8 Keajaiban Buah Melinjo bagi Kesehatan, Si Kecil Kaya Manfaat yang Terlupakan

8 Keajaiban Buah Melinjo bagi Kesehatan, Si Kecil Kaya Manfaat yang Terlupakan

Melinjo kaya manfaat -Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Siapa disini yang tidak kenal dengan Melinjo? Ya, melinjo merupakan salah satu jenis buah biji-bijian yang sering ditemukan dalam masakan Indonesia.

Beberapa olahan sayur asem, kadang menambahkan melinjo sebagai isiannya. Selain itu, melinjo sering dijadikan sebagai emping, sejenis keripik yang memiliki rasa gurih dan bikin ketagihan.

BACA JUGA:12 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penuaan Dini!

Dibalik berbagai kegunaannya, melinjo juga memiliki sejumlah manfaat yang sering kali jarang diketahui. Berikut 8 manfaat melinjo yang jarang diketahui, yakni:

1. Kaya Antioksidan

Melinjo mengandung senyawa antioksidan seperti tanin, flavonoid, dan fenol, yang berfungsi membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. 

Antioksidan ini juga dapat membantu mencegah penuaan dini, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada melinjo sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin E membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, serta radikal bebas.

Vitamin E juga membantu menjaga kelembaban kulit, memperbaiki kerusakan kulit, dan melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Ajaib sekali memang biji-bijian satu ini!

BACA JUGA:8 Khasiat Brotowali untuk Kesehatan Tubuh, Si Pahit yang Kaya Manfaat!

3. Membantu mengurangi risiko diabetes

Melinjo memiliki indeks glikemik rendah, dimana berarti makanan ini tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tajam setelah dikonsumsi.

Mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Serat yang terkandung didalamnya juga dapat membantu mengontrol tingkat gula darah loh.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Melinjo mengandung asam lemak tak jenuh, seperti asam oleat dan linoleat. Keduanya merupakan lemak sehat yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Lemak sehat ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan mengurangi peradangan dalam pembuluh darah. 

Mengonsumsi melinjo secara teratur, sama saja dengan mendukung kesehatan jantung secara optimal.

BACA JUGA:15 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan yang Jarang diketahui!

5. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium dan mineral yang tinggi pada melinjo dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Ini karena kalium berperan dalam mengontrol keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. 

Selain itu, melinjo juga mengandung senyawa yang memiliki efek vasodilator, yaitu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Melinjo kaya akan serat, yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat ini membantu menjaga kesehatan fungsi usus, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti divertikulitis dan penyakit usus buntu. 

Selain itu, serat pada melinjo juga membantu mempertahankan berat badan yang sehat dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Luar biasa kaya manfaat!

7. Menyehatkan tulang dan gigi

Melinjo mengandung banyak kalsium dan fosfor. Dua mineral tersebut sangat berperan penting dalam kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium dan fosfor bekerja bersama-sama untuk memperkuat tulang dan gigi, serta mencegah risiko osteoporosis dan masalah tulang lainnya. 

Mengkonsumsi melinjo secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi yang kuat. Tapi ingat! Jangan sampai berlebihan ya.

BACA JUGA:6 Manfaat Air Rebusan Serai Campur Jahe, Nomor 5 Bikin Anda Tenang

8. Meningkatkan konsentrasi dan memori

Siapa disini yang sulit untuk fokus? Nah, melinjo mengandung thiamin, yakni vitamin B kompleks penting untuk fungsi otak yang sehat. 

Thiamin diperlukan untuk produksi energi dalam otak, dan juga membantu meningkatkan konsentrasi, memori, dan fungsi kognitif.

Konsumsi melinjo dapat memberikan manfaat baik bagi perkembangan otak pada anak-anak dan menjaga fungsi otak yang optimal pada orang dewasa.

 

Demikian 8 manfaat melinjo yang jarang diketahui banyak orang. Dengan mengonsumsi melinjo secara teratur, kamu dapat memperoleh manfaat kesehatan yang beragam guna mendukung gaya hidup yang sehat.

Tentunya dengan porsi sesuai dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: