9 Manfaat Rebusan Daun Binahong bagi Kesehatan, Rahasia Alami guna Cegah Penyakit

9 Manfaat Rebusan Daun Binahong bagi Kesehatan, Rahasia Alami guna Cegah Penyakit

Daun binahong -Disway-Pinterest Komunitas Kicau

DISWAYJOGJA.ID - Sebagai negara tropis, Indonesia kaya akan berbagai tanaman yang tidak sedikit diantaranya memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah Tanaman Binahong. Meski terdengar asing bagi sebagian orang, ternyata tanaman ini memiliki banyak khasiat kesehatan loh.

Tanaman Binahong

Binahong atau piahong merupakan tanaman obat yang tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tamanan dengan nama latin Anredera cordifolia ini telah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Korea, China, hingga Taiwan.

BACA JUGA:Rebusan Daun Kemangi Bisa Atasi Stress? Ini 7 Manfaat Hebat Lainnya

Identik dengan daun berbentuk hati, binahong memiliki kandungan senyawa aktif yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Tak heran bila merebus daun binahong, menjadi cara paling efektif untuk mendapatkan sejuta khasiatnya. Berikut ini adalah 9 manfaat rebusan daun binahong untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Tahukah kamu? Daun binahong mengandung serat dalam jumlah tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Rebusan daun binahong dipercaya dapat meredakan masalah seperti sembelit, diare, hingga masalah pencernaan lainnya.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Selain serat, daun binahong juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi rebusan daun binahong secara teratur dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, iritasi, dan penuaan dini. Multifungsi banget ngga sih!

BACA JUGA:8 Keajaiban Buah Melinjo bagi Kesehatan, Si Kecil Kaya Manfaat yang Terlupakan

3. Menyembuhkan luka

Daun binahong telah sejak lama digunakan sebagai obat luka pada kulit. Ini karena daun binahong memiliki kandungan zat antiseptik alami yang membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Menerapkan rebusan daun binahong pada luka dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Mencegah hipertensi

Penderita hipertensi wajib tahu! Daun binahong ternyata memiliki sifat antihypertensive yang dapat membantu menurunkan tekanan darah loh. Mengonsumsi rebusan daun binahong secara rutin dapat membantu mencegah risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

BACA JUGA:9 Khasiat Buah Bidara untuk Kesehatan, Si Penghuni Surga yang Kaya Manfaat!

5. Meningkatkan sistem imun

Kandungan senyawa aktif dalam daun binahong, seperti vitamin C dan vitamin E, dinilai dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi rebusan daun binahong secara teratur guna menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah berbagai penyakit yang menghadang.

6. Menyembuhkan batuk

Daun binahong mengandung senyawa antimikroba yang dapat mengurangi gejala batuk hingga membantu proses penyembuhan. Senyawa antimikroba ini juga bermanfaat baik dalam masalah pernapasan lainnya loh.

BACA JUGA:8 Khasiat Brotowali untuk Kesehatan Tubuh, Si Pahit yang Kaya Manfaat!

7. Mengatasi radang sendi

Sifat antiinflamasi alami yang dimiliki daun binahong dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi. Memanfaatkan rebusan daun binahong pada area yang terkena radang sendi dapat membantu mengurangi nyeri dan meningkatkan mobilitas sendi. Wahh,  perlu dicoba nih teman-teman.

8. Menyembuhkan luka diabetes

Bagi penderita diabetes, luka yang sulit sembuh merupakan masalah umum. Nah, daun binahong ternyata mengandung senyawa yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada penderita diabetes. Dengan mengonsumsi rebusan daun binahong, risiko infeksi akan berkurang dan penyembuhan luka bisa semakin cepat.

BACA JUGA:9 Khasiat Luar Biasa Buah Zaitun untuk Kesehatan, Buah Surga yang disebut dalam Al-Qur'an

9. Membantu mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan senyawa aktif dalam daun binahong, dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular dan mengurangi risiko penyakit jantung. Cobalah mengonsumsi rebusan daun binahong secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan jantung tetap baik.

 

Demikian 9 manfaat rebusan daun binahong untuk kesehatan. Tidak ada salahnya mencoba berbagai tanaman alami untuk kesehatan tubuh tetap baik. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: