Awas! Banyak Calo Naker Bergentayangan, Ini Pesan Bupati Tegal

Awas! Banyak Calo Naker Bergentayangan, Ini Pesan Bupati Tegal

Bupati Tegal Umi Azizah saat menyematkan kalung tanda peserta PKH dan PKK, beberapa waktu lalu.-Yeri Noveli-jogja.disway.id

SLAWI, DISWAY JOGJA - Angka pengangguran di Kabupaten Tegal cukup tinggi. Para pencari kerja diminta hati-hati karena banyak calo tenaga kerja (Naker) yang bergentayangan.

Bupati Tegal Umi Azizah membenarkan hal itu. Menurutnya, tidak sedikit para naker yang rela mengeluarkan sejumlah uang kepada para calo untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

“Ada kasus penipuan rekruitmen buruh pabrik oleh calo yang meminta uang panjar supaya bisa masuk kerja di pabrik, tapi nyatanya mereka diprank, tidak disalurkan kerja ke pabrik,” kata Bupati Umi, saat membuka Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) dan Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Pendidikan Formal dan Informal di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Genjot Penurunan Stunting pada Tahun 2023, Bupati Tegal Umi Azizah Lakukan Ini

BACA JUGA:Bupati Tegal Umi Azizah Cek Lima Proyek Besar, Ada Apa?

Selain banyaknya calo, lanjut Umi, faktor lain yaitu karena minimnya keterampilan yang dimiliki lulusan sekolah menengah atas (SMA) atau kejuruan yang masuk angkatan kerja. 

Karena itulah, Umi meminta agar Dinas Dikbud menggandeng LKP untuk membekali para lulusan SMA reguler dan kejuruan usia 15-25 tahun yang masih menganggur dengan keterampilan seperti pengoperasian komputer, menjahit, memasak, rias pengantin dan otomotif.

BACA JUGA:Ada Masalah Baru, Bupati Tegal Umi Azizah Soroti Proyek Jalan Ujungrusi-Banjaran

“Bekali dan berikan motivasi kepada peserta didik untuk berwirausaha, sehingga mereka tidak berpangku tangan hanya mengharapkan bisa bekerja di sektor formal,” kata Bupati Umi menyarankan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: