Rebusan Daun Kemangi Bisa Atasi Stress? Ini 7 Manfaat Hebat Lainnya

Rebusan Daun Kemangi Bisa Atasi Stress? Ini 7 Manfaat Hebat Lainnya

Daun kemangi dan berbagai khasiatnya -Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Tak hanya bisa dijadikan sebagai lalapan, daun kemangi ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan yang jarang diketahui banyak orang.

Aroma yang kuat dan khas membuat daun kemangi mudah dikenali banyak orang.

BACA JUGA:Berikut! 7 Manfaat Daun dan Batang Serai Yang Baik Untuk Tubuh

Ya, kita biasanya menemukan daun kemangi diberbagai warung pecel sebagai lalapan pelengkap makanan. Namun siapa sangka jika ternyata rebusan daun kemangi memiliki lebih banyak khasiat yang baik untuk kesehatan.

Nah, berikut adalah berbagai manfaat rebusan daun kemangi yang jarang diketahui.

1. Melancarkan Pencernaan

Jika pencernaanmu sedang terganggu tidak ada salahnya untuk mengonsumsi rebusan daun kemangi.

Kandungan eugenol didalamnya membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya peradangan

Selain itu, rebusan daun kemangi juga dapat membantu menyeimbangkan asam dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Daun kemangi mengandung banyak zat baik seperti eugenol, citronellol, dan linalool, yang dapat membantu mencegah peradangan karena sifatnya yang mampu menghambat enzim.

Atas sifat anti-inflamasi ini daun kemangi memungkinkan untuk menjaga kesehatan jantung dan peyakit kronis. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh jurnal Pharmacognosy Review pada 2011, memaparkan bahwa ekstrak daun kemangi ternyata dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Wah, luar biasa sekali!

BACA JUGA:9 Manfaat Luar Biasa Cengkeh Rempah Asal Indonesia Dan Cara Mengolahnya

3. Mencegah Kanker

Rebusan daun kemangi dinilai dapat melawan sel kanker loh. Menurut sebuah penelitian yang diunggah dalam jurnal Nutrition and Cancer pada tahun 2013, menjelaskan bahwa fitokimia dalam daun kemangi dapat membantu mencegah jenis kanker. Seperti kanker kulit, hati, mulut, hingga paru-paru.

Selain itu, daun kemangi juga bisa meningkatkan aktivitas antioksidan yang mengubah ekspresi gen, membunuh sel kanker, dan memperlambat perkembangan sel meski belum teruji 100%.

4. Mencegah Infeksi

Kemangi sering di pengobatan tradisional sebagai anti mikroba. Tak hanya itu, daun kemangi yang diolah menjadi minyak juga dapat membantu melawan bakteri seperti Escherichia coli yang menyerang sistem pernapasan, perut, saluran kemih, atau kulit.

BACA JUGA:4 Cara Mudah Membuat Teh Bunga Telang yang Berkhasiat Bagi Tubuh

5. Mencegah Penyakit Asam Lambung

Selain melancarkan sistem pencernaan, rebusan daun kemangi juga dapat mencegah terjadinya penyakit asam lambung loh.

Mengonsumsi daun kemangi dapat menurunkan kadar asam lambung dan melepas lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

6. Mengatasi Depresi

Percaya ngga kalau daun kemangi bisa mengatasi stress? Ya, dalam studinya Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menjelaskan bahwa daun kemangi bisa menjadi penangkal penyakit mental. Mulai dari mengatasi masalah stres, kecemasan, depresi, susah tidur, hingga kehilangan memori otak.

7. Melawan Radikal Bebas

Kemangi mengandung beberapa senyawa penting seperti antioksidan flavonoid yang berupa orientin dan vicenicare.

Antioksidan ini dipercaya memperkuat tubuh, menghalangi paparan radikal bebas yang membahayakan kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi struktur sel.

Kandungan antioksidan tersebut ternyata juga bisa mencegah penuaan dini pada kulit.

BACA JUGA:5 Buah Kaktus ini Ternyata Bisa diKonsumsi! Kok Bisa Ya?

8. Meningkatkan Sistem Imun

Seperti yang telah dijelaskan rebusan daun kemangi dapat memperkuat sistem imun, melalui  kandungan vitamin dan mineral didalamnya yang bermanfaat bagi kekebalan.

Daun kemangi juga mengandung vitamin C, vitamin E, niasin, riboflavin, hingga berbagai mineral seperti kalium, mangan, tembaga, fosfor, dan magnesium yang terbukti mampu membantu ibu hamil dan bayi dari infeksi.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: