Banyak diminati! Ini 7 Kelebihan AC Portable yang Wajib diketahui

Banyak diminati! Ini 7 Kelebihan AC Portable yang Wajib diketahui

Kelebihan AC Portable-Foto : pinterest reviewsmimi.com-

DISWAY JOGJA - Akhir-akhir ini, minat masyarakat untuk menggunakan AC portable kian meningkat. Berbeda dengan AC dinding, pendingin ruangan yang satu ini kian banyak digemari karena tidak memerlukan instalasi yang rumit sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan.

Apa itu AC Portable?

Seperti yang telah dipaparkan Air Conditioner (AC) portable merupakan alat penyejuk ruangan berbentuk ringkas yang mudah dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Meski memiliki fungsi yang sama dengan kawan pendahulunya, perlu diketahui bahwa AC portable tidak memerlukan proses pemasangan khusus agar bisa beroperasi.

AC portable hadir sebagai jawaban kebutuhan masyarakat akan pendingin ruangan canggih yang lebih ramah kantong. Sebagai produk ciptaan manusia AC jenis portable tentu memiliki beberapa kekurangan. Sebaliknya, pendingin ruangan ini juga memiliki banyak kelebihan yang kemudian membuatnya menjadi pilihan menarik bagi banyak orang. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi AC Portable Low Watt, Cepat Dingin, Harga Terjangkau

Berikut adalah 10 kelebihan AC portable dibandingkan dengan jenis AC lainnya, simak baik-baik!

1. Penggunaannya mudah 

Seperti namanya, AC portable termasuk dalam jenis pendinginan ruangan yang mudah digunakan. Ini menjadi keunggulan utama yang membuatnya dipertimbangkan banyak orang.

Karena tidak memerlukan instalasi yang rumit, pendingin ini dapat dipindahkan dengan mudah dari satu tempat ke tempat lain. Kamu bisa menggunakan perangkat tersebut di berbagai ruangan atau bahkan membawanya saat bepergian. Hal ini sangat menguntungkan jika kamu memerlukan pendinginan di beberapa area yang berbeda.

2. Tidak memerlukan pemasangan yang rumit

Salah satu keunggulan utama dari AC portable yakni tidak memerlukan instalasi/ pemasangan yang rumit seperti pada AC split atau AC ducted.

Pengguna hanya perlu memasukkan selang pembuangan panas ke jendela atau lubang ventilasi yang sesuai. Tidak ada penghancuran dinding atau pekerjaan pipa yang rumit. Kamu dapat menggunakannya segera setelah membeli dan membawanya pulang. Ini si mudah banget!

BACA JUGA:Sering dikira Sama, Ini 10 Perbedaan AC dan Air Cooler yang Jarang diketahui

3. Multifungsi

AC portable tidak hanya dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan, tetapi juga untuk mengatur suhu dan kelembapan udara. Beberapa model AC portable bahkan memiliki fungsi pengaturan udara lebih lanjut, seperti ventilasi dan pengeringan udara.

Ini membuatnya sangat ideal untuk digunakan sepanjang tahun, baik saat musim panas maupun musim dingin.

4. Hemat energi

Meskipun AC portable awalnya menggunakan daya listrik yang berhubungan dengan pendingin lain, AC portable modern telah banyak ditingkatkan dari segi efisiensi energi. Beberapa model menggunakan teknologi inverter untuk mengontrol konsumsi energi, yang dapat menghemat biaya pemakaian listrik Anda dalam jangka panjang.

BACA JUGA:7 AC Portable Hemat Tempat, dijamin Bikin Kamarmu Sejuk Seketika

5. Mudah dipelihara

Selain mudah dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan, AC portable juga mudah untuk dirawat dan dipelihara. Sebagian besar variannya juga telah dilengkapi  filter yang dapat dibersihkan atau diganti dengan mudah untuk menjaga kualitas udara tetap baik.

Beberapa model lain bahkan telah didukung fitur otomatis yang dapat membersihkan filter secara teratur. 

Bila terdapat masalah, kamu dapat membawanya langsung ke pusat service AC terdekat atau menghubungi teknisi untuk memperbaikinya. 

6. Harga lebih terjangkau 

AC portable umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis AC lainnya. Beberapa model perangkat ini bahkan tersedia dengan harga yang sangat murah.

AC jenis ini menjadi pilihan yang tepat bila kamu memiliki anggaran terbatas. Untuk penggunaan dalam jangka waktu yang pendek, pendingin ruangan ini sangat direkomendasikan.

7. Memiliki desain yang kompak

AC portable umumnya memiliki desain yang kompak dan ramping. Karena desainnya itu, AC jenis portable tidak membutuhkan banyak ruang dan dapat dengan mudah ditempatkan di atas meja, sudut ruangan, hingga tempat yang kurang luas lainnya. Ini membuatnya sangat fleksibel baik saat ditempatkan atau saat dioperasikan.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kipas Angin cuma 100 Ribuan, Anti Gerah dan Super Awet!

BACA JUGA:Air Cooler Vs Kipas Angin, Mana yang Lebih Baik?

Meski memiliki berbagai kelebihan, ada pula beberapa kelemahan AC portable yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya ialah kapasitas pendinginan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis AC lainnya.

Ini membuatnya tidak cocok untuk ditempatkan diruangan besar atau yang berventilasi buruk. Beberapa jenis AC ini juga lebih berisik saat dioperasikan dan memerlukan perawatan yang lebih sering dibanding varian AC lainnya.

Meski begitu, AC portable nampaknya tetap menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Keunggulannya dalam beberapa hal, menjadikannya sebagai solusi pendingin ideal untuk ruangan yang kurang luas atau sebagai alternatif sementara. 

Jika kamu mencari AC yang mudah dipasang dan digunakan, AC portable bisa menjadi pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: