Awas Keliru! Pahami 7 Perbedaan Android TV dan Smart TV ini Sebelum Membeli

Awas Keliru! Pahami 7 Perbedaan Android TV dan Smart TV ini Sebelum Membeli

Perbedaan Android TV dan Smart TV --

DISWAY JOGJA - Kehadiran Smart dan Android TV dalam dunia elektronik ini sukses membuat masyarakat kebingungan untuk memilih mana pilihan yang terbaik. Sebab, meski memiliki berbagai perbedaan, dari segi tampilane keduanya sangat mirip.

Perlu diketahui, Android TV pada dasarnya merupakan salah satu jenis Smart TV. Namun, ada beberapa perbedaan yang memungkinkan satu dari keduanya lebih cocok dan sesuai untuk kebutuhanmu di rumah.

Sebelum mengetahui perbedaan antara keduanya, alangkah lebih baik untuk mengetahui lebih dulu apa itu Smart TV dan Android TV. Berikut ulasannya;

Apa itu Smart TV?

Tak hanya untuk menonton siaran pada chanel stasiun televisi, Smart TV menghadirkan fitur eksklusif dan program tambahan melalui konektivitas internet. Pengguna dapat menyambungkannya ke internet secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet untuk mengakses konten online. Ini membuatnya kemudian dikenal dengan nama TV internet.

Perangkat ini dirancang dengan sistem operasi yang mirip pada Smartphone ataupun PC. Sebagian besar jenisnya bahkan telah dilengkapi aplikasi bawaan seperti Facebook, YouTube, serta Netflix yang memungkinkan pengguna untuk menonton video, bermain game, dan streaming film. Canggih bukan?

BACA JUGA:5 Rekomendasi TV Coocaa Terbaik dan Terjangkau 2023, Cuma 1 Jutaan!

BACA JUGA:Ini Dia! 5 Rekomendasi TV LED 32 Inch 1 Jutaan Terbaik

Apa itu Android TV?

Android TV merupakan jenis Smart TV yang memiliki fitur serupa baik dari segi konektivitas internet maupun aplikasi bawaan. Perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Android buatan Google yang telah dikonfigurasikan secara khusus untuk TV. 

Android TV memungkinkanmu mengakses Google Play Store, guna mengunduh dan memperbarui versi aplikasi terbaru. Bahkan, sebagain besar jenisnya menawarkan akses ke Chromecast dan Asisten Google bawaan untuk pengalaman TV yang lebih menyenangkan. 

7 Perbedaan Android TV dengan Smart TV?

Agar tidak salah pilih, berikut 7 perbedaan Android dan Smart TV yang perlu kamu tahu;

1. Sistem Operasi

Sistem operasi menjadi perbedaan utama antara kedua perangkat ini. Smart TV berjalan dengan sistem operasi bawaan tergantung pada merek yang pengguna pilih. Contohnya, Samsung menggunakan OS bernama Tizen, sedangkan LG hadir dengan OS bernama WebOS.

Sementara itu, TV Android berjalan ditenagai sistem operasi Android yang dikembangkan langsung oleh Google. Ini memberikan pengguna pengalaman penggunaan TV yang lebih baik dibanding jenis televisi lainnya. Kamu bahkan dapat dengan mudah mengontrol TV Android hanya melalui Smartwatch atau Smartphone Android.

2. Dukungan aplikasi

Jika kamu mencari TV dengan ketersediaan aplikasi yang lebih lengkap? Android TV bisa menjadi solusinya. 

Meski keduanya sama-sama mendukung aplikasi bawaan, TV Android memungkinkan pengguna mengunduh lebih banyak aplikasi berkat dukungan Google Play Store. Tak hanya Netflix dan YouTube, kamu bahkan dapat menikmati tontonan dari Disney Hotstar ataupun Prime Video hanya melalui perangkat pintar ini. 

Sedangkan Smart TV, hanya menawarkan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer. Pembaruan aplikasi pada TV ini di juga sulit didapat, sehingga beberapa aplikasi tidak mendukung untuk diunduh.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kulkas Mini Murah Hemat Listrik, Idaman Anak Kos Banget!

BACA JUGA:Cuma 2 Jutaan! Ini 6 Pilihan Kulkas Tanpa Bunga Es Terbaik 2023

3. Update

Tak hanya unggul pada koleksi aplikasi yang ditawarkan, Android TV juga lebih maju dalam firmware dan pembaruan aplikasi. Layaknya pada Google Play Store, TV Android juga didukung pengembangan teknologi yang aktif, dan rutin menghadirkan pembaruan. Pembaruan-pembaruan ini tidak lain hadir untuk memberi kemudahan bagi pengguna.

Seperti halnya Smartphone, saat terkoneksi dengan internet, TV Android mu dapat ter update secara otomatis. Berbeda dengan Smart TV yang nampaknya tidak begitu sering menghadirkan pembaruan, sehingga sebagian pengguna akan terkendala ketika penggunaannya.

4. Asisten Google 

Perbedaan mencolok antara Android dan Smart TV selanjutnya ialah pada fitur asisten Google. Android TV nampak lebih menonjol dari pesaing lain berkat dukungan asisten Google bawaan.

Pengguna dapat mencari dan memilih konten favorit secara online dengan kontrol suara atau hanya melalui sentuhan pada smartphone. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan suara mereka untuk mengendalikan TV, mengatur pengingat, memeriksa cuaca, dan menjalankan perintah lainnya.

Beberapa jenis Smart TV juga mendukung kontrol suara, tetapi mungkin kemampuanya ini tidak sehebat Google Assistant pada jenis Android.

5. Performa

Dilihat dari segi performa, Smart TV memiliki kinerja yang lebih cepat berkat antarmuka yang sederhana ditambah dukungan antara hardware dan software didalamnya. 

Sebaliknya, meski unggul dalam beberapa sisi, TV Android justru memiliki kinerja yang lambat terlebih setelah beberapa tahun digunakan.

6. Navigasi

Selanjutnya, untuk memilih mana diantara keduanya yang lebih mudah digunakan, Smart TV menjadi pemenangnya. Tampilan dan antar muka yang sederhana dan populer dikalangan banyak orang, membuat pengguna lebih mudah ketika ingin beralih dari satu aplikasi ke pilihan lainnya.

BACA JUGA:Banyak diminati! Ini 7 Kelebihan AC Portable yang Wajib diketahui

BACA JUGA:Sering dikira Sama, Ini 10 Perbedaan AC dan Air Cooler yang Jarang diketahui

Sementara itu, TV Android mungkin akan lebih sulit dinavigasi, terlebih bagi mereka yang tidak terbiasa dengan sistem Android. Mengingat TV banyak dikonsumsi kalangan usia tua yang umumnya awam akan teknologi jaman sekarang.

7. Pengaturan

Meski lebih sulit untuk dinavigasi, tampilan pada Android TV sebetulnya bisa dibuat lebih sederhana jika kamu bisa mengaturnya. Namun, hal ini butuh proses, yaitu dengan mengaturnya secara manual.

Berbeda dengan smart TV, pengaturan bisa dikatakan tidak diperlukan karena umumnya tampilan telah tertata sesuai sistem bawaan. Jadi, pengguna tinggal menikmatinya saja.

Mana yang lebih baik?

Secara keseluruhan, Android TV menawarkan lebih banyak fleksibilitas. Disisi lain, Smart TV juga menawarkan beberapa pengalaman yang sayang dilewatkan.

Mana diantara keduanya yang terbaik kembali lagi pada preferensi personal, anggaran, dan kebutuhan spesifik pengguna. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: