Tips Mengatasi TV Digital tidak Ada Chanel, Poin Kedua Sering Dilupakan

Tips Mengatasi TV Digital tidak Ada Chanel, Poin Kedua Sering Dilupakan

Tips Mengatasi TV Digital Tidak Ada Chanel, Poin Kedua Sering Dilupakan--

Terkadang masalah tidak ada gambar di TV digital dapat disebabkan oleh pengaturan TV yang salah. Hal ini dapat mencakup pengaturan input yang salah, mode layar yang salah, atau bahkan pengaturan kontras dan kecerahan yang salah.

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa penyebab paling umum dari pemadaman listrik televisi digital, mari kita fokus pada masalah kedua yang sering terlupakan:

BACA JUGA:Bingung Pilih Android TV atau Smart TV? Jangan Salah Beli, Yuk Simak Perbedaannya

Hal Kedua yang Sering Kita Lupakan:

Periksa kendali jarak jauh. Banyak orang mengabaikan remote TV padahal gambarnya bagus. Mereka fokus pada TV itu sendiri atau perangkat sumber seperti dekoder atau konsol game. Namun, remote control juga bisa menjadi penyebab utama masalah.

1.Periksa baterai

Langkah pertama adalah memeriksa baterai remote control.Jika baterai lemah atau mati, remote control mungkin tidak berfungsi dengan benar. Hal ini mungkin menghalangi Anda mengubah pengaturan TV atau mengaktifkan fitur tertentu.

Untuk memeriksa baterai, buka penutup belakang remote control dan periksa apakah baterai masih terisi. Jika baterai sudah mati, gantilah dengan yang baru dan pastikan Anda menggunakan baterai yang memenuhi spesifikasi remote control.

2. Periksa sambungan inframerah

Remote kontrol TV menggunakan sinyal inframerah untuk berkomunikasi dengan TV Anda. Sinyal ini terlihat seperti lampu merah kecil yang muncul di ujung remote control saat Anda menekan sebuah tombol.

Pastikan ada jarak pandang yang baik antara remote control dan sensor inframerah pada TV. Sensor ini biasanya terletak di bagian bawah layar atau di bagian depan TV.Penghalang seperti benda pada sensor depan, debu atau kotoran dapat mengganggu sinyal infra merah.

BACA JUGA:Tips Mengatasi TV Digital tidak Ada Chanel, Poin Kedua Sering Dilupakan

3. Reset kendali jarak jauh

Jika baterai dan koneksi IR dalam kondisi baik, Anda juga dapat mencoba mengatur ulang remote control. Anda dapat melakukannya dengan melepas baterai selama beberapa detik lalu memasangnya kembali. Kemudian coba kendalikan TV dengan remote control lagi.

Tombol remote control yang macet atau rusak juga dapat mencegah gambar muncul di TV Anda. Jika salah satu tombol macet saat ditekan, perintah yang salah mungkin terus-menerus dikirim ke TV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: