Hemat Uang Ratusan Ribu: 5 Tips Mudah Merawat Mesin Cuci, Wajib Kamu Praktekkan!

Hemat Uang Ratusan Ribu: 5 Tips Mudah Merawat Mesin Cuci, Wajib Kamu Praktekkan!

Tips merawat mesin cuci--

Setelah itu, sikat lalu bilas dan keringkan. Jangan lupa untuk lap seluruh saluran yang menghubungkan laci dengan tabung mesin cuci agar tidak ada kendala saat digunakan kembali.

3. Lakukan deep cleansing

Penggunaan cairan konsentrat dapat membuat residu dalam tabung mesin cuci terangkat. Maka dari itu, jika Kamu ingin mesin cuci milikmu awet, lakukan metode deep cleansing ini secara rutin. Untuk caranya adalah sebagai berikut :

  1. Campur air hangat dengan cairan konsentrat, jika tidak ada bisa diganti dengan cuka dan baking soda.
  2. Putar air dengan level maksimal selama 10 menit.
  3. Diamkan selama 3 jam agar semua kotoran dalam tabung rontok.
  4. Buang air lalu bilas mesin cuci sampai bersih, lap dan keringkan.

Jangan lupa juga sikat bagian luar tabung mesin cuci portable agar kotorannya tak berkerak.

4. Lap dan ambil benang pakaian yang tersangkut

Sekalipun harga mesin cuci dan pengering milikmu mahal, tetap ada kemungkinan akan kotor dan berkerak kalau jarang dibersihkan.

Bukan tidak mungkin tabung pengering tiba-tiba macet karena bagian ini sangat rawan tersumbat oleh benda yang sulit dilihat, misalnya benang pakaian.

BACA JUGA: Ini Dia 8 Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung dengan Kapasitas Besar: Kalian Wajib Punya

Cara ampuh supaya mesin cuci tetap awet adalah membersihkan benang-benang pakaian yang tersangkut agar ventilasi pengering tidak mengalami sumbatan. Cukup lap dan ambil serat benang yang menempel di bagian ventilasi setelah digunakan.

5. Bersihkan filter mesin cuci

Pada umumnya, filter mesin cuci yang kotor bisa membuat air mengucur ke mana-mana. Penyebabnya tentu karena ada sumbatan di dalamnya. Daripada harus mengepel lantai, lebih baik bersihkan filternya secara rutin.

Tarik kantong filter sampai terlepas, kemudian cuci dengan air mengalir. Bilas sampai bersih dan keringkan sebelum dipasang kembali.

Usahakan untuk rutin mengganti atau setidaknya membersihkan filter mesin cuci minimal dua bulan sekali agar awet digunakan.

6. Biarkan penutup mesin terbuka setelah mencuci

Setelah mesin cuci selesai digunakan, buka dulu bagian penutupnya selama 5 sampai 10 menit agar sisa air cuciannya mengering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: