelas XII TKJ III. Sementara Kepala SMKN 2 Kota Tegal Mas Rudianto SPd menjadi pemimpin upacara. Rudi tak segan mengajak peserta upacara memberikan hormat kepada pembina upacara.

BACA JUGA:Bulan Bahasa, Kepala SMKN 2 Kota Tegal Baca Puisi, Siswa Tampilkan Musikalisasi

”Kepada pembina upacara, hormat grak,” teriak Rudi lantang mengajak seluruh peserta upacara untuk memberikan hormat. “Tegak grak,” lanjut Rudi setelah pembina upacara melepas lengan membalas penghormatan dari pemimpin dan peserta upacara. Seluruh peserta upacara dengan serempak mengikuti instruksi pemimpin upacara.

BACA JUGA:Gandeng Kodim Tegal dan Orang Tua Siswa, SMKN 2 Adiwerna Deklarasi Anti Perundungan

Menempatkan siswa sebagai pembina upacara di upacara Hari Guru Nasional tentu bukan tanpa alasan dan justru sarat makna. Rudi menjelaskan, itu merupakan cara guru memuliakan peserta didik, tanpa membesarkan diri sebagai seorang pahlawan tanpa tanda jasa. SMKN 2 Kota Tegal berharap para siswa menjadi orang-orang yang bermartabat.

“Jadi guru memuliakan peserta didik dengan harapan menjadi orang bermartabat, tanpa membesarkan diri sebagai seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Masih tetap fokus mendidik anak bangsa,” kata Rudi.

Pembina PGRI Ranting SMKN 2 Kota Tegal tersebut melanjutkan, Hari Guru Nasional 2023 sekaligus HUT ke-78 PGRI ini agar dijadikan momentum refleksi bagi guru, khususnya di SMKN 2 Kota Tegal.

”Selain menjadi contoh teladan bagi peserta didik, guru juga agar bisa mengarahkan, membimbing, dan mensinergikan peserta didik dengan kemajuan zaman,” pesan Rudi.

Sementara Raka mengaku senang dan bangga dipercaya menjadi pembina upacara dan berdiri di ataa mimbar. Karena pengalaman pertama, pada awalnya cukup gugup, namun lambat laun terbiasa. Pada momen ini, Raka mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para guru yang telah memberikan pendidikan dengan baik untuk siswa.

Setelah selesai upacara, acara dilanjutkan dengan penampilan Tari Kolosal Kontemporer yang ditampilkan siswa dari ekstrakurikuler seni. Siswa mengajak kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta guru untuk menari bersama. Siswa menyampaikan salamat Hari Guru Nasional dan terima kasih untuk guru dengan tulisan yang dibuat dari kertas karton dan balon huruf.

Selanjutnya, dilakukan pemotongan tumpeng yang dilakukan Raka dan diserahkan kepada kepala sekolah lalu diberikan kepada pegawai yang akan purna tugas. Siswa lalu mulai menunjukkan kejutan-kejutan yang mereka siapkan. Para guru diminta untuk menghadap ke Barat. Sebuah spanduk besar yang dipasang di gedung lantai dua perlahan turun.

Spanduk tersebut bertuliskan Happy Teacher Day dan berisikan foto-foto guru. ”Wah, diambil kapan ya fotonya?” ucap salah satu guru terkejut. Guru-guru lainnya mencari foto mereka masing-masing. Kejutan berikutnya adalah siswa memberikan bunga untuk guru, diriingi dengan lagu Selamat Ulang Tahun yang dipopulerkan grup band Jamrud.

Waka Kesiswaan SMKN 2 Kota Tegal Dasto SPd menyampaikan, SMKN 2 Kota Tegal sengaja memajukan hari acara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-78 PGRI yang jatuh pada 25 November. Upacara dikemas dengan pembina upacara dipercayakan kepada siswa untuk menandakan guru sebagai manusia siap memimpin dan dipimpin.

Acara ini juga menjadi ajang menampilkan kreativitas siswa yang telah digodog dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kejutan yang diberikan siswa merupakan bentuk apresiasi siswa kepada guru.

“Kejutan yang diberikan sederhana, namun mengesankan. Terima kasih dan selamat Hari Guru Nasional dan HUT ke-78 PGRI,” ucap Dasto yang merupakan ketua PGRI Ranting SMKN 2 Kota Tegal. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: